√ Beli iPhone SE di tahun 2021, Apakah Masih Worth It ? - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Beli iPhone SE di tahun 2021, Apakah Masih Worth It ?

Spesifikasi iPhone SE




iPhone SE adalah iPhone generasi terakhir yang akan mendapatkan update iOS 15, apakah smartphone ini masih worth it di tahun 2021.

iPhone SE generasi pertama ini rilis tahun 2016 dan merupakan generasi terakhir berbarengan dengan iPhone 6S series yang mendapatkan update iOS 15.

Untuk iOS 16 nanti, iphone generasi ini sudah tidak kebagian lagi. Harga iPhone SE ini bervariasi, mulai dari 1,2 juta untuk 16 GB, 1,3 juta untuk 32 GB dan 1,4 juta untuk 64 GB.

Disarankan mengambil iPhone SE 64 GB karena di tahun ini kebutuhan memori tiap aplikasi semakin besar dan akan kekurangan jika Anda mengambil yang 16 GB.

iPhone SE 16 GB hanya bisa digunakan untuk koleksi file-file penting dan sedikit aplikasi. Untuk desain, HP ini di tahun 2021 sudah ketinggalan zaman, tapi kesan klasiknya masih terlihat bagus.

iPhone ini mengandung aluminium sehingga tidak ngeplak sidik jari dan tergolong nyaman saat digenggam. Berat HP ini hanya 113 Gram saja karena bantuknya yang kecil sehingga tidak terlalu terasa.

Soal desain tidak harus dipikirkan karena semakin klasik akan terlihat semakin keren di mata orang-orang. Untuk layar, HP ini memakai panel IPS, resolusi 640 × 1136 pixel dan ukuran layar 4 inch.

Kualitas layar masih bagus, ukuran layar yang kecil membuat video yang kualitas rendah tetap terlihat tajam karena iPhone ini mempunyai ketajaman layar mencapai 326 vpi.

Apakah iPhone SE ini nyaman dipakai untuk kebutuhan sehari-hari ?

Di tahun 2016, smartphone ini sudah tergolong bagus tapi di tahun ini kebiasaan orang sering memakai smartphone ukuran 6 inch membuat iPhone SE kurang nyaman saat dipakai.

Tapi balik lagi ke selera masing-masing, jika tidak masalah dengan ukuran layar yang kecil maka iPhone ini masih bagus dan worth it banget di tahun ini.

Spesifikasi iPhone SE


Untuk performanya, iPhone SE dibekali dengan chipset Apple A9 yang mempunyai fabrikasi 14nm dan RAM sebesar 2 GB. iOS version HP ini sudah paling terbaru dan tahun ini adalah tahun terakhir mendapatkan iOS update.

iPhone SE dipakai untuk kebutuhan sehari-hari masih terasa nyaman, buka dan tutup aplikasi masih terasa halus dan masih kuat untuk membuka aplikasi ringan seperti Facebook, Instagram, YouTube dan lainnya.


Sedangkan jika dipakai untuk kegiatan yang lebih berat seperti bermain game masih aman-aman saja. Tapi, disarankan jangan dipakai untuk bermain game karena iPhone ini mempunyai kapasitas baterai yang kecil.

Baterai iPhone SE berkapasitas 1624 mAh dan tergolong baterai dengan kapasitas kecil dan tidak cocok dipakai untuk menjalankan aktivitas berat. Nonton YouTube selama 1 jam berkurang 18%, main sosial media selama 1 jam berkurang 21% dan main game selama 1 jam berkurang 43%.

Itulah keadaan daya tahan dari smartphone jadul, sepertinya hal ini harus diperhatikan sebelum Anda membeli iPhone SE di tahun ini.

Untuk bagian kamera, iPhone ini mempunyai satu buah kamera di bagian belakang yang mempunyai resolusi 12 MP dan satu Kamera di bagian depan beresolusi 1,2 MP.

Hasil foto masih terlihat bagus untuk smartphone 5 tahun lalu meskipun detailnya sedikit kurang.

Penutup


Jangan jadikan HP ini sebagai HP utama karena umur iPhone SE sudah tidak panjang dan tahun depan tidak mendapatkan update iOS lagi. Kapasitas baterai yang kecil membuat pengguna merasa kurang saat menggunakannya untuk waktu yang lama.

Tapi, jika menjadikan iPhone SE ini sebagai HP kedua atau hanya sekedar ingin mencoba iPhone pertama kali maka HP ini sangat cocok. iOS yang terbaru, kualitas kamera yang masih bagus dan desain yang klasik cocok untuk memenuhi kebutuhan kecil.

Get notifications from this blog