Penyebab Utama Ide Bisnis Anda Selalu Gagal

Penyebab ide bisnis gagal



Banyak orang  menganggap bahwa mencari ide bisnis itu hal yang sangat sulit namun Adam Grant penulis buku  the originals mempunyai pendapat yang berbeda. Menurutnya, hal tersulit bukanlah mencari ide namun memilih  sebuah ide dan mewujudkannya menjadi nyata.


Jika hanya sekedar mencari ide bisnis maka para mahasiswa, pelajar dan para pebisnis akan sangat  mudah melakukannya. Mereka dengan mudah bisa menemukan berbagai ide bisnis yang sangat menarik minat banyak orang.


Tapi, tantangan terbesar justru muncul ketika kita harus memilih ide bisnis yang benar-benar bagus dan memiliki potensi besar di masa depan. Keputusan memilih sebuah ide bisnis untuk dieksekusi menjadi sebuah kenyataan akan lebih sulit jika dibandingkan hanya sekedar mencari ide.


Dalam proses mewujudkan ide bisnis menjadi kenyataan dibutuhkan sebuah rasa fokus yang sangat besar. Dalam proses mencari  ide, kreatifitas memiliki peranan yang besar namun dalam proses mewujudkan ide menjadi nyata, kreativitas harus dikendalikan dengan baik.


Jika tidak dikendalikan, kreativitas justru menjadi sumber  kegagalan karena ada banyak orang yang gagal dalam mewujudkan ide bisnis menjadi nyata bukan karena ia tidak  memiliki kreativitas tapi karena mereka terlalu   kreatif sehingga terlalu cepat melompat dari satu ide ke ide yang lain.


Satu ide bisnis yang belum tergarap dengan baik dan belum terwujud sempurna menjadi nyata, kemudian dia sudah memiliki satu ide bisnis lain yang menurutnya lebih baik sehingga  dia meninggalkan ide lama dan bergeser ke ide yang baru.


Penyebab ide bisnis selalu gagal


Mungkin Anda pernah bertemu dengan orang yang  sangat kreatif, punya banyak ide di kepala namun bisnisnya tidak ada satupun yang terwujud dan  menjadi nyata.


Dia sudah memiliki satu ide yang hebat kemudian mencoba mewujudkannya dan dalam perjalanan dia merasa tidak puas dengan ide tersebut, lalu dia menemukan ide baru dan mulai meninggalkan ide bisnis yang lama.


Sebagai ilustrasi, ada dua orang yang sedang berjuang mewujudkan ide bisnisnya menjadi nyata. Orang pertama namanya andi yaitu orang yang kreatif dan mempunyai ide yang luar biasa.


Baca juga : 6 jenis kesuksesan yang harus Anda capai dalam hidup


Tahun pertama, andi memutuskan untuk membuka sebuah konter HP dan setelah 2 tahun ternyata dia  merasa tidak puas dan memiliki satu ide lain yang lebih menarik, kemudian dia membuka toko laptop dan komputer.


Setelah 2 tahun berjalan, Andi merasa tidak puas dengan toko laptop dan  komputer yang didirikannya, kemudian dia bergeser ke satu bisnis lain yang jauh berbeda yaitu membuat travel agent dan membeli beberapa   mobil untuk disewakan ke orang lain.


Dalam 5 tahun, Andi sudah berganti bisnis sebanyak 3 kali dan hasilnya tidak ada satu bisnis pun yang menunjukkan hasil maksimal.


Sementara, orang kedua bernama ahmad yaitu orang kreatif yang memiliki kemampuan fokus yang   tinggi. Dia memiliki ide untuk membuka sebuah  restoran karena memang mempunyai rasa cinta yang besar terhadap dunia kuliner.


Semua hal kreatif dilakukan Ahmad untuk melakukan pengembangan terhadap bisnis kulinernya, mulai dari  promosi yang menarik, penataan tempat yang unik dan memberikan diskon bagi para pelanggan setia.


Walaupun dalam perjalanan menemukan berbagai kekurangan, kesulitan dan bahkan dia menemukan  sisi negatif dari bisnisnya tapi ahmad mencoba untuk tetap fokus dan bertahan.


Kreativitasnya digunakan untuk menyelesaikan masalah yang ada dalam bisnis kulinernya dan dalam waktu 5 tahun, Ahmad sudah mempunyai 4 restoran di tempat yang berbeda.


Dari perjalanan Andi dan Ahmad, kita dapat melihat bahwa Andi adalah orang yang kreatif tapi tidak memiliki batasan dalam membangun kreativitasnya. Ketika dia merasa tidak puas dengan satu ide maka dia akan berganti ke ide yang  lain.


Sedangkan Ahmad adalah orang kreatif yang tetap fokus pada satu ide, kreativitasnya digunakan  untuk menyelesaikan problem bisnis yang muncul dalam perjalanan bisnisnya.


Dari 2 cerita tersebut, kita dapat melihat dua sisi dari aspek kreativitas. Ide kreatif yang terlalu liar dan tidak memiliki fokus akan menjadi sumber   kegagalan sedangkan kreativitas yang dibarengi dengan fokus yang tinggi akan menjadi kendaraan kesuksesan dan keberhasilan ide bisnis.


Dalam bukunya the originals, Adam Grant dengan tegas menyatakan bahwa hal terpenting ketika ingin mewujudkan ide bisnis kita menjadi nyata adalah kemampuan untuk tetap fokus dan sabar dalam mewujudkan ide tersebut menjadi nyata.


Kreativitas harus ditempatkan pada sebuah likiran yang mempunyai pembatas yang jelas sehingga   kreativitas tersebut tidak terlalu liar yang bisa mengganggu dan merusak fokus saat melakukan satu hal.


Baca juga : 4 jenis belanja yang wajib Anda ketahui


Adam Grant juga menyatakan bahwa mencari  ide adalah hal yang sangat mudah, semua orang dapat melakukannya dengan baik tapi tugas tersulitnya adalah memilih sebuah ide lalu kita bertanggung jawab atas ide tersebut.

 

Berjuang mewujudkan ide bisnis yang sudah ditentukan menjadi nyata adalah tugas terberat sebagau seorang pebisnis.


Penutup


Demikian penjelasan padat dan jelas tentang penyebab ide bisnis selalu gagal. Sekarang, lihat perilaku Anda dalam berbisnis, apakah Anda sering melompat dari satu bisnis ke bisnis lain atau tetap fokus dan bertahan di satu bisnis saja.

Posting Komentar

0 Komentar