Cara Mengambil Keputusan Terbaik Dalam Hidup

Cara memilih pilihan yang sulit



Setiap orang pasti akan dihadapkan pada berbagai pilihan-pilihan yang sulit dalam hidup, mulai dari memilih pekerjaan, memilih tempat sekolah, memilih tempat tinggal dan memilih pasangan hidup.


Semua hal tersebut adalah hal yang kita anggap penting dan punya dampak yang sangat besar terhadap kehidupan sehingga ketika kita harus memilih seringkali mengalami kesulitan.


Ketika dihadapkan pada sebuah pilihan yaitu menjadi seorang seniman atau bekerja di sebuah perusahaan akan membuat kita mengalami rasa bimbang.


Contoh lain, ketika memilih tempat studi antara jurusan arsitek atau menjadi seorang akuntan  dan kesulitan memilih wanita yang akan dijadikan pasangan hidup.


Keputusan itu adalah sebuah keputusan yang besar dan membuat kita benar-benar berpikir dengan serius apa dan siapa yang harus dipilih.


Cara memilih pilihan yang sulit

 

Tanpa Anda sadari, sebenarnya semua orang setiap hari selalu mengambil keputusan dan memilih sebuah pilihan mulai dari sekedar memilih baju, memilih waktu bangun tidur, memilih makanan dan lain sebagainya.


Semua kehidupan Anda penuh dengan pilihan tapi kebanyakan orang menganggap pilihan  tersebut adalah pilihan yang kecil sehingga sangat mudah dalam mengambil keputusan.


kita sering  membedakan pilihan menjadi dua hal yaitu pilihan sulit dan pilihan mudah. Pilihan mudah biasanya mempunyai tiga karakter dasar yaitu :


Sering kita ambil, berarti aktivitas yang biasa kita lakukan setiap hari misalnya waktu mandi, waktu bermain, waktu tidur. Pilihan itu adalah pilihan yang sering dilakukan setiap hari.


Prioritas yang jelas, semua orang pasti bisa membedakan alternatif yang lebih baik dan cenderung membuang alternatif yang buruk  tanpa berpikir apakah alternatif yang buruk itu benar-benar buruk.


Baca juga : 6 jenis kesuksesan yang harus Anda capai dalam hidup


Tidak berdampak besar, pilihan mudah adalah pilihan yang tidak berdampak besar pada kehidupan. Misalnya pilihan memakai baju, pilihan itu bukanlah sesuatu yang memiliki  dampak yang besar terhadap kehidupan.


Berbeda dengan pilihan sulit yang selalu menghadirkan berbagai macam paradoks sehingga kita mengalami kesulitan dalam memilih karena pilihan sama-sama mempunyai sisi positif dan sisi negatif.


Saat memilih pilihan yang sulit membuat kita bingung mana pilihan yang terbaik dan berdampak positif dalam kehidupan. Misalnya, Anda sedang memilih dua  pekerjaan, pekerjaan pertama adalah menjadi seorang seniman dan pekerjaan yang kedua adalah menjadi  seorang akuntan.


Ketika memilih menjadi seniman maka Anda akan mendapatkan keunggulan pada aspek kreativitas dan kebebasan namun ketika memilih menjadi seorang akuntan maka Anda akan kehilangan aspek kebebasan, mempunyai waktu terikat dan aturan yang ketat.


Pada sisi finansial, menjadi seorang akuntan akan memberikan keuntungan lebih karena seorang akuntan akan mendapatkan kestabilan pada aspek finansial dengan mendapatkan gaji secara rutin setiap bulan.


Tapi, ketika Anda menjadi seorang seniman maka aspek finansial sulit dicapai karena ada banyak anomali yang akan anda alami ketika menjadi seorang seniman.


Itulah yang dimaksud pilihan sulit, selalu ada sisi baik dan sisi buruk di setiap pilihan sehingga kita mengalami kesulitan untuk memilih.


Penyebab sulit memilih 


Ada beberapa penyebab kenapa banyak orang kesulitan dalam memilih sebuah pilihan, diantaranya adalah :


1. Mempunyai perbandingan tidak setara


Ambil dari contoh tadi, kita selalu memiliki perbandingan yang tidak setara yaitu membandingkan  kelebihan financial yang ada pada seorang akuntan dengan kelebihan  ekspresi dan kelebihan waktu yang ada pada sisi seniman.


Itu adalah sebuah perbandingan yang tidak setara karena seorang seniman memiliki kebebasan waktu dan ekspresi yang lebih tinggi sedangkan seorang akuntan memiliki kestabilan dalam aspek finansial.


2. Harapan yang tinggi


Membandingkan aspek finansial dan kreativitas bukanlah sesuatu yang setara. Hal mendasar yang membuat kita sulit memilih adalah selalu membuat perbandingan yang tidak setara atau membandingkan  hal-hal baik yang sebenarnya tetap akan menimbulkan masalah dan kesulitan   saat memilih.


Terkadang ketika menghadapi pilihan yang sulit, pilihan tersebut muncul karena seseorang memiliki ekspektasi  yang terlalu tinggi atau menaruh harapan yang berlebihan.


Harapan dan ekspektasi itu membuat kita sulit dalam memilih, kita berharap pilihan tersebut adalah sesuatu yang sempurna dan tidak memiliki kekurangan. 


3. Terpengaruh pilihan orang lain


Penyebab kenapa banyak orang sulit mengambil pilihan adalag terjebak pada alternatif pilihan orang lain dan terpengaruh dengan pilihan yang diambil oleh orang lain.


Akibat dari terjebak dengan pilihan orang lain maka kita akan mengalami  banyak kesulitan dalam memilih, lupa untuk mengukur siapa diri kita dann selalu mengukur pilihan pribadi dengan pilihan orang lain yang jauh berbeda.


Baca juga : 5 cara mengatasi penyesalan dalam hidup


Ketika ingin memilih pasangan hidup, kebanyakan orang tidak paham dengan tipe pasangan apa yang cocok untuk dirinya sehingga dia mendengarkan pilihan orang lain seperti orang tua dan teman untuk mendapatkan tipe pasangan yang cocok.


Cara menghadapi pilihan yang sulit


Dari contoh di atas, ada banyak sekali orang yang terjebak dengan harapan dan ekspektasi orang lain sehingga dia merasa sulit untuk memilih pilihan mana yang cocok untuk diri sendiri.


Lalu, apa yang harus kita lakukan saat menghadapi pilihan yang sulit, seorang profesor dari Oxford University bernama Ruth Chang memberikan penjelasan sederhana bagaimana cara menghadapi pilihan-pilihan yang sulit.


menurut Ruth Chang, salah satu kesalahan mendasar yang membuat kita selalu berhadapan dengan pilihan  sulit adalah tidak memahami alasan yang dari pilihan yang diambil.


Orang-orang tidak mengenali diri sendiri bahkan tidak tahu seperti apa keinginan sendiri yang sebenarnya ada harus diketahui supaya mudah mengambil pilihan.


Jika Anda paham dengan alasan mendasar memilih dan paham dengan keinginan dalam memilih maka memilih pilihan yang sulit adalah hal yang mudah.


Ruth Chang mengajarkan bahwa kita harus memiliki alasan yang kuat dalam memilih. Jika alasan Anda memilih pekerjaan adalah kenyamanan maka pilihlah pekerjaan yang paling nyaman meskipun secara finansial tidak baik tapi ada kenyamanan yang sudah didapatkan.


Contoh lain, saat memilih pasangan maka temukan alasan terpenting yang membuat Anda harus memilih seseorang  yang cocok sebagai pasangan.


Baca juga : apa itu sukses dan bagaimana cara menjadi orang sukses


Misalnya, Anda memilih pasangan dari  kecantikan atau aspek fisik maka carilah orang tercantik dari aspek fisik yang cocok dengan Anda. Jika alasannya  adalah kenyamanan maka cari orang yang bisa membuat Anda nyaman dan lain sebagainya.


Intinya, temukan alasan terpenting yang menjadi dasar Kenapa Anda   harus memilih karena alasan inilah yang akan membantu Anda dalam mengambil pilihan sulit.


Penutup


Demikian penjelasan singkat tentang cara mengambil keputusan terbaik dalam hidup. Sekarang lihat pilihan dalam hidup Anda, apakah Anda sudah mempunyai alasan kuat untuk memilih diantara pilihan yang sulit tersebut. 

Posting Komentar

0 Komentar