12 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Internetan

12 Cara Ampuh Mengatasi Smartphone Android yang Tidak Bisa Internetan



cara mengatasi android tidak bisa internetan


Pernahkah anda mengalami smartphone tidak bisa internetan padahal data seluler sudah connect. Ya, itulah masalah yang membuat sebagian orang bingung, bagaimana cara mengatasinya.

Masalah serupa seperti data seluler sudah dinyalakan tapi tidak muncul di bar sinyal. Itu juga masalah yang sering dialami para pengguna smartphone. 

Dampak yang dialami jika smartphone tidak bisa internetan adalah anda tidak bisa browsing di mesin pencari, tidak bisa membuka facebook, mengirim pesan di whatsapp dan tidak bisa melihat video di instagram.

Berbagai cara sudah dilakukan tapi hasilnya tetap saja nihil, data seluler aktif tapi tetap tidak bisa internetan. Satu - satunya jalan adalah membawanya ke service center untuk memperbaiki masalah tersebut.

Tenang, anda bisa kok memperbaikinya sendiri di rumah tanpa harus membawanya ke service center. Saya akan membahas mengenai cara memperbaiki jaringan android yang tidak bisa internetan.

Sebelum itu, mari kita ketahui dahulu masalah yang akan muncul bila jaringan android anda sedang buruk.



Aplikasi yang membutuhkan akses internet tidak akan berjalan, unduhan data dari internet akan berhenti dan tidak bisa browsing menjelajah dunia maya.

Jika anda mengalami masalah di atas, android anda butuh perbaikan. Meskipun anda memakai paket data telkomsel yang mempunyai jaringan kuat tetap saja tidak bisa internetan.

Untuk mengatasinya, anda bisa mencoba cara mudah di bawah ini.

1. Cek kuota internet anda


Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek terlebih dahulu kuota internet anda. Apakah masih tersedia atau sudah habis.  Terdapat beberapa aplikasi yang membutuhkan akses internet, tapi tidak berfungsi saat kuota internet tinggal sekarat.


2. Restart android anda


Cara yang paling mudah untuk memperbaiki jaringan internet android adalah dengan merestart perangkat android anda. Restart akan memulai ulang kinerja sistem dari awal sehingga masalah atau bug yang ada akan segera diatasi setelah perangkat restart.


3. Aktifkan mode pesawat android


Cara memperbaiki jaringan android yang paling populer adalah menyalakan mode pesawat lalu mematikannya lagi. Hal ini bertujuan untuk memulai ulang kinerja jaringan sehingga bisa meningkatkan kualitas jaringan android.


4. Restart android saat mode pesawat menyala


Terkadang cara ini terbilang aneh, tapi apa salahnya untuk mencoba. Langkah pertama nyalakan mode pesawat lalu tahan tombol power kemudian pilih mulai ulang. Setelah itu, anda nyalakan data seluler dan tes browsing jika masih tidak bisa internetan tapi data sudah connect, anda bisa coba cara lainnya.


5. Matikan dan nyalakan data seluler 


Cara selanjutnya adalah mematikan data seluler lalu nyalakan kembali dengan tujuan untuk refresh jaringan android. Untuk menyalakan data seluler, masuk ke pengaturan > penggunaan data > nyalakan. Atau bisa melalui tampilan cepat dengan menggeser layar ke bawah. 

6. Setting APN di android



Cara membuat jaringan android lancar adalah melakukan pengaturan pada APN di kartu sim yang anda pasang. Cara setting APN cukup mudah, anda bisa masuk ke pengaturan > lainnya > jaringan seluler > nama titik akses > setting apn. Mengatur apn ini sangat berguna di berbagai kartu sim. Anda bisa mengatur apn yang bagus dengan mencari di google atau lewat youtube. Jika anda memakai kartu telkomsel, maka masalah tidak bisa internetan ini akan langsung teratasi.

Baca juga : cara memperbaiki baterai tanam yang kembung


7. Sesuaikan jam dan kalender di android anda



Hal ini kadang dianggap sepele oleh para pengguna android padahal berpengaruh dengan koneksi internet anda dan bisa memperbaiki jaringan internet android. Ubahlah jam dan kalender sesuai dengan waktu di tempat anda.


8. Ubah mode jaringan android



Cara lainnya yang bisa anda lakukan adalah mengubah mode jaringan dari 4G ke 3G atau 2G. Tunggu sampai beberapa menit, setelah itu anda bisa ubah lagi ke 4G dan bisa tes browsing atau buka facebook.


9. Bersihkan cache dan riwayat browser 



Aplikasi yang membutuhkan akses internet pasti tidak akan berjalan jika memori internal sudah hampir penuh. Untuk itu anda bisa bersihkan cache di setiap aplikasi. Untuk membersihkan cache, anda bisa masuk ke pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache atau menggunakan aplikasi pembersih yang tersedia di playstore. Selain itu, anda harus membersihkan riwayat browser untuk memperbaiki jaringan internet di android. Sudah berapa lama anda tidak menghapus riwayat browsing anda selama ini. Anda bisa menghapus riwayat browser dengan masuk ke pengaturan > riwayat > hapus riwayat browser.


10. Bongkar android anda



Jika anda malas untuk mencoba cara yang rumit, anda bisa coba cara mudah ini. Yaitu dengan membuka baterai, kartu sim dan kartu memori dari android anda.  
Tunggu beberapa menit, setelah itu pasang semua dan nyalakan android. Cara ini juga berguna untuk memperbaiki wifi yang sudah terhubung tapi tidak bisa internetan.


11. Gunakan aplikasi penguat sinyal



Lah kan gak bisa terhubung ke internet, bagaimana cara downloadnya ? Anda bisa tolong hotspot ke teman atau keluarga anda lalu masuk ke playstore dan download aplikasi penguat sinyak terbaik. Setelah di install, buka aplikasi dan gunakan sebagai penguat sinyal sementara waktu. Tes penguat sinyal dengan browsing. 


12. Reset android anda



Lagi -lagi reset. Ya, itulah cara yang harus anda lalui untuk mengatasi masalah tidak bisa internetan ini. Hardreset adalah obat mujarab untuk mengobati berbagai penyakit di android anda.  Sebelum melakukan reset, sebaiknya cadangkan dulu data yang penting ke google drive atau media penyimpanan lain untuk mencegah kehilangan data.  Cara reset android sangat mudah, masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon. Cara hardreset android dengan masuk ke mode recovery dengan menekan tombol kombinasi (power + volume down atau up) setelah itu, pilih wipe data lalu tunggu sampai proses selesai.

Baca juga : 4 cara mudah memperbaiki recovery mode android yang bermasalah

Posting Komentar

0 Komentar