13 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android

13 Cara Mengatasi Aplikasi Force Close di Android







force close adalah dimana keadaan aplikasi sedang digunakan kemudian aplikasi keluar dengan sendirinya disertai notif, 'sayangnya aplikasi ... telah berhenti'. Hal semacam itu tentu membuat kita kesal, di saat sedang asyik main game tiba-tiba aplikasi nya keluar sendiri tanpa sebab.

Pada kali ini saya akan membahas tuntas bagaimana cara mengatasi force close di android, sebelum itu saya jelaskan poin-poin penting dari bahasan ini.


DAFTAR ISI:

8 penyebab aplikasi force close di android

13 cara mengatasi aplikasi force close di android


Pada saat terjadi force close pada aplikasi kalian akan diberi 2 pilihan notif yaitu "force stop" atau report, bahkan ada yang sampai 3 notif yaitu "wait", "ok" dan "report". pada saat kalian membuka suatu aplikasi lalu muncul notif maka kalian harus memilih salah satu.

Force stop berarti aplikasi akan dihentikan secara mutlak sehingga aplikasi berhenti secara total, sedangkan Report berarti melaporkan bug atau masalah pada aplikasi tersebut ke developernya, jika android kita tidak ada masalah berarti aplikasinya bermasalah dan jika aplikasinya tidak bermasalah berarti androidnya yang bermasalah.

8 penyebab aplikasi force close di android

1. data aplikasi yang corrupt atau hilang seperti temporary data, cache, game data dan lain-lain.

2. RAM penuh, RAM berperan penting dalam kinerja aplikasi untuk mempertahankan aplikasi agar tetap berjalan jika RAM penuh aplikasi tidak bisa berjalan dengan lancar bahkan bisa terjadi force close pada aplikasi.

3. file cache yang menumpuk, cache adalah data tambahan pada aplikasi yang sering anda gunakan jika cache jarang dibersihkan maka akan menghambat RAM bekerja dan terjadi force close pada aplikasi yang digunakan.

4. aplikasi yang masih versi beta, atau aplikasi yang di download di luar play store dan merupakan aplikasi bajakan, aplikasi tersebut tidak mendukung kinerja android.

5. koneksi internet terputus, aplikasi yang membutuhkan koneksi internet seperti game online, social media.

6. versi android sudah lama, Android versi Froyo 2.2 atau Gingerbread 2.3 itu tidak akan mendukung pada aplikasi keluaran sekarang.

7. android telah di root, android yang dalam mode root biasanya tidak akan bekerja secara maksimal, ketidakstabilan sistem sehingga mengganggu kinerja android.

8. hardware android ada yang rusak, periksa dulu mungkin ada kerusakan pada bagian mesin android yang membuat aplikasi force close seperti rusak di sensor atau koneksi internet.

sekarang kalian sudah tau penyebab aplikasi di android force close dan coba kalian cek satu-satu penyebabnya apakah pada hardware, koneksi internet atau yang lainnya.


13 cara mengatasi aplikasi force close di android


1. Restart perangkat android

Biasanya aplikasi yang error secara terus menerus itu berarti android tidak merespon masalah yang anda, aplikasi yang error akan susah dibuka dan mungkin terjadi force close.

Cara mengatasinya adalah dengan restart perangkat android anda, hal itu akan me-refresh aplikasi yang error sehingga masalah pada aplikasi akan teratasi.

2. Hentikan aplikasi di latar belakang

Aplikasi latar belakang adalah aplikasi yang kalian tinggalkan dalam keadaan berjalan. Jika terdapat banyak aplikasi di latar belakang maka akan menyebabkan RAM penuh dan mengakibatkan force close pada setiap aplikasi.

RAM merupakan aspek penting pada android, maka bersihkanlah RAM setiap waktu untuk mencegah kinerja android lelet. Kalian bisa menggunakan aplikasi cleaner seperti: clean master untuk membersihkan RAM.

3. Hapus cache pada aplikasi

Saya sudah memberitahukan anda bahwa cache bisa menyebabkan RAM penuh, RAM berisi data aplikasi yang sering anda gunakan sehingga aplikasi akan berjalan cepat. Cache harus anda bersihkan setiap bulan atau setiap minggu supaya bisa meminimalisir kapasitas RAM, dan RAM akan bekerja dengan lancar.

Ada 3 cara membersihkan cache aplikasi di android

- lewat penyimpanan
buka pengaturan > penyimpanan > data yang di simpan > hapus.

- lewat aplikasi
buka pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus cache.

- memakai aplikasi cleaner
ada beberapa aplikasi cleaner di playstore di antaranya

4. Periksa koneksi internet android

hampir semua orang mempunyai aplikasi yang membutuhkan internet atau aplikasi online seperti game online, facebook, youtube dan masih banyak lagi.t
Banyak yang bertanya kenapa aplikasi online itu bisa force close, padahal internet lancar jaya.

Mungkin ada masalah pada koneksi internet anda sebaiknya periksa supaya tidak terjadi force close kembali.

Mungkin itu terjadi karena pengaruh gannguan jaringan, masalah pada location service harap nyalakan location service sebelum membuka aplikasi online untuk mencegah terjadinya force close. Cara mengaktifkannya pengaturan > lokasi > lalu aktifkan.

5. Lakukan perintah force stop pada aplikasi

Force stop atau paksa berhenti merupakan cara yang paling efektif untuk mengatasi aplikasi yang sering force close.

cara melakukan perintah force close pada aplikasi: pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > tekan force stop atau paksa berhenti.

sesudah itu coba buka aplikasi apakah masih terjadi force close atau tidak, atau kalian bisa restart android anda untuk hasil yang lebih maksimal.

6. Hapus data aplikasi

Salah satu penyebab kenapa aplikasi sering force close (FC) adalah adanya data yang korup atau hilang, maka solusinya adalah dengan menghapus data aplikasi untuk memulai ulang aplikasi dari awal sehingga membentuk data baru.

Cara hapus data aplikasi Pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > hapus data.

sebelum melakukan hapus data sebaiknya anda mengingat akun yang ada pada aplikasi karena setelah hapus data anda harus login ulang di aplikasi tersebut.

Jika malas melakukan cara di atas dengan menghapus data aplikasi satu per satu, kalian bisa menggunakan aplikasi cleaner yang ada di playstore.

7. Install ulang aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan meng-install ulang aplikasi yang force close, hal ini akan meminimalisir aplikasi supaya bekerja ulang pada android.

Jika aplikasi yang force close itu aplikasi bajakan sebaiknya install ulang untuk mengatasinya.

Cara uninstall aplikasi pengaturan > aplikasi > pilih aplikasi > copot pemasangan, lalu kalian bisa download ulang atau langsung install aplikasinya.

8. Update aplikasi

Jika kalian sudah menggunakan aplikasi lama sekali sebaiknya cek update aplikasi kemudian update ke verai terbaru untuk mengatasi force close.

Cara mengecek update aplikasi: playstore > my apps, kalian bisa mengecek apakah ada update terbaru atau tidak.

Ada juga beberapa aplikasi yang update tapi malah sering terjadi bug atau masalah pada aplikasi sehingga membuat penggunanya tidak nyaman, sebaiknya cek komentar pada pengguna aplikasi supaya bisa mengetahui bagaimana tanggapan mereka tentang aplikasi tersebut.

9. Update sistem android

Jika kalian masih menggunakan versi android yang lama harap update ke versi terbaru untuk meningkatkan kinerja sistem android.

Karena kebanyakan aplikasi hanya bekerja pada versi android 4.4 (kitkat) ke atas.

Cara melakukan update android: pengaturan > tentang perangkat > perbarui perangkat lunak.

Untuk android versi 4.4 (kitkat) ke atas bisa menggunakan runtime alternatif yaitu ART (Android RunTime). ART berfungsi mempercepat kinerja aplikasi sehingga lebih leluasa menggunakan aplikasi, tapi tidak semua aplikasi mendukung alternatif ini.

ART berguna untuk mengecek kecepatan aplikasi, kalian bisa mengubahnya ke Dalvik untuk kinerja yang lebih leluasa.

Cara mengaktifkan ART kalian bisa pergi ke pengaturan > pilihan pengembang (jika ada) > pilih runtime > dalvik. Jika tidak ada menu pilihan pengembang anda bisa mengaktifkannya ke pengaturan > tentang perangkat > pencet-pencet build number.

10. Factory reset android

Jika anda ingin memakai cara ini maka anda harus mem-backup data yang penting pada android karena factory reset akan menghapus semua data yang ada di android.

Jika pada android terdapat banyak aplikasi yang ketika digunakan terjadi force close, maka cara ini disarankan karena factory reset akan membuat memori internal fresh kembali dan kinerja android lebih lancar.

Cara melakukan factory reset
buka pengaturan > cadangkan > reset data pribadi > reset.

11. Beli android baru

Jika kalian sudah bosan dengan smartphone android yang kalian punya, maka gantilah dengan yang baru. Dijamin tidak akan terjadi force close setelah membeli hp baru.

Disarankan untuk membeli android dengan kapasitas memori internal mencapai 10GB dan RAM mencapai 8GB hal itu akan mencegah kemungkinan terjadinya force close pada aplikasi.

12. Melaporkan masalah ke developer aplikasi

Pada saat force close (FC) pada aplikasi akan muncul notif dan terdapat notif "report", hal itu berguna untuk melaporkan masalah yang ada aplikasi sehingga akan diatasi oleh pembuat aplikasi tersebut.

Tunggu sampai developer membaca dengan keluhan anda terhadap aplikasinya, jika sudah dibaca dan mengetahui masalahnya maka si pembuat akan mengeluarkan aplikasi versi terbaru yang lebih nyaman dan tidak force close.

13. Un-Root android kalian

Jika sebelumnya android kalian telah di root maka sebaiknya un-root kembali, untuk meningkatkan kinerja android sehingga mencegah terjadinya force close pada aplikasi karena dengan un-root sistem android akan kembali seperti semula.

Cara un-root android berbeda-beda tergantung dari jenis android yang di pakai, apakah support untuk proses un-root atau tidak. Tapi proses dasar dari kerja un-root yaitu mengembalikan ROM android ke manufacturer ROM bawaan

BACA JUGA:



Posting Komentar

0 Komentar