10 Cara Ngecas HP Supaya Baterai Tahan Lama

NGECAS HP SUPAYA TAHAN LAMA


Baterai merupakan komponen paling penting pada HP, karena tanpa baterai HP tidak akan bisa menyala , karena itulah sebagian pembeli HP memperhatikan kapasitas baterai HP yang akan dibelinya.

Oleh karena itu, sebagian besar orang akan membeli HP dengan kapasitas baterai yang besar, dan juga tertarik dengan HP yang terdapat keunggulan seperti fast charging ( mengisi daya cepat) dengan tujuan untuk pemakaian baterai yang awet dan tidak boros.

Tapi keunggulan baterai tidak menentukan Faktor waktu penggunaan HP, kalau penggunaan pada proses isi daya salah maka kapasitas baterai akan menurun dan akan membuat baterai HP cepat habis atau bahasa populernya nge-drop.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tips supaya baterai HP tahan lama dengan tujuan agar anda lebih leluasa menggunakan HP anda sesuai kebutuhan.

1. Coba Cas HP Anda Menggunakan Charger Asli

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah cas HP anda menggunakan charger asli, kenapa harus pakai charger asli karena charger asli kinerja dalam mengisi daya akan lebih maksimal dibandingkan dengan charger HP yang lain, jika tidak ada charger asli usahakan mencari charger yang se-merk dengan HP anda.

di setiap charger ada yang mempunyai arus daya 2A dan arus daya 1A, jika anda memakai charger asli maka arus isi daya akan bekerja maksimal karena memiliki arus daya yang mendukung dan jika anda memakai charger yang berbeda maka kinerjanya akan berbeda karena pengaruh dari arus daya charger.

jika anda ingin menggunakan charger lain sih tidak masalah, tapi cara yang paling aman adalah menggunakan charger asli bawaan HP, jangan pilih charger abal-abal yang kualitasnya tidak terjamin karena hal itu akan mempengaruhi batetai ponsel anda dan tetap perhatikan kualitas charger jika ingin meminjam atau membeli charger.

2. Mengisi Daya HP Tidak Sampai 100%

Tips selanjutnya yang bisa dilakukan adalah cas HP anda tidak sampai pada angka 100%, kenapa? karena mengisi daya sampai 100% akan membuat umur baterai bisa berkurang. lho, kenapa bisa begitu? jika anda cas HP pada malam hari dan anda akan mencabutnya pada pagi hari hilangkan kebiasaan cas ponsel seperti itu karena hal itu membuat daya baterai akan semakin boros karena proses mengisi daya yang terlalu lama.

Disarankan untuk cas HP sampai bar pengisian mencapai angka 80-90% karena daya itu merupakan hasil maksimal dari proses mengisi daya yang dilakukan.

3. Cas HP sebelum baterai habis total

Tips selanjutnya adalah mengecas HP sebelum baterai habis total, kenapa? karena saya pernah mengalami kejadian dimana saya menghabiskan baterai ponsel sampai 0% dan pada saat itu tidak bisa terhubung pada charger saya dan terpaksa harus menggunakan desktop untuk memancing daya ponsel dan hal itu menyebabkan ponsel menjadi cepat habis.

Alangkah baiknya anda untuk ngecas HP pada saat baterai ponsel mencapai angka 10-20% untuk tetap menjaga kapasitas baterai tetap maksimal, jika anda mengecas HP pada kisaran 1-9% maka akan mempengaruhi kinerja baterai anda.

4. Cobalah Untuk Matikan HP saat Ngecas

Biasakan jika ingin ngecas anda harus mematikan ponsel terlebih dahulu karena ngecas HP dalam keadaan mati akan lebih efektif. Mematikan HP pada saat ngecas akan membuat arus charger menjadi lebih optimal karena HP tidak melakukan kinerja internal.

5. Kurangi Pencahayaan Pada saat Ngecas

Cobalah untuk mengurangi pencahayaan HP pada saat ngecas karena cahaya HP berpengaruh besar terhadap kinerja baterai sehingga baterai akan cepat habis.

pencahayaan handphone merupakan faktor utama dalam kinerja baterai, jika pencahayaan full maka baterai akan cepat habis, maka sebaiknya untuk mengurangi pencahayaan untuk menghemat baterai untuk beberapa menit.

6. Jangan menggunakan power bank terlalu sering

Power bank memang menjadi alat bantu ketika anda sedang dalam perjalanan dan baterai anda sekarat, maka power bank lah yang akan menjadi alat untuk charger HP. Tapi jangan terlalu sering, gunakan seperlunya saja karena penggunaan power bank terlalu sering akan mengakibatkan boros nya baterai HP. Maka kurangilah penggunaan power bank jika anda ingin baterai HP anda tetap terjaga kualitasnya.

7. Jangan Ngecas Handphone pada port USB Laptop / pc

Proses ngecas HP yang efektif adalah melalui stop kontak atau terminal colokan, hindari cas HP melalui port USB laptop karena arus daya yang masuk ke HP hanya 0,5 Ampere (A) dan hal itu menyebabkan kinerja baterai akan kurang efektif.

Ngecas lewat port USB sih boleh-boleh saja, asalkan jangan terlalu sering karena hal itu akan membuat batetai anda boros dan mungkin membuat HP anda Drop.

8. Melepas Casing HP pada saat Ngecas

Biasakan membuka casing HP pada saat ingin ngecas, karena casing HP akan menghambat pembuangan hawa panas pada HP sehingga akan mempengaruhi kinerja baterai. Dan ada juga beberapa merk HP akan terasa hangat ketika ngecas pada keadaan casing masih terpakai.

9. Biasakan Ngecas HP pada Pagi Hari

Kebanyakan orang di negara +62 itu mengecas HP pada saat malam hari kemudian pada pagi harinya baterai sudah penuh, hal seperti itu sangat berbahaya karena akan mempengaruhi umur baterai.

Biasakan ngecas pada pagi hari, kenapa? karena pada pagi hari kita bisa mengecek daya batetai HP apakah sudah penuh atau belum. Sementara pada malam hari daya baterai yang terisi tidak bisa dicontrol sehingga baterai sudah penuh dan charger masih terpasang, hal itu akan menyebabkan kesehatan baterai bahkan bisa membuat baterai nge-Drop.

Seiring berkembangnya zaman, Handphone sekarang mempunyai fitur pemutus arus daya otomatis ketika baterai ponsel sudah terisi penuh.

10. Menggunakan Baterai Bawaan Handphone

Jika anda memakai baterai Handphone abal-abal maka anda harus segera menggantinya dengan batetai bawaan atau original. Penggunaan handphone pada baterai yang berbeda akan menyebabkan kualitas HP akan menurun dan baterai akan cepat habis.
Biasanya baterai lain pada handphone proses mengisi daya akan terasa lama daripada pemakaiannya, hal ini dikarenakan ketidakcocokan baterai dengan kinerja handphone jika tidak segera diganti maka kerusakan akan semakin parah.

BACA JUGA :

5 cara mudah mengatasi hp kemasukan air


Posting Komentar

0 Komentar