10 Cara menjadi karyawan teladan di tempat kerja

10 cara menjadi karyawan teladan di tempat kerja


Cara menjadi karyawan teladan di tempat kerja




Karyawan teladan biasanya orang-orang yang disukai bos, akrab dengan rekan kerja, bekerja dengan produktivitas tinggi. Karyawan teladan akan terlihat lebih baik daripada karyawan yang telatan.

Jika anda belum terlihat seperti karyawan teladan, saya akan membagikan beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjadi karyawan teladan yang disukai banyak orang. Berikut adalah cara-cara menjadi karyawan teladan di tempat kerja.

1. Bersikap profesional

Bersikap profesional di tempat kerja baik di perusahaan, bisnis, sekolah, pemerintahan atau di lingkungan masyarakat, seorang karyawan teladan akan bersikap profesional di depan orang-orang.

Caranya dengan mengobrol dengan teman, atau warga sekitar untuk membangun rasa kepercayaan. Tapi berbeda cara mengobrol karyawan teladan dengan orang biasa, biasakan ngobrol hanya untuk mencari informasi atau hal penting, hindarilah ngobrol yang hanya akan membuang waktu.

Terapkan sikap tegas pada diri anda jika ada rekan kerja yang mengganggu pekerjaan atau mengajak ngobrol masalah pribadi. Seorang karyawan teladan tidak akan membuang-buang waktu dalam hal pekerjaan.

2. Selesaikan pekerjaan sulit

Belajarlah cara menyelesaikan pekerjaan anda dengan benar, sesulit apapun pekerjaan anda, tuntaskanlah sampai selesai. Seorang karyawan teladan tidak pernah mengeluh dengan pekerjaannya walau sesulit apapun pekerjaan tersebut.

Keluarkan kemampuan anda dalam bekerja, tuntaskan pekerjaan yang sulit yang tidak bisa orang lain lakukan. Setelah anda terbiasa melakukan pekerjaan sulit maka anda akan mudah mendapatkan promosi ke jenjang karir yang lebih tinggi dan anda dianggap sebagai karyawan teladan oleh orang-orang.

3. Terima kritikan orang lain

Seorang karyawan teladan tidak akan bersikap sombong dan merasa benar sendiri, jika anda melakukan kesalahan dan mendapatkan kritikan pedas dari orang lain maka terimalah kritikan tersebut dan pikirkan kemudian perbaiki kesalahan anda agar tidak terulang kembali.

Jika anda tidak pernah merasa salah dalam suatu hal lalu seseorang mengkritik anda maka sabar dan terimalah kritikan tersebut. Karena untuk menjadi seorang karyawan teladan anda harus belajar menerima kritikan orang lain walaupun anda tidak bersalah sekalipun.

Jika suatu waktu anda marah karena krtikan pedas dari orang lain maka tenangkan diri anda agar terhindari dari hawa nafsu, bicarakan baik-baik masalah tersebut kemudian cari solusonya. Salah satu cara untuk menjadi karyawan teladan adalah dengan mengontrol emosi anda terhadap orang lain.

4. Bekerja dengan maksimal

Manfaatkan waktu kerja anda sebaik mungkin, jangan membuang-buang waktu kerja dengan mengobrol bersama rekan kerja, mengobrol boleh tapi atur waktu. Karyawan teladan akan fokus bekerja pada saat waktu kerja, tolak dengan halus jika rekan kerja anda mengajak bicara.

Mengobrol yang berhubungan dengan pekerjaan akan lebih baik karena akan membangun hubungan sekaligus kerja sama antar rekan kerja.

5. Selesaikan proyek

Jangan merasa ingin dipuji oleh orang karena telah menyelesaikan sebuah proyek dengan bagus. Jadilah karyawan teladan yang ingin menunjukan kemampuan anda di tempat kerja, buatlah orang lain kagum dengan kemampuan anda sehingga anda mendapatkan reputasi baik di tempat kerja anda.

Jadilah karyawan teladan yang aktif, pilih bagian yang kira-kira cocok untuk anda. Jika anda karyawan yang pasif maka anda akan ditempatkan di pekerjaan yang kirang cocok untuk anda.

6. Bangun hubungan dengan rekan kerja

Jangan terlalu fokus pada pekerjaan anda sehingga tidak pernah berbaur dengan rekan kerja anda, bersikap sopan dan hormat terhadap rekan kerja. Jika anda sudah membangun hubungan baik pada rekan kerja maka orang-orang akan menganggap anda orang baik. Akrab dengan rekan kerja merupakan cara jitu untuk menjadi karyawan teladan yang dikenal orang banyak.

Hindari bergaul dengan rekan kerja yang malas, berpikiran negatif, membicarakan hal buruk, berperilaku tidak sopan karena orang seperti itu akan membuat reputasi anda buruk di hadapan orang lain. Jadilah karyawan teladan yang selalu bergaul dengan orang-orang ramah, rajin dalam bekerja maka anda akan mendapatkan reputasi baik di hadapan orang lain.

7. Pertahankan reputasi anda

Cara menjadi karyawan teladan adalah mempertahankan reputasi anda di tempat kerja, caranya dengan datang tepat waktu, selalu hadir di tempat kerja, selesaikan pekerjaan sampai selesai sehingga anda akan memiliki reputasi baik di perusahaan tempat kerja anda.

8. Jadilah mentor yang baik

Karyawan teladan adalah orang yang dapat menjadi contoh bagi karyawan lain. Tunjukan sikap baik anda pada karyawan junior, bimbinglah junior yang masih asing dengan dunia kerja. Jadilah mentor bagi junior dengan memberikan pengarahan dan pelatihan.

Usahakan bersikap baik pada junior, jangan sampai membuat junior frustasi dan tidak enak saat berbicara dengan anda.

9. Tanyakan tujuan pekerjaan

Bangun hubungan baik dengan karyawan teladan lain dengan menanyakan tujuan pekerjaan, dengan itu anda akan memahami dan memikiki kemampuan lebih dari atasan anda. Tanyakan dengan serius supaya anda terlihat ingin memiliki skill kerja yang lebih dibandingkan karyawan lain.

10. Perhatikan bahasa tubuh

Selalu perhatikan bahasa tubuh anda dengan orang lain. Untuk terlihat seperti karyawan teladan yang tegas dan berwibawa, berbicara dengan tubuh berdiri, rasa kaki yang nyaman, bahu tertarik sedikit ke belakang, dagu angkat sedikit. Hal ini akan menumbuhkan rasa percaya diri dan menimbulkan kesan yang baik pada orang lain.

Begitu pula saat anda duduk, duduklah dengan tangan terlihat dan punggung tegak sehingga anda akan terlihat profesional dan tegas saat bekerja.

Untuk menjadi karyawan teladan tidaklah mudah, butuh kepercayaan diri dan gaya berbicara yang baik. 

Semoga cara di atas bisa bermanfaat untuk anda, lakukanlah sesuai dengan pekerjaan anda supaya anda dikenal orang-orang sebagai karyawan teladan yang professional


BACA JUGA:

10 cara agar menjadi orang yang selalu bekerja keras

Posting Komentar

0 Komentar