Samsung Galaxy A54 vs Oppo Reno8 T, Mana yang Lebih Bagus ?

Oppo Reno8 T



Samsung Galaxy A54 dan Oppo Reno8 T adalah smartphone yang sama-sama dijual dengan harga 5 jutaan. Dari banyaknya hp harga 5 jutaan, dua hp ini adalah yang paling disorot.

Hp Samsung selalu punya kualitas kamera yang lebih bagus dari brand lainnya dan hp Oppo selalu memiliki desain dan daya tahan baterai yang lebih bagus.

Tapi, jika dibandingkan secara keseluruhan antara Galaxy A54 dan Reno8 T kira-kira unit mana yang lebih unggul.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan membandingkan Samsung Galaxy A54 5G dan Oppo Reno8 T 5G, diantaran kedua hp ini mana yang lebih unggul dari segi desain, layar, kamera, fitur dan lainnya.

Desain


Dari segi desain, kedua HP ini hadir dengan penampilan yang cukup berbeda, baik dari segi tampilan maupun bentuk dimensinya.

Oppo Reno8 T 5G hadir dengan mengusung Oppo glow desain dengan sisi yang melengkung untuk memudahkan pengguna dalam menggenggam.

Adanya bentuk kamera ala boba besar dan layar yang melengkung membuat hp ini terkesan premium.

Sedangkan Samsung A54 hadir dengan desain yang lebih elegan, pemilihan material kaca yang dilapisi Gorilla Glass 5 pada bodi belakang akan membuat kesan mahal dan canggih.

Jika bicara soal desain, sebenarnya lebih ke urusan selera masing-masing saja karena setiap orang punya penilaian sendiri, mulai dari suka yang terlihat mewah atau yang elegan.

Tapi, jika bicara soal kenyamanan sepertinya Reno8 T lebih unggul karena hp ini punya bodi yang lebih tipis dan lebih ringan.

Tebal hp Oppo ini ada di angka 7,7 mm dan berat yang hanya 171 gram. Sedangkan Samsung A54 punya tebal 8,2 mm dan berat mencapai 202 gram.

Meski bodi Reno8 T lebih nyaman di tangan, namun HP ini belum punya sertifikasi tahan air seperti Samsung A54 dengan ip67 yang tahan hantaman debu dan percikan air.

Layar


Bentuk dan ukuran adalah aspek layar yang paling menunjukkan perbedaan dari keduanya, Reno8 T punya layar berukuran 6,7 inci, sedangkan layar Galaxy A54 berukuran 6,4 inci.

Secara kualitas, keduanya sama-sama bagus dengan panel AMOLED yang beresolusi Full HD+ dengan refresh rate 120Hz. Tingkat kecerahan hanya selisih sedikit dimana Oppo di angka 950 nits dan Samsung 1000 nits.

Untuk daya tahan layar, Oppo membekali Reno8 T dengan Asahi Glass AGC DT-star2, sedangkan Galaxy A54 memakai Corning Gorilla Glass 5.

Kedua layar hp ini juga menampilkan warna yang bagus. Tapi, untuk kepuasan tampilan menikmati konten sepertinya Oppo Reno8 T lebih unggul karena punya sudut pandang yang lebih luas.

Performa


Dari segi performa, Oppo reno8 T dibekali chipset Snapdragon 695 fabrikasi 6 nm, sedangkan Samsung A54 memakai Exynos 1380 fabrikasi 5 nm. Selain chipset, kedua hp ini dibantu dengan RAM 8 GB LPDDR4X yang bisa ditambah sebesar 8 GB lagi.

Selanjutnya, ada 2 opsi memori internal yang tersedia yaitu 128 GB dan 256 GB. Jika penyimpanan internal terasa kurang, Anda bisa menggunakan micro SD dengan maksimal ukuran 1 TB.


Perbedaan kedua hp ini ada di bagian jenis penyimpanan yang digunakan, Reno8 T masih ufs 2.2 sedangkan Galaxy A54 lebih bagus dengan ufs 3.1.

Dengan semua yang disebutkan tadi, jelas performa Samsung A54 lebih unggul ketimbang Oppo Reno8 T. Hal ini juga diperkuat dari skor antutu yang didapatkan.

Hp Oppo ini hanya mendapatkan skor 390 ribuan sedangkan Samsung A54 mendapatkan skor yang lebih tinggi yaitu sebesar 513 ribuan.

Selain itu, sistem operasi yang berjalan sama-sama di Android 13, Reno8 T memakai color OS 13 dan Galaxy A54 memakai One UI 5.1.

Untuk jaminan update, Oppo mengklaim HP ini akan dapat update OS hingga 2 tahun dan update keamanan sistem sampai 4 tahun.

Samsung menjamin update yang lebih panjang karena mengklaim update OS sampai 4 tahun dan keamanan sistem hingga 5 tahun.

Baterai


Selanjutnya perbandingan daya tahan, Oppo Reno8 T dibekali baterai berkapasitas 4800 mAh dan sudah mendukung pengisian daya cepat 67W.

Sementara Samsung dengan Galaxy A54 punya baterai dengan kapasitas 5000 mAh yang dilengkapi pengisian daya cepat 25W.

Dalam pengujian nonton video, hp Oppo mampu bertahan hingga 22 jam dan isi daya dari 0% sampai 100% bisa memakan waktu 48 menit saja.

Sedangkan hp Samsung mampu bertahan menonton video sampai 20 jam 20 menit dan isi daya dari 0% hingga 100% bisa memakan waktu 1 jam 18 menit.

Dengan informasi tersebut bisa disimpulkan bahwa daya tahan baterai Reno8 T sedikit lebih unggul. Selain unggul dalam data tahan, hp Oppo ini juga unggul dalam hal kelengkapan box pembelian.

Saat Anda membeli Reno8 T, pada box pembelian sudah tersedia kepala charger sedangkan Galaxy A54 tidak ada sehingga Anda harus membelinya secara terpisah.

Kamera


Oppo Reno8 T dibekali 3 buah kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 100 MP, 2 MP mikroskop dan 2 MP depth sensor.

Untuk Samsung Galaxy A54 juga memiliki 3 kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP, 12 MP ultra wide dan 5 MP kamera makro.

Untuk sektor fotografi ini jelas kalau Galaxy A54 lebih unggul karena sudah dibekali dengan fitur OIS dan perekaman video yang bisa mencapai resolusi 4K 30FPS dan 1080P 60FPS.

Hal ini berbeda dengan Reno8 T yang tidak punya fitur OIS dan perekaman videonya juga hanya mentok di resolusi 1080P 30FPS.

Meskipun secara angka, mega pixel kamera Samsung lebih kecil, tapi kualitas foto yang dihasilkan Samsung A54 lebih bagus ketimbang Reno8 T. Hal itu dilihat dari warna yang lebih natural, kontras warna yang bagus dan detail hasil foto yang lebih tajam.