√ 11 Fitur Penting iPhone yang Tidak Boleh Anda Matikan - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

13 Sep 2022

11 Fitur Penting iPhone yang Tidak Boleh Anda Matikan

Fitur yang tidak boleh mati



iPhone adalah smartphone yang memiliki keunggulan dan keunikan tersendiri, hal tersebut menjadi salah satu aspek HP iPhone lebih baik dari HP Android.

iPhone memiliki beberapa fitur yang memudahkan pengguna, saking banyaknya membuat pengguna bingung mana yang harus digunakan dan mana yang harus dibiarkan.

Magersena akan memberitahu Anda fitur penting iPhone yang tidak boleh Anda matikan. Jika Anda baru membeli iPhone dan ingin iPhone tetap berguna maka informasi ini akan membantu.

1. Find My Location


Ini adalah salah satu fitur yang paling penting di iPhone dan berguna jika sewaktu-waktu Anda kehilangan iPhone dan ingin mencari lokasi terakhir smartphone.

Anda buka aplikasi pengaturan > pilih menu Apple ID > pilih menu Find My > pilih menu Find My iPhone > aktifkan tiga fitur yang ada di halaman tersebut.

Selanjutnya, Anda kembali ke halaman utama pengaturan > pilih menu privacy > pilih location service > pilih System services > aktifkan fitur Find My iPhone dengan geser tombol toogle.

2. Recovery Contact


Anda buka aplikasi pengaturan > pilih akun Apple ID > pilih password & security > pilih account recovery > terakhir anda pilih recovery contact > selesaikan langkah-langkah yang diberikan.

Fitur ini tidak boleh dimatikan karena berfungsi jika sewaktu-waktu iPhone Anda lupa password maka kontak yang sudah ditambahkan di recovery contact bisa mengaktifkan device iPhone Anda kembali.

3. Protect Mail Activity


Masih di menu privacy, Anda tidak boleh mematikan fitur Protect Mail Activity, Anda bisa aktifkan kembali di privacy > privacy protection > geser tombol toogle fitur.

Fitur ini harus selalu aktif untuk melindungi Anda dalam menerima dan mengirim email ke orang lain, jika fitur ini mati maka ada kemungkinan IP Address iPhone bocor dan Anda akan menerima email gak jelas.

4. Private Address WiFi


Anda buka aplikasi pengaturan > pilih menu WiFi > pilih icon informasi di sebelah kanan > aktifkan private Address.

Fitur ini sangat penting untuk Anda yang benar-benar peduli dengan privasi, jika fitur ini dimatikan dan Anda sedang memakai WiFi gratis maka semua website yang Anda kunjungi bisa disadap.

5. Optimize Baterai Charging


Anda buka aplikasi pengaturan > pilih menu baterai > pilih menu baterai health > aktifkan fitur optimize baterai charging.


Fitur ini sangat penting untuk menjaga kesehatan baterai dan mencegah kerusakan pada baterai iPhone Anda. Jika Anda matikan fitur ini dan charge iPhone tanpa aturan maka masa pakai baterai iPhone Anda akan menurun.

6. Background App Refresh


Anda buka aplikasi pengaturan > cari menu background App refresh > akan terlihat banyak aplikasi, Anda aktifkan beberapa aplikasi yang ingin Anda refresh setiap menit.

Fitur ini berfungsi untuk mengatasi delay pada aplikasi dan mendapatkan notifikasi terbaru secepat mungkin dari aplikasi. Tapi, Anda jangan aktifkan semua aplikasi karena bisa mengurasi baterai iPhone.

7. Safari Tracking


Fitur ini sangat berguna saat Anda membuka website memakai browser Safari. Anda buka pengaturan > pilih menu privacy > cari dan pilih aplikasi Safari > scroll ke bawah dan aktifkan fitur Prevent Cross-Site Tracking.

Saat Anda membuka sebuah website dan melakukan hal dengan mengaktifkan fitur ini maka website tersebut tidak bisa tracking semua aktivitas Anda.

8. Live Text


Anda buka aplikasi pengaturan > pilih menu general > pilih menu language > aktifkan fitur live Text dengan geser tombol toogle di sebelah kanan.

Selanjutnya, Anda kembali ke halaman utama pengaturan > pilih kamera > aktifkan fitur show detected Text > coba gunakan kamera untuk menangkap text.

Dengan mengaktifkan fitur ini, kamera iPhone bisa mengambil text pada objek yang disorot dengan akurat. Jika tidak kurat berarti Anda lupa mengaktifkan detected text.

9. Offload Apps


Anda buka aplikasi pengaturan > pilih menu App Store > aktifkan fitur offload apps dengan geser tombol toogle.

Dengan mengaktifkan fitur ini, aplikasi yang terinstal dan sudah tidak digunakan lebih dari 3 minggu akan disable oleh sistem tapi data di aplikasi tersebut tersimpan di cloud.

Jika Anda matikan fitur ini dan menginstal banyak aplikasi tapi tidak digunakan maka penyimpanan iPhone akan penuh tanpa disadari.

10. AutoFill Password


Fitur ini menyangkut dengan email, Apple ID dan akun lainnya. Anda buka aplikasi pengaturan > pilih menu password > aktifkan fitur AutoFill Passwords.

Dengan mengaktifkan AutoFill Passwords, saat Anda login dan masukan email maka password akan langsung muncul di keyboard tanpa perlu mengetik ulang.

Sedangkan, fitur bawahannya yaitu security recommendation berfungsi untuk mengecek password apakah password yang Anda buat sudah kuat atau lemah.

11. Date & Time


Fitur ini sangat penting untuk Anda yang sering berpergian jauh ke luar kota, jika Anda matiian date & time dan Anda melakukan perjalanan jauh maka waktu di iPhone Anda tidak sesuai dengan waktu aslinya.

Selain itu, saat fitur date & time mati maka sistem notifikasi akan kacau karena ditentukan oleh waktu dan laporan lokasi saat ini akan tidak berfungsi.

Get notifications from this blog