7 Penyebab Kenapa Baterai Android Cepat Habis

7 Penyebab Kenapa Baterai Android Cepat Habis

BATERAI ANDROID CEPAT HABIS


  Baterai adalah komponen penting pada smartphone karena kalau tidak ada baterai smartphone tidak akan bisa berfungsi. Salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan para pengguna smartphone adalah baterai yang boros atau cepat habis.
Saya akan menjelaskan penyebab baterai smartphone Android cepat habis. Beberapa penyebab baterai Android boros :

1. Aplikasi penguras daya Baterai

    Setiap android pasti mempunyai banyak sekali aplikasi yang di install oleh pengguna. Tapi anda harus hati-hati karena setiap aplikasi bisa menguras habis daya baterai sehingga membuat baterai cepat habis.
Untuk mengetahui aplikasi yang menguras daya, bisa memeriksa menu Setelan > Baterai, untuk melihat aplikasi yang menguras daya baterai besar.
Jika ada aplikasi yang tidak penting tapi membuat baterai boros, sebaiknya anda hapus aplikasinya.

2. Baterai Sudah rusak

   Penyebab baterai sering boros adalah karena baterai sudah lama atau rusak, jika baterai sudah lama pasti kemampuan daya baterai akan berkurang.
Sebaiknya anda mengganti baterai yang lama dengan baterai yang baru, supaya bisa mengatasi keluhan batetai cepat habis.

3. Charger Tidak Sesuai Dengan Model Smartphone

    Charger yang tidak sesuai dengan model smartphone akan membuat baterai menjadi cepat habis. Charger yang tidak sesuai dengan merk smartphone, pasti akan membuat baterai cepat habis karena smartphone tidak terbiasa dengan charger tersebut sehingga membuat baterai boros.

4. Masalah Pada Sistem Android

   Sistem Android adalah komponen penting pada android, ia bekerja membuat aplikasi dan fitur android tetap berjalan, ternyata sistem android juga memakan daya baterai cukup besar. Sistem Android bisa mengurasi daya baterai sebanyak 25 %. Jika android mengalami hal itu, maka bisa dikatakan baterai akan sangat boros.
    Salah satu cara menanganinya dengan melakukan 'downgrade' pada sistem Android. Misalnya, kalian menggunakan android versi Marshmallow, maka turunkan menjadi Lollipop. Cara lainnya adalah melakukan factory reset dengan masuk ke recovery mode. Dua cara itu diyakini bisa mengoptimalkan baterai boros karena sistem Android.

5. Google Play Services

    Aplikasi dari Google ini suka memakan daya baterai yang cukup besar. Tapi, kalian tidak bisa menghapusnya karena Google Play Services adalah aplikasi penting untuk perangkat Andorid.
    Cara menanganinya adalah dengan mengakses menu Settings > Applications > All > Google Play Services > Clear cache. Cara itudapat memperbarui aplikasi tersebut dan menghentikannya memakan daya baterai yang besar.

6. Kecerahan layar HP

    Masalah ini sering diabaikan para pengguna android,Ternyata kecerahan bisa berpengaruh pada umur baterai Android. Pengguna yang enggan mengatur kecerahan layar secara manual, hal itu menyebabkan baterai cepat boros.

7. Perpendek Waktu Tidur Layar

     Semakin lama layar menyala, maka semakin banyak daya baterai yang terbuang. Salah satu cara mengurangi penggunaan baterai yaitu dengan memperpendek waktu Tidur layar dengan cara masuk ke setelan > tampilan > tidur, disitu anda bisa mengatur waktu tidur layar.


Posting Komentar

0 Komentar