√ Cara Menanam dan Merawat Bunga Kamboja Supaya Cepat Berbunga - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

28 Okt 2019

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kamboja Supaya Cepat Berbunga

Cara Menanam dan Merawat Bunga Kamboja Supaya Cepat Berbunga



cara merawat bunga kamboja


Bunga kamboja ditemukan oleh Charles Plumier, ia adalah pecinta tanaman berkebangsaan perancis. Bunga kamboja memiliki nama latin Plumeira sementara bunga kamboja jepang memiliki nama latin andenium.

Bunga kamboja datang ke indonesia dibawa oleh bangsa belanda dan portugis yang senang dalam memelihara lingkungan dan alam tropis. Bunga kamboja asli indonesia berwarna putih dan dalamnya berwarna kuning, kuntum yang tidak terbuka dan memiliki ukuran yang kecil.

Bunga kamboja tumbuh subur di dataran rendah sampai ketinggian700 meter dari permukaan laut. Bunga kamboja adalah bunga yang berasal dari Asia barat dan Afrika. Bunga ini memiliki nama keren bunga Adenium dan terkenal dengan nama desert rose. Bunga ini memiliki kemampuan bertahan pada media yang kering daripada media yang basah karena bunga ini berasal dari padang pasir.

Jadi, bunga bisa menghemat air untuk pertumbuhan bunga. Bunga kamboja memiliki 3 teknik menanam yaitu teknik stek batang, dari biji dan teknik okulasi.

Bunga ini juga disebut bunga kuburan karena bunga kamboja tumbuh liar di sekitar pemakaman di jawa. Tapi, itu dulu sekarang bunga kamboja menjadi bahan bisnis yang menguntungkan. 

Bahkan bunga kamboja anakan berharga sekitar 20 ribu sampai 200 ribu di pasaran bunga sehingga banyak orang yang ingin membudidayakan bunga ini sebagai penghasilan tambahan mereka. Warna bunga kamboja berbeda - beda mulai dari warna  kuning, merah, putih, orange dan lainnya.

Bunga kamboja bisa anda tanam di dalam pot dan di letakkan di manapun baik di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Oke, langsung saja kita bahas cara menanam bunga kamboja ini


Cara menanam bunga kamboja dengan stek batang



Bunga kamboja adalah bunga yang lebih menyukai cahaya matahari daripada di tempatkan di dalam ruangan yang tertutup cahaya matahari.

Jadi, jika anda menempatkan bunga kamboja di dalam ruangan. Sebaiknya tempatkan di halaman rumah saat pagi hari supaya bunga bisa mendapatkan nutrisi dari cahaya matahari tersebut. 

Untuk mendapatkan bibit bunga yang sempurna, anda bisa membungkus akar dengan karung atau polybag supaya kesehatan batang bunga tetap terjaga dan bisa tumbuh dengan sehat.

Di bawah ini adalah cara menanam bunga kamboja dengan stek batang. Siapkan lahan sebagai media tanam bunga kamboja, setelah itu gali lubang sedalam 80 CM.

Bersihkan area sekitar lahan supaya tidak mengganggu pertumbuhan bunga kamboja. Pilih induk kamboja yang besar, sudah berumur dan tidak cacat sama sekali, setelah itu potong batang kamboja sampai 20 CM.


Baca juga : cara menanam dan merawa bunga melati supaya cepat tumbuh



Biarkan bibit bunga tersebut sampai seminggu kemudian letakkan di tempat yang lembab. Jika bunga memiliki daun yang banyak dan lebat maka potong dan buang sebagian daun, sisakan 2 daun saja supaya mencegah penguapan saat teknik stek batang dilakukan.

Sesudah batang bunga di potong, berikan bekas potongan itu dengan obat perangsang akar secepatnya supaya mempercepat pertumbuhan akar baru.

Anda bisa menambahkan obat perangsang akar di toko bunga terdekat. Media tanam yang akan di gunakan untuk bunga adalah sekam bakar dan arang lalu campur aduk hingga rata.

Tanaman atau bunga yang di potong dan dibiarkan selama seminggu bisa anda tanam di halaman rumah anda. Bunga ini dibiarkan satu minggu, untuk mencegah berkembangnya bakteri, cendawa dan jamur di bagian atas batang yang masih halus.

Setelah batang bunga di tanam kemudian siramlah bunga 3× sehari agar proses pembentukan akar lebih cepat, bunga kamboja tidak bisa menerima banyak air untuk akarnya bisa - bisa bunga mati karena kebanyakan air.

Pada saat bunga kamboja di tanam lepaskan pembungkus akar dan tempelkan akar bunga pada tanah agar akar berinteraksi dengan media tanam dan bisa bertahan hidup dengan nyaman.

Untuk media tanam bunga kamboja disarankan anda memakai tanah jenis porus untuk menanam bunga kamboja karena tanah porus tidak banyak menyerap air sehingga cocok untuk bunga kamboja yang tidak perlu banyak air untuk berbunga.


Cara menanam bunga kamboja dengan biji



Pertama - tama pilih biji yang dalam kondisi baik. Rendamlah biji bunga kamboja dengan air bersih. Setelah itu, ambil biji yang tenggelam dan buang biji yang terapung dalam air.

Biji yang terampung tidak mempunyai isi sehingga tidak akan tumbuh bila di tanam. Media tanam bunga kamboja bisa menggunakan campuran sekam bakar dan cocopeat dengan perbandingan 1 : 1. 

Isi media tanam sampai 3/4 wadah atau pot yang akan digunakan sebagai media tanam. Letakkan biji bunga kamboja pada media dengan posisi terbaring.

Beri jarak antar biji bunga sekitar 1 CM. Taburkan tanah di atas biji untuk menutupinya. Jangan terlalu dalam menutup biji supaya mempermudah pertumbuhan.


Baca juga : cara menanam dan merawat bunga yolanda supaya cepat berbunga



Siram media menggunakan air secara merata, tutup wadah atau pot dengan plastik putih dan simpan di tempat yang teduh.

Pastikan media tanam bunga kamboja tetap basah, siram secara rutin untuk menjaga kelembapannya. Tunggu sampai bibit kamboja memiliki daun beberapa helai kemudian pindahkan bunga ke tempat yang lebih besar.


Cara menanam bunga kamboja dengan teknik okulasi



Cari bunga kamboja yang mempunyai batang besar dan sehat, potong mata tunas dengan pisau tajam. Pilih batang bawah bunga yang ingin ditempelkan tunas.

Setelah itu, iris seperti mata tunas agar bentuknya tepat saat dilakukan penempelan pada batang. Tempelkan mata tunas di batang bagian bawah dengan posisi tunas menghadap ke atas. 

Ikat tanaman menggunakan tali plastik, usahakan agar mata tunas tidak tertutup saat melakukan ikatan pada tanaman. Setelah itu, potong batang bawah untuk mempercepat pertumbuhan tunas.

Lalu, tempatkan bunga di tempat yang kering, teduh dan mempunyai sirkulasi udara yang baik. Perhatikan posisi tunas, jangan sampai terbalik saat melakukan penanaman karena jika terbalik bunga tidak akan tumbuh.

Jika ada masalah, cepat perbaiki supaya bunga kamboja bisa tumbuh dengan baik melalui teknik okulasi ini


Cara merawat bunga kamboja agar berbunga lebat



Dalam segi perawatan, bunga ini tidak terlalu sulit. Karakter flora dari bunga ini cukup tahan banting, bunga kamboja tidak membutuhkan banyak perawatan untuk tumbuh sampai ketinggian 4 - 5 meter.

Bunga kamboja berasal dari gurun pasir yang kering dan menyukai kondisi yang kering, meski begitu anda harus tetap memperhatikan pasokan air untuk bunga ini supaya kesehatan bunga terjaga. 

Bunga kamboja memiliki keindahan corak bunga, warna bunganya yang beragam dan bunganya yang lebat. Hal ini menjadi daya tarik para pecinta bunga untuk menanamnya.

Untuk membuat bunga kamboja berbunga lebat, anda bisa mencoba teknik ini. Teknik ini membuat bunga kamboja merontokkan daun sampai menumbuhkan tunas baru dan kuncup bunga.

Dengan cara ini maka kamboja akan berbunga secara lebat. Bunga kamboja akan berbunga sebanyak 3 - 4 × setahun. Bagaimana caranya ?

Bunga kamboja tidak perlu di siram selama seminggu lamanya. Setelah bunga berpuasa selama seminggu, beri larutan NPK yang berkalium tinggi dengan perbandingan N - P - K nya 6 : 30 : 30.

Dosis penggunaan pupuk ini harus sesuai saran dari pupuk yang di pakai supaya tidak terjadi kesalahan dalam proses perawatan.

Kemudian bunga jangan di beri air lagi selama seminggu dan setelah seminggu beri pupuk NPK berkalium tinggi lagi. Ulangi terus cara di atas sampai kuncup bunga muncul, biasanya setelah dilakukan puasa air dan pupuk NPK sebanyak 2× kuncup akan muncul. 

Selanjutnya, anda harus merawat bunga kamboja agar tahan lama. Pola pemupukan dan penyiraman berperan penting dalam pertumbuhan bunga kamboja.

Penyiraman pada bunga bisa dilakukan sebanyak 2 hari sekali sedangkan pemupukan dilakukan seminggu sekali dengam takaran NPK yang berbeda. 

Contoh jika bunga diberi pupuk N yang tinggi pada minggu pertama, maka beri pupuk N yang rendah pada minggu kedua untuk menjaga bunga tetap segar dan berbunga lebat.


Cara membasmi hama yang menyerang bunga kamboja



Hama tanaman bisa merusak bunga termasuk bunga kamboja. Hama ini bisa menyebabkan kerontokan pada bunga, hama yang sering menyerang bunga kamboja adalah laba - laba kecil yang bisa dimusnahkan dengan pestisida kelthane.


Baca juga : cara menanam dan merawat bunga dahlia lengkap



Penyemprotan dilakukan pada pagi dan sore hari yang berguna untuk melindungi bunga dari terik sinar matahari yang bisa membakar bunga.

Lakukan penyprotan selama seminggu. Bunga kamboja akan mengalami gagal mekar apabila cuaca sedang tidak baik seperti musim hujan.

Pada musim hujan nutrisi yang digunakan untuk menghasilkan bunga sangat sedikit. Terdapat jenis kamboja yang jarang berbunga dan saat berbunga pun tidak serempak.

Cara mengatasinya yaitu dengan menyemprotkan pupuk mengandung fosfor dan kalium tinggi. Hal itu tidak terjadi pada bunga kamboja jenis tumpuk karena bunga ini selalu stabil dalam memproduksi bunga secara serempak. 

Cara lain yang bisa dilakukan agar kamboja berbunga lebat adalah dengan melakukan pemangkasan secara menyeluruh pada bunga dan sisakan calon tunas pada cabang bunga.

Media tanam bunga kamboja juga harus anda perhatikan, sebaiknya periksa media tanam sebelum melakukan pemangkasan apabila sudah lapuk maka ganti dengan yang baru.

Setelah satu bulan, anda bisa ganti komposisi pupuk NPK menjadi 10 :40 : 40 atau PK yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Anda jangan mengubah frekuensi dan dosis pupuk setiap bulan tetaplah pada dosis yang disarankan oleh pabrik pupuk. Dua bulan berlalu, kuncup bunga mulai tumbuh pada bunga dan waktu yang tepat untuk memacu kamboja tumpuk berbunga.

Pemangkasan sebaiknya dilakukan pada awal musim kemarau agar resiko bunga terkena busuk menjadi sangat minim. Jika anda melakukan pemangkasan pada musim hujan, maka pangkas bunga di dalam ruangan yang tidak terkena hujan.  
Kamboja jenis adenium ini selalu berbunga sepanjang musim. Ada metode yang bisa dilakukan agar bunga selalu berbunga yaitu persiapkan plastik hitam atau putih untuk menutupi media tanam dan tidak lupa tali plastik.

Tali plastik digunakan untuk mengikat media supaya tidak terkena air. Diamkan selama 1 - 2 minggu di tempat yang sejuk, jangan siram bunga selama waktu itu. 

Hal ini bertujuan membuat media tanam kering. Selanjutnya anda bisa membuka sungkup dan siram tanaman seperti biasanya.

Untuk pot sebaiknya tidak menyentuh lantai langsung, beri ganjalan supaya air cepat turun. Untuk proses penyiraman bisa ditambahkan PK tinggi yang sudah dicairkan.

Letakkan tanaman di tempat yang teduh dan mendapatkan sinar matahari sehingga nanti muncul calon bunga. Hindari air hujan langsung di luar ruangan karena bunga baru bisa rontok akibat percikan hujan.

Maka bunga akan terus tumbuh dan memancarkan aura keindahan yang memuaskan hati anda.   

Get notifications from this blog