√ Koneksi Internet Jadi Anti Lemot dengan 4 Cara Ini - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

31 Mei 2022

Koneksi Internet Jadi Anti Lemot dengan 4 Cara Ini

Mengatasi internet lemot


Pernahkah Anda merasa jengkel saat sambungan internet sedang lambat? Padahal bisa jadi Anda sedang memerlukan internet untuk sesuatu yang penting atau urgent, misalnya saat sedang meeting online atau saat sedang seru-serunya main game online.

Siapa yang tidak merasa terganggu jika koneksi internet tiba-tiba lemot. Saat ini internet rasanya sudah menjadi kebutuhan harian yang tidak bisa kita lepas. Dari mulai bekerja sampai refreshing dengan smartphone, semuanya memerlukan internet.

Koneksi internet yang lancar dan anti lemot memang sangat diperlukan. Misalnya saat meeting kerja dengan Zoom, pasti memerlukan internet yang anti lemot agar lancar. Bagi yang suka main game online juga pastinya perlu internet yang lancar untuk gaming. Apalagi game yang melibatkan transaksi keuangan seperti betting online di W88. Pasti kita tidak mau transaksi terganggu karena koneksi internet yang lemot.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar koneksi internet lebih lancar. Inilah 4 tips internet anti lemot yang mudah dilakukan:

1. Memblokir Iklan Pop-Up


Salah satu hal yang membuat internet menjadi lemot adalah munculnya iklan pop-up. Iklan pop-up adalah iklan yang otomatis muncul saat kita membuka halaman situs atau aplikasi tertentu.

Saat muncul, iklan ini tentunya akan memakan kuota internet dan memori smartphone untuk menjalankan prosesnya. Karena itu, saat iklan ini akan muncul, biasanya ponsel menjadi lebih lemot.

Untungnya iklan pop-up yang tidak diinginkan ini bisa dicegah. Beberapa smartphone telah memiliki fitur bawaan Adblock yang akan memblokir iklan pop-up saat diaktifkan. Carilah fitur ini pada menu pengaturan. 

Jika ponsel Anda tidak memiliki fitur ini, Anda bisa mengunduh aplikasi ad-blocker secara gratis dari Google Play Store atau App Store.

2. Menggunakan Lite Mode


Cara lain agar smartphone Anda tidak lemot adalah dengan menggunakan mode lite dari aplikasi yang diunduh. Beberapa aplikasi memiliki pilihan lite mode, yang artinya lebih ringan saat dibuka. 

Dengan menggunakan aplikasi dalam lite mode, transfer data yang terjadi saat mengakses aplikasi ini lebih kecil dari mode biasa, sehingga loadingnya menjadi lebih cepat.

Menggunakan lite mode selain bisa membuat aplikasi berjalan lebih cepat, juga dapat menghemat data kuota internet. Misalnya, penggunakan aplikasi Google Chrome dalam lite mode bisa menghemat transfer data hingga 60%.

Namun saat mode lite diaktifkan, kadang ada fitur yang tidak bisa digunakan. Misalnya resolusi dan kualitas grafik yang tidak sedetail atau sejernih saat menggunakan mode biasa.

3. Menghapus Cache


Saat kita berselancar internet, ada data cache yang tersimpan. Data cache ini memang dapat membantu kita, misalnya saat kita ingin mengunjungi lagi situs yang pernah dikunjungi, dengan adanya cache proses ini lebih cepat dan mudah.


Tapi saat cache menumpuk, hal ini juga bisa menyebabkan internet menjadi lemot. Karena itu, disaranka untuk menghapus cache secara teratur dari browser Anda agar internet menjadi semakin lancar.

4. Menggunakan VPN


Cara lain agar internet anti lemot adalah dengan menggunakan VPN. Aplikasi VPN dapat diunduh secara gratis dan ada juga yang berbayar dengan fitur yang lebih lengkap.

Aplikasi VPN juga dapat digunakan untuk mengakses situs yang diblokir pemerintah. Saat menggunakan VPN untuk fungsi ini, pastikan Anda menggunakan IP Address di negara yang tidak memiliki aturan khusus mengenai situs yang akan diakses.

Saat ini ada banyak pilihan aplikasi VPN yang bisa diunduh di ponsel. Pastikan untuk membaca review dan ratingnya untuk menentukan aplikasi VPN yang paling tepat untuk digunakan di ponsel Anda.

Get notifications from this blog