7 Event Kolaborasi Game yang Unik dan Menarik Perhatian

Kolaborasi game menarik




Magersena - Dari tahun ke tahun, industri game terus mengalami perkembangan. Dengan adanya perkembangan dunia game tersebut, developer harus dituntut untuk memberikan inovasi dan terobosan baru secara terus-menerus.

Inovasi dibutuhkan supaya game-game yang sudah rilis tetap dianggap relevan atau tidak dianggap dead game.

Developer harus mencari cara supaya tetap menaikkan minat para gamers untuk memainkan game buatan mereka.

Salah satu cara untuk menaikkan minat para gamers tersebut adalah dengan memberikan event kolaborasi dengan sebuah brand yang populer. 

Hal ini berbeda dengan Crossover yang menggabungkan karakter dari berbagai persegi atau pop kultur ke dalam sebuah game.

Kolaborasi game lebih mengedepankan kerjasama antara sebuah game dengan sebuah Media Entertainment untuk menciptakan sebuah event yang biasanya digunakan sebagai ajang promosi dari Media Entertainment tersebut.

Inilah beberapa event kolaborasi game yang terlihat unik dan menarik perhatian para Gamers.

1. Free Fire dan Attack On Titan


Free Fire sepertinya tidak akan pernah kehabisan ide untuk terus menarik minat para gamers dengan melakukan banyak kolaborasi tanpa henti

Kolaborasi Free Fire mulai dari film, serial TV dan Anime. Setelah sukses berkolaborasi dengan anime Kimetsu no Yaiba dan one punch man, Garena kembali memutuskan untuk bekerjasama dengan anime terkenal yaitu Attack on Titan.

Keputusan ini diambil setelah Attack on Titan menjadi anime yang paling populer di tahun ini karena bertepatan dengan dirilisnya season 4.

Jadi, di bulan maret lalu, Free Fire memberikan sebuah konten yang bertemakan Attack on Titans dengan menghadirkan skin senjata AOT dan baju survey Corps dengan dua karakter menarik yaitu Mikasa dan Levi.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan baju Titan yaitu Reiner menjadi armored titan dan Eren menjadi founding titan. Kolaborasi ini menarik perhatian orang yang suka dengan anime Attack on Titan.

2. PUBG Mobile dan Tesla


PUBG Mobile secara terus menerus memberikan banyak sekali update dan pembaruan. Seiring dengan banyaknya update yang diberikan sudah pasti akan diiringi dengan event in-game yang sangat menarik.

PUBG Mobile sering melakukan kolaborasi yang tidak biasa, walaupun sudah melakukan banyak sekali kolaborasi game ini masih mendapatkan antusiasme yang sangat tinggi dari para playernya.

Tencent sepertinya masih belum puas dengan kesuksesan tersebut sampai-sampai pernah berkolaborasi dengan perusahaan yang dimiliki oleh orang terkaya nomor 2 di dunia yaitu Elon Mask yang bernama Tesla.

Kolaborasi ini tidak hanya memberikan skin mobil yang bisa diganti dengan skin Tesla, tapi Anda juga bisa melihat dan membuat mobil Tesla sendiri di sebuah map.

Jadi, para player tidak akan fokus untuk mendapatkan Winner chicken dinner, tapi malah fokus bergaya dengan mobil Tesla dan match battle royale akan terasa seperti film Fast and Furious.

3.Everquest II dan Pizza Hut


Memesan makanan secara langsung sudah biasa dan memesan makanan lewat aplikasi juga sudah terlihat biasa. Tapi, memesan makanan lewat game tanpa perlu repot-repot AFK dan keluar dari game akan terlihat luar biasa.

Hal tersebut ternyata pernah terwujud dengan adanya kolaborasi game Everquest II dengan Pizza Hut pada tahun 2005 lalu.
Pada saat itu, Sony online Entertainment dan Pizza Hut pernah membuat opsi UI yang memungkinkan playernya untuk melakukan pemesanan pizza lewat game.

Player game harus mengetik komentar /pizza pada UI game supaya pop-up menu Pizza Hut muncul. Dari situ, player bisa memesan pizza tanpa perlu meninggalkan game everquest II.

Hal ini pastinya merupakan inovasi yang sangat unik pada masanya, karena siapapun yang punya ide seperti ini pasti juga punya masalah yang sama yaitu terlalu malas untuk meninggalkan game.

4. Mobile Legends dan Franchise Film Terkenal


Mobile Legends menjadi salah satu game mobile yang masih relevan sampai saat ini, hal tersebut disebabkan oleh beberapa event kolaborasi menarik yang sering dihadirkan oleh moonton.

Event tersebut diantaranya seperti kolaborasi dengan King of Fighters dan kolaborasi yang sempat mengagetkan para Gamers yaitu dengan film terkenal Star Wars .

Pada event kolaborasi yang diadakan pada 10 Juli - 8 Agustus 2021, Moonton menghadirkan 2 skin edisi Star Wars yaitu Argus yang menjadi Darth Vader dan Cyclops yang menjadi Master Yoda.

Selain skin, kolaborasi antara Mobile Legends dan Star Wars juga menghadirkan efek recall, border, sticker edisi Star Wars dan notification killing.

Baru-baru ini, Moonton juga berkolaborasi dengan Transformers yang menghadirkan 3 skin special yaitu Xborg menjadi Bumblebee Granger menjadi Megatron dan Johnson menjadi Optimus Prime.

Kabarnya event kolaborasi dengan Transformers ini akan diadakan sampai tanggal 22 November.

5. PUBG dan Blackpink


PUBG corporation jelas tahu tentang apa yang diinginkan para playernya. Kalau tahun 2020 lalu, PUBG versi mobile pernah melakukan kolaborasi dengan blackpink, sekarang PUBG versi PC juga sudah melakukan kolaborasi yang sama.

Hal Ini pun menjadi banyak dibicarakan di internet karena Kpop sendiri saat ini sedang sangat populer dan PUBG mengambil kesempatan tersebut untuk kolaborasi.

Pada kolaborasi ini, Anda akan diberikan Tampilkan yang berbeda dari segi kostum pemain. Event ini menampilkan kostum lengkap seluruh member blackpink, mulai dari rambut, baju, celana sampai sepatu.

Anda juga akan melihat beberapa skin senjata, item dan emot yang bertemakan blackping yang terlihat di tema lobby utama sampai airdrop dalam game.

Jadi, fans blackpink dan gamers PUBG pastinya akan melihat kolaborasi ini sebagai Absolute Win.

6. Free Fire dan Money Heist


Tidak bisa dipungkiri, game Free Fire menjadi salah satu game Battle Royale paling populer di playstore. Jadi, agar menarik minat lebih banyak player Free Fire, developer game pernah melakukan kolaborasi dengan salah satu series terkenal netflix yaitu money Heist pada tahun 2020 lalu.

Event ini diberi nama Plan Bermuda yang terdapat mode baru bernama money Heist. Mode ini akan dimainkan oleh 2 tim yang beranggotakan 4 orang dan kedua tim tersebut akan berlomba dan diharuskan untuk mengumpulkan uang kertas sebanyak mungkin.

Selain itu, terdapat juga beberapa item senjata bertemakan Money Heist dan kostum merah serta topeng ikonik dari Money Heist yang sangat mencolok untuk memberikan sedikit pemandangan indah di dalam game.

7. Rocker League dan Stranger Thinks


Sebelum Fortnite melakukan banyak sekali crossover dan kolaborasi, developer dari Rocker League ternyata lebih dulu berkolaborasi dengan berbagai brand.

Salah satunya adalah berkolaborasi dengan film terkenal. Pada tahun 2019 lalu, Rocket League pernah berkolaborasi dengan salah satu series original netflix yaitu Stranger things untuk mempromosikan system ketiganya.

Dalam event kolaborasi ini yang menjadi peringatan Halloween, Rocket League memberikan event yang diberi nama Haunted Hallows.

Jadi, event ini akan mengajak Anda untuk bermain di arena yang bertemakan Stranger things lengkap dengan suasana yang Iconic dan tambahan player yang menambah suasana arena pertandingan menjadi lebih mencekam.

Selain arena, event ini juga menghadirkan beberapa tambahan konten berupa kosmetik item yang bertemakan karakter dari Stranger things.