√ 9 Kesalahan yang Sering dilakukan Pengguna iPhone - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

16 Sep 2022

9 Kesalahan yang Sering dilakukan Pengguna iPhone

Penyebab iPhone cepat rusak
Kesalahan pengguna iPhone



iPhone adalah smartphone mahal dengan kualitas tinggi, tidak heran banyak orang yang ingin memiliki smartphone ini untuk merasakan pengalaman yang lebih baik lagi.

Tapi, banyak juga pengguna iPhone yang tidak tahu tentang tata cara memakai iPhone yang baik dan benar sehingga device yang mereka pakai akan cepat rusak.

Magersena akan memberitahu Anda kesalahan yang sering dilakukan pengguna iPhone, jika Anda sedang melakukan kesalahan yang ada di bawah ini lebih baik langsung hentikan supaya iPhone tidak tambah rusak.

1. Menunda Update IOS


Hal yang sering dilakukan oleh beberapa pengguna iPhone adalah menunda uodate IOS, padahal update sistem merupakan hal penting untuk membuat iPhone berfungsi lebih baik lagi.

Jika Anda menunda update apalagi sampai ada loncatan versi IOS maka hal tersebut bisa menyebabkan error di beberapa aspek pada iPhone.

Error tersebut bisa berupa blank yang mengharuskan restore data, terhenti di logo Apple saat restart dan mungkin ada error aneh lainnya yang pernah dialami pengguna iPhone.

Jadi, jika Anda ketinggalan update IOS maka lebih baik lakukan sekarang juga supaya iPhone bisa berfungsi dengan baik dan semua bug yang ada akan menghilang.

2. Memakai Aksesoris Palsu


Kesalahan kedua adalah memakai aksesoris iPhone palsu atau aksesoris dengan kualitas rendah. Hal ini sangat berbahaya karena jika dipakai dalam jangka panjang maka akan merusak device iPhone Anda.

Aksesoris palsu biasanya terdapat pada kabel data, adapter charger bahkan unit dari iPhone itu sendiri. Anda bisa baca artikel berikut untuk membedakan iPhone asli dan iPhone palsu.

Jika Anda memakai adapter charger palsu maka daya yang masuk ke baterai iPhone menjadi tidak stabil sehingga menyebabkan device menjadi lebih panas dan mudah rusak.

Jika Anda baru menyadari bahwa charger iPhone Anda palsu maka hentikan penggunaan dan langsung membeli charger iPhone asli dari merk terpercaya.

3. Jarang Melakukan Backup Data


Walaupun hanya 5 GB saja untuk melakukan backup secara gratis, tapi backup data adalah hal penting dan sayang jika tidak dilakukan.

Backup data akan berguna jika suatu saat iPhone Anda error dan terpaksa harus restore dengan menghapus semua data maka Anda bisa mendapatkan kembali data yang sudah terhapus itu di iCloud.

Untuk melakukan backup data di iPhone sangat mudah, Anda tinggal masuk ke aplikasi pengaturan > pilih Apple ID > pilih menu iCloud > atur aplikasi yang ingin Anda backup.

4. Jarang Restart iPhone


Hal ini sebenarnya tidak terlalu penting, tapi jika Anda ingin benar-benar menjaga iPhone supaya tidak rusak maka Anda bisa restart iPhone sebulan sekali.

Matikan iPhone Anda dan biarkan selama beberapa menit, kemudian Anda nyalakan dan gunakan seperti biasanya.

Dengan matikan iPhone maka sistem bisa istirahat dan saat dinyalakan device akan menampilkan status baterai yang lebih akurat.

Itulah kenapa saat Anda update IOS, angka baterai akan berkurang. Hal itu terjadi karena Anda jarang Restart iPhone sehingga persentase baterai jadi tidak akurat.

5. Tidak Memakai Anti Gores


Hal ini sangat penting walaupun iPhone klaim aman karena sudah memakai gorilla glass tapi kenyataannya layar iPhone masih gampang tergores.

Anda bisa memakai anti gores biasa yang penting bisa melindungi layar iPhone dari goresan kegiatan sehari-hari. Anda juga bisa memakai anti gores belakang jika memungkinkan.

6. Charging iPhone Dalam Suhu Panas


Hal yang mungkin pernah Anda lakukan sebagai pengguna iPhone adalah charge iPhone dalam suhu panas, hal ini tentu sangat berbahaya.

Charge iPhone dalam keadaan panas bisa merusak kesehatan baterai dan akan merusak komponen penting yang ada di dalam iPhone.

Jika iPhone sedang panas, lebih baik Anda taruh di ruangan yang sejuk supaya suhu cepat turun dan setelah iPhone tidak panas Anda bisa langsung charge.

Pastikan ruangan tidak terasa panas saat charge iPhone karena jika ruangan panas iPhone yang Anda charge juga bisa mengalami kenaikan suhu dan menjadi panas saat charge.

7. iPhone Sering Low-Battery


Jika Anda sering menggunakan iPhone sampai baterainya hampir habis maka hentikan kebiasaan tersebut jika Anda tidak mau iPhone cepat rusak.

Apalagi jika baterai iPhone sedikit, suhu iPhone panas dan Anda langsung charge iPhone maka kemungkinan besar iPhone akan mengalami kerusakan berat.

Disarankan untuk langsung charge iPhone saat baterai mencapai angka 20% untuk menjaga kesehatan baterai iPhone dan jangan sambil dimainkan supaya suhu tetap terjaga.

8. Main Game Sambil Charge


Tidak hanya iPhone, semua smartphone juga tidak disarankan untuk bermain game apalagi online sambil charge. Apalagi jika device Anda memakai fast charging maka akan membuat iPhone jadi cepat panas.

Pastinya jika Anda sering melakukan hal ini sampai berhari-hari maka kesehatan baterai iPhone akan menurun dan penggunaan baterai akan terasa boros.

Jika Anda sudah terlanjur melakukannya, langsung hentikan kebiasaan itu dan hindari suhu panas berlebih pada iPhone supaya device tidak tambah rusak.

9. Mengaktifkan Semua Notifikasi


Jika akhir-akhir ini baterai iPhone Anda terasa boros, hal itu mungkin karena Anda mengaktifkan semua notifikasi aplikasi yang ada di iPhone sehingga memaksa device bekerja lebih keras.

Semakin banyak notifikasi yang Anda aktifkan maka akan semakin menguras daya baterai iPhone Anda, jika ada aplikasi yang dirasa kurang penting maka lebih baik matikan notifikasinya.

Untuk mengatur notifikasi aplikasi, Anda masuk ke aplikasi pengaturan > pilih menu aplikasi > atur notifikasi yang ingin diaktifkan dan dimatikan.

Get notifications from this blog