√ Android 13 VS IOS 16, Mana yang Lebih Bagus ? - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

13 Agu 2022

Android 13 VS IOS 16, Mana yang Lebih Bagus ?

IOS 16




Android dan IOS sudah siap merilis fitur baru, android dengan android 13 tiramisu sedangkan IOS dengan IOS 16 yang keduanya sama-sama memiliki fitur baru.

Di IOS 16, Anda bisa tahan foto dan mengeluarkan objek untuk dikirim melalui message, sedangkan Android 13 Anda bisa copy text dan muncul pop-up untuk share dan edit sebelum paste.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu beberapa fitur baru dan membandingkan mana yang lebih bagus, apakah IOS 16 atau Android 13.

Desain


Dari sisi desain, kedua sistem operasi ini sama-sama tidak mendapatkan perubahan besar. IOS 16 dan Android 13 tetap bertahan di konsep desain sebelumnya.

Android 13 dengan material U yang mengusung konsep datar dengan desain simpel dan minimalis tapi tetap terlihat jernih.

Sedangkan IOS 16, mempertahankan desain 3D yang lebih kompleks dengan transparansi dan efek shadow dimana-mana tapi tetap terlihat mewah.

Lockscreen


Untuk lockscreen, IOS 16 mendapatkan perubahan yang besar, Anda bisa custom lockscreen sendiri mulai dari wallpaper, warna, emoji dan foto dari galeri.

IOS 16 juga bisa memisahkan objek dan background untuk membuat efek transisi yang keren. Anda juga bisa mengganti font jam dan menambahkan widget.

Tapi, ada fitur terbaru yang disukai banyak orang di IOS 16 adalah membuat banyak tipe lockscreen dan menghubungkan satu sama lain dengan fokus masing-masing.

Lockscreen di Android 13 tidak mengalami banyak perubahan, tapi ada satu fitur yang menarik yaitu Anda bisa mengatur smarthome device tanpa harus membuka kunci terlebih dahulu.

Walau begitu, Android 13 memiliki banyak shortcut action yang baru ditambahkan, seperti scan QR untuk memudahkan scan QR di HP dan beberapa aksesibilitas seperti one hand mode dan color correction.

Search bar


Untuk search bar, kedua sistem operasi ini mendapatkan tampilan baru. Apple memindahkan search bar ke bawah di IOS 16 supaya mudah saat mencari sesuatu, mulai dari foto, file, video, internet dan lainnya.


Sedangkan di Android 13, Google tetap meletakkan seacrh bar di bagian atas tapi dilengkapi dengan pencarian ke google search yang bisa dibuka secara otomatis. Hal yang menarik, fitur di search bar ini adalah opsi yang bisa Anda hidupkan dan matikan. 

Fitur fokus


Di IOS 16, fitur fokus menjadi salah satu yang dirubah besar-besaran oleh Apple. Selain tipe lockscreen, Anda juga bisa mengatur fokus filter yang memberi Anda mode kerja, mode main, mode keluarga dan lainnya.

Sedangkan di Android 13, fitur fokus masih tetap seperti versi sebelumnya dengan aturan jadwal aplikasi, silent app standar secara manual. Meskipun di One UI itu multi fokus bisa ditambahkan oleh pengguna.

Life text video


Ini adalah salah satu fitur baru yang ditambahkan di IOS 16 tapi belum tampak di Android 13 sampai di seri Beta 3. Untuk copy text di foto, baik IOS dan Android sudah sama-sama powerful.

Android mempunyai google lens yang bisa mendeteksi teks dengan cepat lalu menterjemahkannya, sedangkan di IOS tidak hanya teks di foto tapi juga bisa mendeteksi teks di sebuah video.

USB OTG


Salah satu keunggulan dari Android 13 dibandingkan IOS 16 adalah fitur USB OTG. Fitur ini mendapatkan update besar dari Google, Android 13 dibekali dengan support file system ExFat.

ExFat mempunyai beberapa kelebihan seperti bisa dibaca cross-platform, mempunyai limit file yang lebih besar dan bisa mengakses flashdisk atau storage dengan cepat.

Bluetooth LA Audio


Android 13 juga sudah support Bluetooth LA Audio yang bisa menghasilkan kualitas audio yang lebih baik dari sebelumnya.

Fitur ini juga bisa menghemat baterai TWS yang Anda gunakan dan memperbagus suara walaupun Anda memakai earphone standar.

Fleksibilitas


Meskipun di IOS 16 ada peningkatan melalui custom lockscreen yang sudah dijelaskan di atas. Tapi harus diakui kalau Android 13 juga memiliki fleksibilitas yang lebih bagus.

Di Android 13, Anda bisa mengatur bahasa di tiap aplikasi dan tidak harus mengikuti bahasa sistem, NFC profile bisa dipisah di masing-masing user dan ada bandwith limiter yang mengatur batas kecepatan download.

Tapi, ada satu fitur di IOS 16 yang sangat canggih, yaitu Anda bisa memisahkan objek di sebuah foto hanya dengan tahan di layar lalu geser.

Privasi dan keamanan


Untuk privasi dan keamanan, kedua sistem operasi ini sama-sama mendapatkan peningkatan yang signifikan.

IOS 16 menyediakan fitur personal safety melalui safety check yang bisa mengatur sharing dan berbagai akses yang bisa pengguna berikan ke orang tertentu.

Anda juga bisa melihat siapa saja yang mendapatkan akses khusus dan bisa riset keamanan hp dengan fitur emergency reset.

Android 13 tidak mau kalah, Google menambahkan private foto picker supaya aplikasi tidak bisa mengakses foto yang bisa sembunyikan. Ada juga fitur izin akses yang membuat aplikasi tidak bisa leluasa mengakses smartphone.

Android 13 juga memisahkan izin akses media menjadi beragam, mulai dari foto, video, audio dan lainnya. Google juga membekali fitur untuk membatasi aplikasi yang pengguna instal di luar playstore.

Manajemen baterai


Ada satu fitur kompleks di Android 13 yang bisa mengatur penggunaan power di smartphone dengan cara mengizinkan atau menolak permintaan dari aplikasi yang terinstal berdasarkan sisa kapasitas baterai.

Fitur ini tentu membuat hp yang memakai sistem operasi Android 13 memiliki baterai yang awet dan tahan lama dibandingkan OS versi sebelumnya.

Sedangkan di IOS 16 tidak ada info tentang manajemen baterai tapi ada beberapa aplikasi bawaan yang diperbaharui sehingga bisa menghemat kapasitas baterai.

Penutup


Itulah beberapa keunggulan dan kekurangan dari Android 13 dan IOS 16, silahkan Anda tentukan sendiri sistem operasi mana yang memiliki kualitas terbaik dan membantu pengguna smartphone.

Get notifications from this blog