√ 4 Cara Terbaru Membuka Akun Google yang Lupa Kata Sandi - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

4 Cara Terbaru Membuka Akun Google yang Lupa Kata Sandi

Gmail merupakan email yang dimiliki oleh Google, hampir semua orang Indonesia memakai Gmail sebagai media untuk kebutuhan sehari-hari, mulai dari membuat akun sosmed, mengirim pesan penting dan lainnya.

Gmail biasanya berisi pesan penting dan terhubung ke berbagai sosial media, jadi Gmail harus tetap bisa diakses supaya data kita tetap aman.

Tapi, ada beberapa orang yang tidak peduli dengan Gmail sehingga mereka lupa dengan kata sandi akun google yang sudah dibuat.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu cara terbaru membuka akun google yang lupa kata sandi di HP Android. Cara ini tidak menjamin akun google anda 100% terbuka tapi setidaknya Anda sudah mencoba.

1. Dengan menu lupa sandi


Pertama, Anda masuk ke aplikasi browser Google Chrome. Jika tidak ada, Anda bisa pakai aplikasi browser apapun tapi disarankan memakai Chrome supaya lebih nyaman.

Kemudian Anda ketik di kolom url www.google.com untuk masuk ke halaman utama Google. Anda pilih login untuk mulai memasukkan akun.

Anda masukan Gmail yang lupa kata sandi ke kolom yang ada dan pilih berikutnya. Lalu, Anda pilih "lupa sandi" dan masukan kata sandi yang terakhir kali Anda ingat.

Jika tidak ingat sama sekali maka pilih "coba cara lain" dan akan muncul menu pemulihan menggunakan nomor hp. Masukan nomor hp yang terhubung dengan email dan pilih kirim.

Kemudian masukan kode verifikasi dari pesan yang dikirim oleh Google dan pilih berikutnya. Terakhir, Anda diminta untuk memasukkan kata sandi baru untuk akun Google yang lupa kata sandi.

Bagaimana jika nomor hp yang terhubung ke akun google sudah tidak aktif atau hilang ?

Pada menu verifikasi nomor HP, Anda pilih "saya tidak memiliki ponsel" maka akan muncul menu pemulihan menggunakan akun Gmail yang terhubung.

Jika Gmail yang lupa kata sandi terhubung dengan Gmail lain yang pernah Anda buat maka masukan Gmail tersebut sebagai media verifikasi.

Kode verifikasi akan dikirim oleh Google ke akun Gmail pemulihan Anda. Jika tidak ada Gmail yang terhubung maka kemungkinan besar akun google Anda tidak bisa dibuka.

Jadi, ada 2 cara yang tersedia yaitu menggunakan nomor telepon yang terhubung dan akun Gmail lain yang terhubung.

Tapi, untuk pemulihan lewat Gmail tidak 100% akun google Anda bisa diakses karena ada kasus beberapa orang yang gagal membuka Gmail yang lupa kata sandi walaupun terhubung dengan Gmail lain.

2. Memakai aplikasi Google bawaan


Jika akun google yang lupa kata sandi tersimpan di smartphone Anda maka sandi bisa dilihat dengan aplikasi google bawaan hp.

Pertama, Anda buka aplikasi Google dan pilih icon profil di pojok kanan atas. Anda akan melihat akun google yang tersimpan di HP dan salah satu dari akun tersebut mungkin menyimpan sandi akun google yang lupa.

Anda pilih email yang sering digunakan di HP > pilih profil akun > pilih kelola akun google Anda maka Anda akan masuk ke menu konfigurasi akun google.


Kemudian pilih menu keamanan dan cari fitur pengelola sandi yang menyimpan sandi akun google yang terhubung ke HP.

Membuka email lupa sandi



Jika tulisannya mengatakan tidak ada sandi yang tersimpan berarti akun google tersebut tidak menyimpan sandi akun manapun.

Selanjutnya, Anda keluar dari akun > masuk ke akun google yang lain > lakukan hal yang sama. Jika tulisan di fitur pengelola sandi mengatakan ada sandi yang tersimpan berarti Anda bisa melihat sandi google yang tersimpan.

Pilih pengelola sandi > masukan sandi layar kunci HP Anda > disini Anda bisa melihat sandi akun google yang lupa dengan menekan icon mata. Anda juga bisa mengubah sandi dengan memilih menu edit.

3. Melihat sandi Gmail yang tersimpan


Selain aplikasi Google bawaan HP, Anda juga bisa melihat sandi Gmail yang tersimpan di aplikasi lain seperti Google Chrome dan Chrome Dev.

Anda update aplikasi Chrome ke versi terbaru dan buka aplikasinya. Pada halaman utama, Anda pilih icon profil dan masukan pilih salah satu akun Gmail yang ada.

Kemudian tunggu sampai proses login selesai, pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan > pilih sandi. Pada menu sandi, Anda akan melihat akun google beserta sandi yang tersimpan di aplikasi Chrome.

Jika akun google yang lupa kata sandi tidak ada di menu tersebut, Anda harus memakai aplikasi Chrome Dev untuk solusi terakhir.

Anda instal aplikasi Chrome Dev di playstore dan buka aplikasinya. Pada halaman aktifkan sinkronisasi, pilih akun google yang pernah login bersamaan dengan akun google yang lupa kata sandi.

Anda pilih setuju dan tunggu sampai proses sinkronisasi selesai. Setelah itu, Anda pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan > pilih sandi > pilih akun google yang lupa kata sandi untuk melihat sandi yang tersimpan.

4. Memakai layanan bantuan Google


Cara terakhir untuk membuka Gmail yang lupa kata sandi adalah menggunakan layanan bantuan Google.

Layanan ini membantu pengguna untuk memulihkan akun google dengan mengirim pesan langsung ke pihak Google dan Google akan menanggapi pesan tersebut selama 48 jam.

Caranya Anda buka layanan bantuan Google melalui link di bawah ini.


Langkah selanjutnya, Anda harus mengisi semua hal yang ada di form tersebut. 

  1. Pilih "Ya" jika akun yang lupa kata sandi adalah Google Mail (Gmail)
  2. Masukan alamat email yang lupa kata sandi
  3. Masukan alamat email yang terhubung ke HP Anda saat ini. Pihak Google akan mengirim pesan ke email ini sebagai respon atas permasalahan Gmail Anda
  4. Jelaskan permasalahan yang ada pada akun google tersebut, misalnya lupa kata sandi atau pemulihan akun. Pastikan penjelasannya memakai bahasa Inggris

Setelah semuanya sudah terisi, Anda pilih submit dan muncul pemberitahuan bahwa pesan sudah terkirim ke google dan harus menunggu selama 2-3 hari.

Jika balasan dari Google berhasil maka Anda akan diberi panduan untuk memulihkan akun Google dan memasukkan kata sandi baru.

Get notifications from this blog