Cara Baru Memperbaiki HP yang Rusak Terkena Air

HP jatuh ke dalam air




Ketika HP terjatuh ke dalam air atau terkena tumpahan air pasti Anda akan panik karena HP mengalami beberapa error yang mengganggu.

Tapi, hal yang penting adalah langkah Anda dalam menanggapi kerusakan tersebut. Jika Anda mempunyai pengalaman tentang HP yang terkena air pasti Anda akan melakukan sesuatu untuk meminimalisir kerusakan.

Lain halnya jika Anda belum pernah mengalami kejadian HP terkena tumpahan air, pasti Anda akan panik karena tidak tahu cara mengatasinya.

Magersena akan memberitahu beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki HP yang rusak karena terkena air.

Ciri-ciri HP rusak karena terkena air


Ada beberapa tanda yang bisa Anda lihat dan menjadi bukti kuat bahwa HP Anda rusak karena terkena air.

Ada bayangan dan bercak air pada layar HP disertai penguapan di bagian belakang HP.

Warna Liquid Damage Indicator (LDI) yang berubah. LDI biasanya terletak di jack headphone, tempat baterai dan slot kartu SIM. Jika HP terkena air maka LDI akan terlihat merah atau maroon.

Cara memperbaiki HP yang terkena air


Ada banyak media online yang memberikan langkah yang harus dilakukan jika HP jatuh ke dalam air. Artikel tersebut menunjukkan bahwa membiarkan HP selama beberapa hari bisa membuat HP berfungsi normal kembali.

Tapi, kenyataannya tidak begitu. Setiap HP mempunyai internal yang berbeda dan HP yang terkena air memiliki tingkat kerusakan yang berbeda juga.

Cara ini mungkin tidak bisa memperbaiki semua HP. Tapi, setidaknya Anda bisa meminimalisir kerusakan HP tersebut.

1. Matikan HP segera


Jika HP dibiarkan menyala setelah jatuh ke dalam air maka akan menyebabkan masalah pada muatan listrik karena konduktivitas HP sudah terkena percikan air.

Oleh karena itu, HP harus langsung dimatikan setelah jatuh ke dalam air supaya muatan listrik internal HP mati dan tidak akak error karema percikan air.

2. Bersihkan HP dengan kain lembab


Cara ini akan membuat HP basah lagi, tapi jika HP Anda jatuh ke dalam air asin maka cara ini harus dilakukan. Bagian korosif pada air asin bisa merusak komponen internal ponsel jika tidak dihilangkan.

3. Lepaskan komponen luar HP


Jika ada komponen HP yang bisa dilepas maka lepaskanlah, hal ini bertujuan untuk mencegah percikan air masuk ke komponen yang lebih dalam.


Lepaskan kartu SIM, kartu memori dan baterai HP (untuk beberapa HP). Usahakan HP jangan tergoncang karena bisa membuat air yang ada di HP masuk ke komponen sensitif.

4. Keringkan dengan kain lembut


Gunakan kain lembut untuk mengeringkan HP, pastikan kain itu bebas kotoran dan cairan supaya tidak memperparah kerusakan HP.

Lap bagian HP yang bisa terlepas seperti tempat kartu SIM, kartu memori, baterai dan lainnya. Tapi, tidak semua bagian HP harus diusap sembarangan. Ada beberapa bagian HP yang tidak boleh diusap setelah terkena air :

5. Tempatkan HP di handuk kering


Setelah mengeringkan HP dengan kain lembut, selanjutnya Anda tempatkan HP di kain yang kering dan membungkusnya.

Setelah itu, Anda biarkan HP selama beberapa hari (minimal 1-2 hari), kemudian Anda coba nyalakan HP tersebut.

6. Terus pantau HP


Karena cara ini tidak efektif di beberapa HP, hanya faktor keberuntungan yang bisa menyelamatkan Anda. Jika HP berfungsi kembali maka cara ini terbukti ampuh.

Walaupun HP berfungsi normal, pasti ada beberapa bagian yang error beberapa hari setelah itu. Coba beberapa komponen yang terkena air seperti kamera (ambil foto) dan speaker (putar musik).

PERINGATAN !!!


Ada beberapa hal yang tidak boleh Anda lakukan saat HP jatuh ke dalam air, diantaranya adalah :

Memasukkan handuk ke dalam port pengisian
Memasukan benda lain ke port pengisian (seperti lidi, kapas, dll)
Menekan-nekan tekan tombol yang ada di HP
Menggoyangkan dan melempar HP
Mengecas HP walaupun Anda memakai pengisian nirkabel
Keringkan HP memakai sumber panas eksternal (seperti kompor, pengering rambut, dll).

Cara Lain untuk memperbaiki HP terkena air


Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam HP.

1. Jika HP masuk ke dalam ember atau sesuatu yang berisi air maka langsung keluarkan HP tersebut. Jika tidak maka akan semakin banyak air yang masuk ke dalam HP melalui celah-celah layar.

2. Matikan HP dan biarkan sampai beberapa menit.

3. Lepaskan casing HP supaya tidak ada air yang masuk lagi ke dalam HP.


4. Lepaskan baterai, kartu SIM dan kartu memori jika HP Anda bisa.

5. Ambil kain dan usap-usap HP dengan halus. Jangan menggosok HP karena bisa membuat air masuk ke area HP yang lebih sensitif. Jika perlu, pakai alat penyedot debu untuk menyedot air dari sela-sela HP.

6. Hindari HP dari sinar matahari langsung, tempatkan HP tempat yang aman, sejuk dan kering.

7. Trik memasukkan HP ke beras adalah cara lama dan tidak terbukti efektif. Anda bisa menggunakan gel silika sebagai pengganti beras. Isi kantong plastic zip-top dengan silika gel lalu kubur HP di dalamnya, biarkan HP sampai 1-2 hari.

8. Setelah HP benar-benar kering, langsung nyalakan HP, jika tidak bisa maka coba cas dengan casan yang sesuai dengan HP. Jika proses charging lancar maka HP bisa berfungsi kembali.

Setelah melakukan langkah tersebut dan HP Anda kembali nyala dan berfungsi seperti biasa maka cara ini terbukti ampuh. Tapi, tetap awasi HP karena fitur tertentu akan error dalam beberapa waktu ke depan setelah terkena air.

Apakah beras bisa mengatasi HP yang terkena air ?


Anda mungkin pernah mendengar trik bahwa untuk mengatasi HP yang terkena air adalah dengan mengubur HP tumpukan beras.

Orang-orang beranggapan bahwa beras bisa menyerap air dan menghilangkan kelembapan di sela-sela HP.

Ada beberapa perdebatan tentang metode beras ini, apakah efektif atau tidak berdampak apa-apa pada ponsel. Walau begitu, masih banyak panduan online yang masih merekomendasikan cara ini.

Dulu, cara ini masih efektif dan menyelamatkan banyak HP dari kerusakan parah. Tapi, sekarang cara beras ini sudah tidak relevan karena mayoritas HP sekarang memiliki baterai yang tidak bisa dilepas.

HP dengan baterai yang tidak bisa dilepas hanya memiliki sedikit celah sehingga beras kesulitan untuk menyerap air yang masuk diantara sela-sela HP itu.

Perbaiki HP ke orang terpercaya


Anda mungkin sudah melakukan semua cara di atas, tapi tidak terlalu efektif dan masih menyisakan beberapa kerusakan kecil.

Tapi, Anda tetap bisa memperbaikinya, yaitu dengan membawa HP ke orang yang ahli dalam bidang ponsel. Pastikan orang tersebut sudah dipercaya banyak orang supaya HP Anda tidak diotak-atik oleh orang tersebut.

Jual HP yang terkena air


Jika Anda tidak bisa memperbaiki HP ke service center karena biaya yang mahal, Anda bisa menjualnya ke pebisnis online yang ada di internet.

Mereka tidak peduli apakah HP yang Anda jual masih berfungsi atau tidak, hal yang mereka butuhkan hanyalah komponen yang ada dalam HP tersebut.

Hampir semua HP yang ada di dunia berisi emas, paladium dan logam langka yang bernilai tinggi.