√ Kelebihan dan kekurangan Oppo A77s, hp 3 Jutaan Terbaru - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

9 Jan 2023

Kelebihan dan kekurangan Oppo A77s, hp 3 Jutaan Terbaru

Kekurangan Oppo a77s



Oppo A series adalah seri smartphone  Oppo yang paling banyak diminati oleh masyarakat Indonesia karena harganya yang terjangkau dengan spesifikasi yang mumpuni.

Pada pertengahan Oktober 2022, Oppo Indonesia hadirkan Oppo A77s yang merupakan HP Oppo kelas menengah  karena dibanderol dengan harga 3,4 juta rupiah.

Dengan bandrol harga tersebut, HP ini menawarkan berbagai keunggulan yang salah satunya yaitu di sektor   daya. Oppo A77s ini dibekali baterai besar sehingga mampu bekerja dalam waktu yang lama.

Selain itu, sebagai penerus dari Oppo A706, Anda juga bisa menikmati beragam peningkatan menyenangkan pada smartphone yang punya desain body premium ini.

Tapi, kalau dibandingkan dengan brand lain di harga yang sama, ada beberapa hal yang menjadi kekurangan Oppo A77S ini. Oleh karena itu, Magersena akan membahas kelebihan dan kekurangan HP Oppo terbaru ini.

Kelebihan Oppo A77S


Pertama, kita akan membahas kelebihannya terlebih dahulu, mulai dari desain, performa, spesifikasi, daya tahan dan hal lainnya.

1. Desain yang elegan


Oppo tampaknya ingin agar desain smartphone ini bisa jadi salah satu daya tariknya bagi pembeli.

Oppo A77S ini hadir dengan stunning estetik design dengan dua gaya yang berbeda. Hp ini telah mengusung desain body belakang fiberglass letter desain untuk varian warna sunset orange.

Permukaannya mengusung tekstur kulit fiberglass dengan bahan tekstur butiran kecil yang dibuat menggunakan proses pelapisan dan pemanggangan sebanyak 6 kali.

Menurut pihak Oppo, hp terbaru ini memberikan tampilan mulus yang lebih menarik dengan membuat cover belakang lebih halus untuk disentuh sekaligus tampil lebih ramping dan tahan lama daripada lapisan kulit imitasi lainnya.

Sementara varian warna starry black menciptakan penampilan menyerupai efek langit berkilau bintang di malam hari. Varian ini menggunakan Oppo Glow ikonik yang merupakan ciri khas dari desain smartphone seri Reno  yang tidak mudah kotor saat terkena bekas sidik jari.

Sedangkan bentuk fisiknya sudah lumayan  kekinian dengan frame datar dan ketebalan hanya 7,99 mm untuk Starry Black dan 8,04 mm untuk Sunset orange.

Oppo a77s termasuk hp yang ringan karena bobotnya sendiri hanya 187 gram untuk  yang Starry Black dan 190 gram untuk Sunset orange.

2. Tahan Debu dan Percikan Air


Pihak Oppo menyebutkan kalau body smartphone ini mengusung rating ip5x dan ipx4. Jadi, unit ini punya ketahanan terhadap debu dan percikan air.

Ingat, hanya percikan air jadi tidak disarankan untuk mencoba dicelupkan ke dalam air. Tapi, kalau cuma terkena percikan air hujan tidak masalah.

Hal ini termasuk kelebihan karena jarang terlihat smartphone di harga 3 jutaan yang sudah memiliki sertifikasi ip5x dan ipx4.

3. Baterai Awet dan Tahan Lama


Oppo a77s hadir dengan baterai berkapasitas 5000 mAh dengan dukungan fast charging 33W super VOOC.

Saat melakukan pengujian baterai dengan video playback 1080p, smartphone ini bisa bertahan hingga 22 jam 25 menit. Ini merupakan hasil yang terbilang bagus karena hp lain biasanya hanya 16-20 jam saja.


Sedangkan pengujian lainnya adalah dengan menampilkan video YouTube  1080p 30 FPS selama 30 menit dan hasilnya baterai hp ini berkurang hanya 3%. Selanjutnya, buka aplikasi tiktok selama 30 menit dan hasilnya baterai juga berkurang hanya 3%.

Untuk pengisian daya dari 0% sampai 50% hanya memakan waktu sekitar 27 menit saja dan pengisian dari 0% sampai 100% membutuhkan waktu 1 jam 12 menit saja.

Pengisian daya yang cepat dan baterai yang awet seharian tentu akan membuat pengguna senang karena tidak perlu mengisi daya terlalu sering.

4. RAM dan ROM yang besar


Selain baterainya yang  besar, memori yang disematkan di Oppo a77s juga cukup besar yaitu RAM 8 GB lpddr4x dan internal storage 128gb ufs 2.2.

Unit ini juga memiliki fitur RAM expansion yang berfungsi untuk  menambahkan virtual RAM sebesar 5 GB. Selain RAM, memori internal juga bisa ditambah melalui slot micro SD sampai 1 TB.

5. Ultra Linear Stereo


Oppo a77s hadir dengan membawa 2 buah speaker yang letaknya di bagian bawah dan satunya merangkap sebagai earpiece.

Kualitasnya sudah mencukupi dan suara yang dihasilkan akan terasa lebih seimbang daripada  menggunakan smartphone yang cuma satu speaker saja.

Dengan adanya 2 speaker, pengguna akan merasa nyaman saat menonton film, main game dan kebutuhan lainnya yang membuat hp harus posisi horizontal.

Kekurangan Oppo a77s


Setelah membahas kelebihan Oppo a77s, selanjutnya adalah membahas hal-hal yang harus diperhatikan sebelum membeli Oppo a77s karena ada beberapa kekurangan yang mungkin membuat Anda enggan membeli unit ini.

1. Performa kurang mumpuni


Chipset yang digunakan di hp ini ternyata masih sama dengan generasi sebelumnya, padahal akan lebih baik jika terdapat peningkatan di bagian performa.

Performa dari Snapdragon 680 ini masih belum cukup mumpuni jika  dibandingkan dengan performa HP 3 jutaan lainnya.

2. Layar yang Biasa Saja


Jika dibandingkan dengan pasar smartphone 3 jutaan, layar Oppo a77s   ini akan terkesan biasa. Hadir dengan desain jadul waterdrop, display layar berukuran 6,56 inci berpanel IPS LCD. Resolusinya juga cuma HD+, namun dibantu dengan refresh rate yang sudah 90 Hz.

Jadi, meskipun tidak sejernih dan setajam layar HP 3 jutaan lain yang sudah AMOLED maupun FHD+, unit ini bisa digunakan untuk membuka tiktok  maupun sosial media lainnya dengan gerakan yang mulus.

Dengan spek layar yang minim seperti ini aakan membuat kinerja smartphone menjadi lebih ringan. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor kalau baterai di Oppo a77s tergolong awet dan bisa bertahan seharian.

3. Minim fitur terbaru


Dari segi konektivitas sebenarnya cukup lengkap, ada bluetooth 5, WiFi 5, tersedia Jack audio 3,5 mm USB-C yang sudah support OTG.


Tapi, sayangnya HP 3 jutaan ini tidak memiliki NFC yang saat ini sangat berguna bagi pengguna yang cashless.

Selain itu, untuk sensornya juga cukup lengkap, hanya saja bagian gyroscope masih virtual  sehingga bisa dikatakan tidak memiliki gyro.

4. Kamera yang Kurang Lengkap


Untuk setup kamera, bagian depan terdapat kamera selfie 8 MP dan bagian belakang cukup disayangkan karena HP 3 jutaan ini cuma   mengandalkan kamera utama saja dengan satu kamera bonus.

Tanpa adanya kamera ultra wide yang lebih banyak dicari ketimbang kamera  depth maupun macro tentu membuat beberapa orang ragu untuk membeli hp terbaru ini.

Tapi, paling tidak kamera utama udah kamera kekinian dengan 50 MP. Untuk hasil foto memang terbilang cukup bagus, fiturnya juga beragam mulai dari night mode, portrait mode dan pro mode.

Namun, untuk perekaman video, perlu diperhatikan karena kamera depan   dan kamera belakang hanya mampu  merekam hingga resolusi 1080p 30 FPS dan keduanya juga tidak punya stabilizer.

Cara untuk meminimalisir guncangan saat merekam video, pengguna bisa merekam dengan bantuan tongsis atau gimbal.

Penutup


Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan sebelum membeli Oppo a77s sehingga Anda tidak menyesal.

Jika kekurangan yang disebutkan tidak menjadi masalah serius untuk   kebutuhan Anda maka HP ini cocok untuk Anda beli.

Dengan fitur yang disematkan, sepertinya Oppo a77s ini adalah smartphone yang disediakan Oppo untuk orang-orang dengan pemakaian yang ringan seperti chatting, buka sosmed dan nonton film

Get notifications from this blog