√ Kelebihan dan Kekurangan Realme C33, HP Mewah Harga 1 Jutaan - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

13 Jan 2023

Kelebihan dan Kekurangan Realme C33, HP Mewah Harga 1 Jutaan

Kekurangan Realme C33



Untuk memperkuat lini pasar kelas pemula, Realme kembali memperkenalkan sebuah smartphone baru dengan harga 1 jutaan yang kali ini diberi nama Realme C33.

Smartphone realme tersebut tentu dapat menjadi salah satu opsi baru ketika Anda sedang mencari perangkat mewah dengan dana yang terbatas.

Meskipun terbilang murah dan mewah, Realme C33 soalnya juga mempunyai beberapa kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum benar-benar membelinya.

Produk terbaru dari Realme ini dijual seharga 1,6 juta untuk kapasitas 3/32 GB dan 1,8 juta untuk kapasitas 4/64 GB. Dengan harga dan spesifikasi yang ditawarkan, apakah unit ini terasa menarik atau biasa saja.

Kelebihan Realme C33


Ada beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan saat membeli hp Realme ini, diantaranya adalah performa main game, desain mewah kekinian, memori besar dan fotografi yang jernih.

1. Desain Mewah


Meskipun dibanderol dengan harga murah, Realme C33 memiliki desain yang premium dan tidak terlihat murahan. Hal ini ada pada bagian bodi yang glowing dan grill dengan bentuk kotak memberikan kesan mewah dan kekinian.

Meski begitu, hp ini memiliki tampilan yang mengkilap sehingga mudah kotor dan licin. Jika berada di luar ruangan, Anda harus membersihkan bodi hp secara rutin.

Bagian belakang smartphone ada dua kamera yang disusun vertikal, pengguna juga dapat memilih 3 varian warna yang tersedia yaitu sandy gold aqua dan night see.

Selain itu, HP ini juga tidak termasuk HP yang tebal karena ketebalannya sendiri hanya 8,3 mm dengan bobot sekitar 187 gram. Hal tersebut masih tergolong ukuran yang pas.

Hal yang menarik adalah sensor fingerprint yang sudah diletakkan di samping sehingga akan lebih pas di jempol pengguna.

2. Performa Mumpuni


Jika Anda sedang mencari hp 1 jutaan dengan performa bagus maka Realme C33 adalah jawabannya karena unit ini menggunakan chipset unisocy Tiger T612 fabrikasi 12 nm.

Chipset yang digunakan hp ini sama persis dengan pendahulunya yaitu Realme C31 yang mampu menghasilkan skor single core 340 dan multi core 1102.

Skor Antutu yang dihasilkan lumayan besar yaitu di angka 220 ribuan, performanya untuk kelas 1 jutaan jelas akan sangat mumpuni karena chipset ini mampu menjalankan beberapa game kekinian dengan lancar seperti Free Fire dan Mobile Legends.

Selain itu, hp Realme ini menggunakan Android 12 yang dipadukan dengan antar muka realme UI S Edition yang termasuk versi realme UI yang lebih ringan sehingga kerja ponsel menjadi lebih lancar.

Untuk urusan update, pihak Ralme juga mengklaim bahwa HP ini akan dapat masa update versi Android selama 2 tahun sejak perilisan dan 3 tahun masa update untuk keamanan.

3. Memori Besar dan Berkualitas


Realme C33 ini mempunyai varian memori 3/32 GB dan 4/64 GB. Untuk jenis RAM yang dipakai adalag lpddr4x dan penyimpanan internal sudah memakai ufs 2.2 sehingga performa transfer file maupun loading aplikasi akan lebih cepat dibanding EMMC.

Tidak lupa, realme juga memberikan slot micro sd pada smartphone yang satu ini untuk memberikan ruang penyimpanan tambahan hingga 1 TB.

4. Kamera 50 MP


Urusan fotografi memang yang menjadi peningkatan dibanding Realme C31. Pada bagian belakang terdapat dua lensa yang terdiri dari 50 MP kamera utama, 2 MP portrait lens dan kamera depan 5 MP.

Frame kamera yang disematkan terlihat terlalu menonjol sehingga rawan baret, jika ingin tetap awet dan aman lebih baik langsung beli softcase untuk melindungi bodi dan kamera.


Untuk perekaman video, kamera utama mampu merekam hingga resolusi 1080p 30 FPS. Untuk hasil foto sudah tergolong bagus untuk sekelas hp di bawah 2 juta.

Jika hasil terasa kurang, Anda bisa langsung mengeditnya dengan beberapa fitur yang disediakan.

Kekurangan Realme C33


Walaupun dengan berbagai kelebihan yang membuat pengguna senang, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum membeli unit Realme C33 ini.

Pihak perusahaan tentu perlu mempertimbangkan banyak hal supaya dapat membuat smartphone tersedia dengan harga yang murah.

1. Layar yang Standar


Layar Realme C33 menggunakan layar 6,5 inci IPS LCD resolusi HD+, memiliki touch sampling rate 120 Hz dan tingkat kecerahan mencapai 400 nits.

Disini terlihat bahwa resolusi layar masih standar HP 1 jutaan dan juga tidak dibekali refresh rate tinggi. 

Memang secara kualitas sebenarnya tidak buruk, namun akan lebih menarik lagi jika sudah beresolusi FHD atau refresh rate 90 Hz.

HP lain di harga yang sama ada yang memiliki spesifikasi layar yang lebih bagus dan juga desain layar Realme C33 yang masih water drop display

2. Charger Hanya 10W


Realme C33 punya kapasitas baterai yang masih standar yaitu 5000 mAh, namun yang perlu diperhatikan adalah alat pengisian daya-nya.

Dengan kapasitas yang mencapai 5000 mAh, smartphone ini hanya mendukung charging 10W saja yang secara teknis akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk membuat baterainya penuh.

Saat dilakukan pengisian dari 0% hingga 100% ternyata membutuhkan waktu sekitar 3 jam. Waktu yang sangat lama jika dibandingkan dengan Realme C11 yang hanya membutuhkan waktu 2 jam saja.

3. Masih Memakai Micro USB


Selain masalah charger, Realme C33 juga masih menggunakan lubang pengisian daya dan transfer data berjenis micro USB.

Antarmuka ini tentu mempunyai banyak kekurangan jika dibandingkan dengan USB type-C yang memakainya bisa dibolak-balik.

Tentu saja kekurangan ini cukup buruk apalagi transfer data melalui jenis micro USB diketahui tidak lebih cepat dari jenis type-C

4. Tidak ada Sensor Penting


Untuk persensoran di smartphone, pihak Realme sepertinya menghilangkan beberapa aspek di C33 ini. Sensor penting yang tidak tersedia adalah magnet untuk kompas, gyroscope untuk virtual reality dan sensor orientasi.

Hal ini sangat disayangkan karena di pendahulunya yaitu Realme C31 terdapat sensor penting yang lengkap untuk kebutuhan sehari-hari. Dengan kata lain, fitur sensor di hp Realme terbaru malah downgrade.

5. Minim Optimalisasi


Realme UI S Edition yang dipasang di Realme C33 ini minim kustomisasi dan lebih mirip Android Stock. Jadi, user interface terlihat kaku dan monoton.

Lebih baik smartphone terbaru ini memakai Realme UI versi reguler yang menyediakan beberapa aplikasi yang lebih lengkap dan berguna.

Penutup


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang harus Anda ketahui sebelum membeli Realme C33, jika Anda tertarik dengan unit ini silahkan langsung beli di toko online terpercaya.

Jika Anda menganggap kekurangan yang disebutkan bukan masalah yang serius, maka bisa diartikan kalau hp ini cocok untuk Anda. Intinya Anda harus sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari.

Get notifications from this blog