√ 7 Cara Mengubah Benci Menjadi Cinta Diri Sendiri - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 07 Oktober 2021

7 Cara Mengubah Benci Menjadi Cinta Diri Sendiri

Cara mencintai diri sendiri



Sikap membenci diri sendiri yang berlebihan bisa membuat seseorang sulit berkembang karena emosi negatif yang terus terpendam akan membuat dia merasa sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain baik dengan teman, pasangan atau rekan kerja.


Selain itu, sikap ini juga dapat meningkatkan resiko untuk melakukan perilaku yang bisa merusak diri sendiri seperti makan berlebihan, mengasingkan diri, merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol atau menggunakan obat-obatan terlarang.


orang yang terlalu membenci dirinya sendiri juga rentan merasa ingin bunuh diri. Ada beberapa cara untuk menghentikan sikap membenci diri sendiri dan terhindar dari segala bahayanya.


1. Habiskan waktu dengan orang terdekat


Terkurung dalam pergaulan yang tidak sehat dapat terus menumbuhkan pemikiran yang negatif, daripada mengandalkan orang yang tidak bisa menumbuhkan hal positif dalam hidup Anda, cobalah untuk mencari lingkungan baru dan bergaul dengan orang-orang yang bisa menghargai satu sama lain.


Mulailah terhubung dengan orang-orang yang positif akan membuat Anda merasa lebih baik sehingga rasa benci terhadap diri sendiri lambat laun mulai menghilang. 


Hal ini juga bisa dilakukan sebagai salah satu bentuk support system yang baik untuk kesehatan mental dan jangan lupa untuk selalu mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.


2. Melawan pola pikir negatif


Rasa benci pada diri sendiri akan terus-menerus muncul kalau Anda selalu menggunakan pola pikir negatif, saat pikiran-pikiran negatif muncul maka cobalah untuk tidak terlalu mengikutinya karena hal tersebut belum tentu benar.


Hal ini bukan berarti melawan kenyataan tentang kesalahan dan kekurangan diri tapi introspeksi diri itu sangat penting karena dengan introspeksi diri artinya Anda ingin bertumbuh ke arah yang benar.


Tapi, jangan terus-menerus menyalahkan diri sendiri karena hal tersebut akan membuat rasa syukur kepada diri sendiri akan terus tergerus. Daripada menyalahkan diri sendiri, cobalah untuk berpikir terbuka dan mencari solusi agar penyebab munculnya perasaan tersebut bisa diatasi.


Manusia itu tempatnya salah dan tidak ada satupun manusia yang tidak pernah salah. Tapi, kesalahan itu jangan sampai membuat diri Anda membenci diri sendiri. Anda harus sadar dan bisa melawan pola pikir tersebut apabila sudah menyakiti diri sendiri.


3. Menulis buku harian


Cobalah untuk menulis dalam buku harian tentang emosi yang Anda rasakan dan apa penyebabnya. Dari sini, Anda mungkin bisa mengidentifikasi kesalahan kesalahan yang pernah dilakukan.


Baca juga : cara mengambil keputusan terbaik dalam hidup


Setelah itu, cari cara dan strategi yang tepat untuk memperbaiki kesalahan tersebut. dengan melakukan ini, Anda bisa melatih diri untuk membentuk pola pikir yang lebih baik.


4. Memaafkan diri sendiri


Belajarlah untuk berdamai dan memaafkan diri sendiri, pahami bahwa kesalahan yang terjadi bukan merupakan tanda bahwa kamu gagal atau tidak memiliki kemampuan untuk sukses dan bahagia.


Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Perasaan benci terhadap diri sendiri yang dibiarkan bisa membuat Anda sulit untuk berkembang.


Daripada terpaku pada kegagalan hidup, cobalah untuk move on dan belajar dari kesalahan tersebut agar Anda tidak mengulanginya di kemudian hari. Kalau Anda bisa memaafkan kesalahan orang lain atau memaklumi tindakan orang lain, harusnya memaafkan dan memaklumi diri sendiri akan jauh lebih mudah.


Memaafkan dan berdamai dengan diri sendiri adalah salah satu cara untuk mensyukuri nikmat dan karunia yang sudah Tuhan berikan kepada kehidupan ini.


5. Mencintai diri sendiri


Daripada terus membenci dan menghakimi diri sendiri, lebih baik belajar untuk mencintai diri sendiri. Ketika rasa cinta pada diri sendiri itu sudah tumbuh maka Anda akan bisa lebih bersyukur dengan segala hal yang sudah ada.


Anda bisa menikmati hidup yang sedang dijalani dan akan merasa lebih bahagia dari sebelumnya. Bagaimana orang bisa mencintai Anda kalau Anda tidak bisa mencintai diri sendiri, Bagaimana orang bisa sayang kepada Anda kalau Anda tidak sayang pada diri sendiri.


Mencintai diri sendiri artinya Anda mencintai Tuhan dan semesta alam, cinta dan kasih sayang akan mengalir kepada orang-orang di sekeliling dan juga biasakan diri untuk melakukan positive self-talk untuk melatih diri Anda agar terbiasa untuk melihat dari sudut pandang yang positif.


Baca juga : 5 cara mengatasi penyesalan dalam hidup

 

Positive self-talk adalah berdialog dengan diri sendiri menggunakan kata-kata positif, meskipun tidak terdengar oleh telinga, dialog ini dapat mempengaruhi pikiran, perasaan dan perilaku diri sendiri.


6. Belajar menerima pujian


Salah satu tanda kalau Anda membenci diri sendiri adalah terlalu Curiga dengan pujian orang lain. Memang akan ada pujian yang fana tapi pasti ada juga pujian yang benar-benar dari dalam hati.


Ketika mendapatkan pujian, jangan langsung menolak atau merasa tidak pantas untuk mendapatkannya. Ucapkanlah terima kasih kepada orang yang melontarkan pujian itu lalu bersyukur akan hal-hal baik yang telah Anda lakukan hari ini.


Hal ini bisa menjadi cara yang baik untuk menghargai dan memotivasi dirimu sendiri.


7. Dekatkan diri kepada tuhan


Membenci diri sendiri sama saja dengan membenci sang pencipta dan tanpa sadar Anda mulai menjauh dari ketenangan dan kebahagiaan. Sumber utama dari kebahagiaan adalah selalu bersyukur dengan apa yang diberikan Tuhan.


Tuhan pasti akan memberikan yang terbaik bagi Anda dan selalu ada maksud Kenapa Anda harus diciptakan di dunia yang kejam ini. Semakin dekat dan semakin bersyukur maka semakin membuat kebencian terhadap diri sendiri itu akan semakin jauh dan menghilang.


Rasa benci diri sendiri itu akan berganti dengan rasa syukur dan akhirnya Anda menjadi orang bahagia. Kebencian pada diri sendiri dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan sehari-hari, daripada terus membebani diri dengan perasaan benci cobalah lakukan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas.


Dengan melakukan itu, rasa benci akan mulai berhenti dan rasa cinta pada diri sendiri sendiri mulai tumbuh. Pastikan juga untuk selalu menerapkan pola hidup yang sehat agar kesehatan fisik dan mental senantiasa terjaga.


Keluar dari kondisi ini memang membutuhkan waktu dan kesabaran namun jangan menyerah, jika Anda merasa kesulitan dan butuh bantuan untuk mengatasi rasa benci pada diri sendiri maka jangan ragu untuk berkonsultasi kepada psikolog.

Get notifications from this blog