Cara Menanam Dan Merawat Bunga Anggrek Dendrobium Supaya Cepat Tumbuh


Cara Menanam Dan Merawat Bunga Anggrek Dendrobium Supaya Cepat Tumbuh


cara merawat anggrek Dendrobium



Cara menanam bunga Anggrek Dendrobium ini terbilang sangat mudah karena sama persis seperti menanam bunga anggrek lainnya. Merawat bunga anggrek harus dilakukan secara rutin supaya bunga Anggrek Dendrobium cepat tumbuh dan subur.

Anda juga harus memperhatikan sirkulasi udara dan beri pupuk pada Anggrek Dendrobium supaya selalu terlihat subur dan mencegah dari serangan hama penyakit. Cek Anggrek Dendrobium setiap hari apakah terserang hama atau tidak?

Apakah kalian ingin menanam bunga anggrek Dendrobium? Ya, itulah alasan kenapa kalian klik artikel ini. Sebelum memulai menanam sebaiknya cari dulu bibit Anggrek Dendrobium, tidak ada bibit gak akan tumbuh kan? . Carilah bibit Anggrek Dendrobium yang berkualitas supaya bisa cepat tumbuh dan subur. Menanam Anggrek Dendrobium ini harus menggunakan media tanam yang cocok dengan sifat Anggrek Dendrobium, jika tidak maka bunga akan mengalami masalah pada pertumbuhan.

Anggrek Dendrobium merupakan jenis anggrek yang rajin berbunga. Bunga ini bisa bertahan kurang lebih 2 minggu atau bahkan bisa sampai 1 bulan untuk jenis tertentu.

Bunga anggrek Dendrobium memiliki berbagai jenis seperti Anggrek Dendrobium species dan Anggrek Dendrobium Hybird. Di bawah ini adalah jenis Anggrek Dendrobium yang perlu anda ketahui:

- Dendrobium Agregatum
- Dendrobium Arosmum
- Dendrobium Antennatum
- Dendrobium Aphyllum
- Dendrobium archipilangense
- Dendrobium Bifalce
- Dendrobium Bracteosum
- Dendrobium capituliflorum
- Dendrobium finisterae

Baca juga: 9 Cara memperbaiki reputasi buruk di kehidupan sosial

Itulah berbagai macam jenis anggrek Dendrobium, sebenarnya masih banyak jenis anggrek ini, itu saja sudah cukup untuk memberi pengetahuan anda tentang bunga anggrek.

Sifat Anggrek Dendrobium

Sifat atau karakteristik Anggrek Dendrobium ini perlu kita kenali supaya tidak terjadi kesalahan dalam menanamnya.

Bunga Anggrek Dendrobium menyukai ruangan yang mempunyai sirkulasi udara yang lancar dan sejuk. Jika ruangan di rumah anda mempunyai sirkulasi udara yang buruk maka harus memggunakan kipas angin untuk memberikan kesejukan pada bunga.

Anggrek Dendrobium membutuhkan sinar matahari sekitar 50-60%. Jangan letakan bunga pada sinar matahari langsung disarankan berikan naungan seperti di bawah pohon, teras rumah, diberikan paranet. Anggrek Dendrobium membutuhkan temperatur suhu sebesar 28-32°C. Anggrek Dendrobium juga memerlukan kelembapan 50% pada ruangan untuk mencegah kekurangan air pada bunga.

Dibawah ini terdapat cara-cara menanam bunga Anggrek Dendrobium supaya cepat tumbuh dan berbunga

Cara ini ditunjukan untuk kalian yang masih pemula dalam hal menanam bunga

Peralatan yang dibutuhkan:

- Media tanam arang
- Bibit Anggrek Dendrobium (Berkualitas)
- Nutrisi dan pupuk

Pertama, siapkan media tanam arang kemudian potong arang kecil-kecil lalu ambil bibit Anggrek Dendrobium yang berkualitas, dan dengan akar yang lebat dan kuat.

Kedua, lilitkan akar Anggrek Dendrobium pada media tanam dan pastikan Dendrobium   menempel pada arang.

Ketiga, berikan pupuk dan nutrisi untuk tanaman Anggrek Dendrobium supaya bisa tumbuh di media tanam yang ada.

Cara Merawat
anggrek Dendrobium

Lakukan penyiraman pada anggrek Dendrobium sebanyak 2× sehari, waktu penyiraman dilakukan pada pagi hari dan sore hari. Namun jika kondisi sedang hujan cukup siram sekali saja tergantung waktunya. Untuk mengecek apakah Anggrek Dendrobium kekurangan air atau tidak, anda bisa cek melalui batangnya jika batang bunga kokoh dan kuat berarti cukup air jika batang bunga rapuh dan loyo  berarti kekurangan air.

Cara mencegah Anggrek Dendrobium dari serangan hama penyakit, maka bunga harus diberi intektisida dan fungisinida. Lakukan hal ini seminggu sekali pada waktu sore hari.

Baca juga: 10 Cara menjadi orang humoris yang selalu menghibur orang lain

Pemupukan pada bunga dilakukan minimal 2 minggu sekali. Pupuk yang digunakan harus mengandung nitrogen, phosfor dan kalium. Caranya dengan melarutkan pupuk tersebut dengan air lalu siram pada bagian sekitar akar Anggrek Dendrobium.


Cara Memperbanyak
Anggrek Dendrobium

Anggrek yang mati disebabkan oleh serangan jamur, bakteri, serangga, kekurangan air dan paparan sinar matahari langsung.

Anak Anggrek Dendrobium memiliki ciri ciri sama seperti induknya termasuk aroma, warna, bentuk bunga. Jenis Anggrek yang bisa diperbanyak adalah Dendrobium, Phalaenopsis dan Epidendrum.

Jika Anggrek Dendrobium anda sakit maka buang bagian yang terkena penyakit atau virus.

Cara memperbanyak bunga anggrek Dendrobium ini cukup mudah tanpa teknologi. Caranya dengan melakukan vegetatif dan memanfaatkan batang anggrek yang tidak berdaun.

Pada saat Anggrek Dendrobium berbunga, setelah berlama-lama daun mulai rontok tidak berdaun. Kalian pasti bingung untuk apa batang-batang tersebut kan? Ada yang dibiarkan sampai kering, ada juga yang dibuang. Tapi tahukah anda kalau batang yang mati pada anggrek Dendrobium itu bisa tumbuh anak anggrek seperti induknya lho.

Caranya adalah potong bagian pangkal batang Dendrobium, Potongan batang tersebut direndam selama 5-10 menit di larutan air 1 sendok teh fungisida dan 2 liter air. Kemudian keringkan batang lalu jemur di tempat yang teduh serta  terhindar dari sinar matahari langsung.

Jaga kelembapan batang Dendrobium dengan penyiraman 2× sehari kalau hujan tidak perlu disiram. Berikan larutan vitamin B1 2× seminggu dalam 1 sendok teh dan 2 liter air.

Tunggulah beberapa minggu biasanya 2 minggu akan muncul tunas baru Dendrobium, setwlah 4 minggu muncul akar dan daun baru. Anak Dendrobium yang sudah memiliki akar sebaiknya diberi pupuk NPK. Berikan pupuk 2× seminggu dalam 1 sendok teh dan 2 liter air.

Setelah batang Dendrobium besar pindahkan pada media tanam sampai berbunga. Tapi anda juga bisa menunggu 2 tunas baru dan akar akar yang banyak sebelum dipindahkan ke media tanam. Cara memindahkannya adalah dengan memotong batang yang tumbuh, ini harus dilakukan dengan hati-hati supaya tidak melukai batang, potonglah menggunakan alat yang tajam agar bekas potongan tidak terkena jamur atau bakteri yang bisa membunuh bunga Anggrek.

Agar tunas cepat tumbuh pada bagian buku batang oleskan zat perangsang tumbuh tunas yang bisa di toko bunga terdekat.

Cara memperbanyak anggrek Dendrobium batang tidak harus diikat, posisikan batang anggrek Dendrobium ini pada posisi terbalik dan jangan diubah posisinya maka konsentrasi cadangan makanan dan energi akan terkumpul pada ujung batang sampai muncul tunas.


Posting Komentar

0 Komentar