6 Cara Mengatasi Kartu Memori Yang Rusak Tanpa di Format

6 Cara Mengatasi Kartu Memori yang Rusak Tanpa di Format

kartu memori rusak


Kartu memori merupakan salah satu aspek penting pada sebuah perangkat seluler baik yang old maupun yang modern, dengan kartu memori anda bisa menambah kapasitas penyimpanan luar di handphone anda sehingga tidak terlalu menumpuk pada penyimpanan dalam (internal).
Kartu memori termasuk tipe penyimpanan luar (eksternal) anda bisa menyimpan gambar,video,file penting atau lainnya yang berperan penting dalam kehidupan tanpa mengurangi kapasitas penyimpanan handphone anda sedikit pun.
Selain itu, kartu memori juga bisa digunakan pada perangkat lainnya seperti: DSLR, kamera digital, MikroControler dan perangkat lainnya yang mendukung penyimpanan luar (eksternal), oleh sebab itu kita harus menjaga keadaan kartu memori agar dalam kondisi yang baik.
Tapi, suatu waktu keadaan memori kita bisa terganggu yang bisa menyebabkan kerusakan pada kartu memori, hal itu membuat kita panik dimana kartu memori itu menyimpan berkas-berkas penting dan juga kenangan mantan .
kerusakan tersebut mendorong anda untuk memformat kartu memori tersebut mau tidak mau agar kartu memori bisa stabil kembali, hal itu membuat kita kesal dimana kita sudah menyimpan berkas penting untuk dipakai di kemudian hari eh, ditinggal pas masih sayang-sayangnya .
nah, sekarang saya punya solusinya untuk mengatasi permasalahan tersebut, berikut adalah cara yang simple mengatasi kartu memori yang error tanpa harus di format :

1. Bersihkan Kartu Memori

Bersihkan kartu memori disini bukan berarti anda harus memformat kartu memori, berikut cara pembersihan kartu memori yang efektif :
- Pertama, keluarkan kartu memori dari handphone
- Perhatikan bentuk lempengan tembaga yang berwarna emas pada bagian bawah kartu memori, jika bagian itu kotor maka bersihkanlah karena bisa menghambat pendeteksian kartu memori pada handphone anda.
Tahap Pembersihan: Pada tahap pembersihan alat yang harus digunakan adalah penghapus, usahakan penghapus yang baru dan berwarna putih agar tidak mengotori kartu memori.
caranya :
- Gosok bagian lempengan emas tersebut secara perlahan dan lembut samapi terlihat bersih dan mengkilap seperti baru 
- Setelah digosok dan terlihat bersih, coba masukan kembali kartu memori ke dalam slot handphone.
- Lalu periksa, apakah kartu memori bisa terbaca oleh handphone atau masih belum terbaca sama-sekali.

2. Periksa Bad Sector di Kartu Memori

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah memeriksa bad sector yang terdapat pada kartu memori menggunakan komputer atau laptop anda, bad sector juga menjadi salah satu penyebab kerusakan bagian hard disk yang ada pada komputer. Oleh karena itu, kalian harus memeriksa kartu memori untuk bisa memastikan apakah memiliki bad sector atau tidak.
Cara memeriksa bad sector kartu memori di komputer:
- Pertama-tama, hubungkan kartu memori yang error ke perangkat komputer menggunakan card reader ( sejenis USB)
- Setelah itu, pastikan apakah kartu memori sudah terbaca oleh komputer, setelah terbaca klik kanan pada nama kartu memori tersebut. Lalu pilih Properties > Tools > Check now.
- Kemudian beri centang pada kolom “Automatically fix file system errors” dan “Scan for and attempt recovery of bad sector”.
- Lalu, klik start agar memulai pemindaian bad sector pada kartu memori

_______________________________________________________

BACA JUGA :
cara mengatasi android tidak bisa nyala
___________________________________


3. Memakai Fitur Command Promt di komputer

Cara yang lain yang bisa anda coba adalah dengan menggunakan fitur pada komputer yaitu Command Promt.
cara membuka Command Promt bagi yang menggunakan OS windows 7 ke atas:
- klik menu start lalu ketik cmd pada bar pencarian.
cara membuka Command Promt untuk OS windows XP:
- Klik menu start, kemudian pilih run
- Lalu ketik cmd, dan tekan enter pada keyboard
- dan akan terlihat jendela command promt muncul
Untuk memastikan, cek terlebih dahulu partisi yang terbaca di kartu memori anda memakai windows explorer.
contoh: partisi kartu memori yang terbaca adalah G: , pada jendela command promt ketik chkdsk (partisi kartu memori): /F" setelah itu tekan enter pada keyboard.
contoh: chkdsk g: /F , tunggu sampai perangkat windows mendeteksi masalah pada kartu memori anda.
Jika pada dekstop muncul tulisan “Windows Has Made Corrections To The File System”, hal itu berarti kartu memori sudah diperbaiki dan bisa digunakan kembali.

4. Scan Kartu Memori dengan Anti Virus

anda bisa mencoba memindai kartu memori dengan software anti virus yang terdapat pada komputer, bisa jadi penyebab kenapa kartu anda tidak terbaca di android itu karena ulah virus yang ada pada kartu memori tersebut.
Cara melakukan scanning virus untuk kartu memori bisa menggunakan berbagai macam software antivirus pada komputer atau anda bisa men-download terlebih dahulu.
jenis-jenis antivirus yang bisa anda coba:
- Amira
- Smadav
- AVG
Jika anda sudah menginstal antivirus cobalah scanning kartu memori yang error, setelah proses scanning selesai pastikan apakah pada kartu memori terdapat virus yang berbahaya, jika ada segera bersihkan kemudian pasangkan pada handphone anda.

5. Format Kartu Memori

Jika trik-trik di atas tidak menghasilkan apapun maka cara utama yang terpaksa harus dilakukan adalah melakukan format pada kartu memori.
Caranya anda bisa masuk pada menu setting atau setelan pada android, lalu pilih storage kemudian pilih "erase SD card" atau " hapus kartu memori", tunggu hingga proses berlangsung setelah selesai anda bisa memakai kartu memori dengan keadaan stabil.
Kenapa kartu memori bisa rusak, di bawah ini adalah penyebab kenapa kartu memori bisa rusak dan error:
- Kualitas Kartu Memori Jelek
Kalau anda ingin membeli kartu memori usahakan yang berkualitas tinggi karena kartu memori yang kualitas tinggi biasanya awet dan tahan lama, anda bisa melihat merk dari kartu memori tersebut untuk memastikan kualitasnya, biasanya kartu memori yang kualitas tinggi itu harganya lebih mahal dari yang lainnya karena yang berkualitas pasti mahal-mahal kan.
Anda juga harus perhatikan class dari kartu memori yang ingin anda beli, kartu menori class tertinggi untuk saat ini adalah class 10.
- Jangka Waktu Kartu Memori
Kartu memori kinerjanya akan berkurang walaupun itu kartu memori kualitas terbaik sekalipun, penurunan kinerja itu merupakan salah satu penyebab kartu memori menjadi rusak.
- Cara Penggunaan Kartu Memori
Menggunakan kartu memori harus dengan perhatian yang betul, jika anda ingin melepaskan kartu memori dari handphone diusahakan jangan asal cabut saja, coba lakukan secara perlahan namun pasti .
jika ingin melepas kartu memori pada handphone harap lakukan eject manual pada handphone agar kartu memori tetap menjaga kinerja tetap maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar