√ Cara Mengubah Tantangan Menjadi Sebuah Kesuksesan - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Mengubah Tantangan Menjadi Sebuah Kesuksesan

Menghadapi tantangan hidup



Magersena - Dalam hidup, kita pasti akan mengalami banyak hal namun sebenarnya tidak ada hal baik atau buruk. Hal yang ada hanyalah persepsi kita tentang sebuah kejadian, kejadian bisa dianggap sebagai hal baik dan bisa juga dianggap sebagai hal buruk.


Hal yang sama juga berlaku sebaliknya, hal yang buruk mungkin saja merupakan batu pijakan untuk hal baik di masa depan. Apa yang awalnya dilihat sebagai hambatan justru merupakan sebuah jalan yang baru, hal ini merupakan perspektif hidup yang menarik.


Ketika Anda fokus pada apa yang bisa dikendalikan maka sebuah tantangan bisa berubah menjadi kesempatan untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih kuat di masa depan.


Ada beberapa hal yang harus Anda pahami untuk mengubah sebuah tantangan menjadi kesuksesan yang nyata.


1. Mengubah tantangan menjadi peluang

 

Banyak orang kehilangan harapan ketika menemui tantangan hidup, bagi mereka tantangan tersebut berarti harus pindah jalur atau berhenti. Tapi, orang yang berhasil melewati tantangan hidup akan keluar menjadi manusia yang hebat.


Hal ini tentu saja tidak mudah, banyak orang merasa tidak berdaya saat menjalani tantangan hidup. Apapun tujuan yang ingin dicapai pasti ada tantangan hidup yang akan menghantam kehidupan, perasaan ini pasti pernah dialami semua orang.


Orang-orang sudah tahu apa yang harus ingin dilakukan tapi seakan-akan ada musuh tidak terlihat yang siap menahan setiap gerakan. Kita kecewa atas pekerjaan sekarang, hubungan percintaan sampai tempat hidup di dunia.


Kita ingin mengubahnya tapi selalu ada halangan, kemudian kita menyalahkan bos, kondisi ekonomi, orang lain atau malah menyalahkan diri sendiri dan menganggap tujuan tersebut adalah sebuah hal yang mustahil, padahal yang sebenarnya salah adalah sikap dan perilaku.


Hal yang kita butuhkan hanyalah sebuah metode untuk memahami, menghargai dan menyikapi tantangan hidup yang muncul. Tantangan Hidup mungkin seringkali dianggap sebagai tantangan, namun apabila melihatnya dari sudut pandang yang berbeda justru bisa menjadi peluang untuk kesuksesan di masa depan.


Cara mengubah tantangan menjadi peluang adalah harus mengubah persepsi soal tantangan hidup, jika kita melihat tantangan hidup dari sudut pandang yang positif maka akan membuka peluang tersembunyi.


Ada kisah yang menarik dari konglomerat John D rockefeller, pada saat krisis keuangan tahun 1857, John masih berusia 18 tahun dan merupakan investor kecil. Dia melihat bagaimana perilaku orang yang panik dan mengamati apa yang salah dari mereka.


Baca juga : cara mengubah benci menjadi cinta diri sendiri


Banyak orang panik dan menarik semua uangnya dari pasar saham, namun John tidak begitu karena dia menganalisis tantangan yaitu sebuah krisis dari sudut pandang yang berbeda.


John Tetap tenang, disiplin dan berusaha objektif dalam melihat sebuah keadaan. Sampai akhirnya menemukan peluang untuk berinvestasi di industri minyak. Dalam waktu 20 tahun, dia berhasil menguasai 90% pasar minyak di Amerika Serikat ketika para pesaingnya malah merana.


John mampu memanfaatkan kondisi krisis menjadi sebuah peluang dan akhirnya menjadi salah satu orang terkaya di dunia.


2. Tindakan untuk mengubah hidup 


Jika Anda tidak bahagia dengan hidup sekarang maka Anda perlu mengambil sebuah tindakan. Dalam menghadapi tantangan hidup, Anda butuh disiplin untuk melakukan hal yang tepat sampai tantangan tersebut bisa teratasi.


Ada kisah bagus dari demosthenes yang seorang orator terbesar pada zaman Athena kuno, demosthenes kecil dikenal sebagai anak kesakitan dan lemah karena mempunyai hambatan bicara.

 

Kelemahan ini membuat dirinya sering dijadikan bahan lelucon, pada usia 7 tahun ayahnya meninggal dan seluruh warisan keluarga dicuri oleh walinya. Di tengah semua tantangan hidup yang dialaminya, demosthenes tidak menyerah dan berusaha untuk menaklukan tantangan tersebut.


Untuk mengatasi gangguan bicara, dia berlatih berbicara dengan mulut penuh kerikil atau sambil berlari di lereng yang curam. Daripada pergi bermain, demosthenes mengunci diri di bawah tanah untuk belajar hukum secara otodidak.


Akhirnya, dia berhasil memenangkan gugatan terhadap walinya, memenangkan kembali apa yang tersisa dari warisan dan menjadi orator yang hebat. Ketika diperlakukan buruk dalam hidup, demosthenes tidak menyerah dan memilih untuk mengambil tindakan serta mengubah tantangan menjadi kekuatan.


Jika Anda ingin sukses maka harus menekankan kepada diri sendiri kalau Anda tidak akan berhenti ketika menemui kegagalan. Ingatkan tentang ungkapan dari appetitus yaitu "bertahan dan melawan".


Bertahanlah dalam upaya menuju sukses, tahan diri untuk menyerah dari gangguan, keputusasaan dan kekacauan. Fokus pada jangka panjang dan jangan seperti orang lain yang hanya menginginkan kepuasan jangka pendek.


Dalam perjalanan, wajar saja kalau Anda kecewa tapi jangan berhenti mengejar tujuan. Fokus pada setiap momen dan proses secara keseluruhan. Ada contoh yang menarik, The World Disney company dibentuk 11 bulan sebelum kejatuhan pasar tahun 1929 dan perusahaan Hewlett Packard dibentuk selama depresi hebat Pada tahun 1935.


Kedua perusahaan tersebut berhasil karena tidak membiarkan krisis ekonomi mempengaruhi atas apa yang mereka kerjakan sehari-hari. Daripada berkonsentrasi pada tujuan besar untuk sukses di masa krisis ekonomi, mereka malah fokus pada saat ini dan membiarkan hambatan di lingkungan sekitar.


3. Kehebatan dari kemauan kuat

 

Pepatah Haiti mengatakan dibalik gunung ada lebih banyak gunung, seseorang tidak mengatasi rintangan untuk menjalani hidup tanpa rintangan tapi sebaliknya, semakin banyak yang Anda capai dalam hidup maka semakin banyak hal yang akan menghalangi Anda.


Namun dibalik tantangan yang besar ternyata menyimpan kelemahan yang besar. Ada contoh menarik dari Mahatma Gandhi saat berada dalam jajahan Inggris, Gandhi tahu kalau dirinya tidak bisa menantang pemerintahan militer Inggris dalam konflik secara langsung.


Baca juga : cara memotivasi diri sendiri dan orang lain


Jadi, dia memutuskan untuk menggunakan tindakan non kekerasan dan simbolis untuk menunjukkan betapa tidak adilnya hal itu. Ghandi memimpin pawai garam yang berisi ratusan ribu orang India ke laut untuk mengumpulkan garam secara ilegal, kekuatan besar Kerajaan Inggris adalah monopoli kekerasannya dan dengan menantangnya tanpa kekerasan dia mampu menunjukkan betapa lemahnya kerajaan tersebut.


Penutup


Jangan biarkan kondisi sekitar menentukan hidup Anda tapi jalani hidup dengan persepsi positif, disiplin dalam bertindak dan kemauan yang kuat maka Anda bisa mengalahkan tantangan berat dalam hidup dan bisa menggapai kehidupan yang lebih baik.

Get notifications from this blog