3 Cara Memilih Bisnis dan Pekerjaan yang Sesuai Dengan Anda

Cara memilih pekerjaan



Magersena - Jika Anda sekarang merasa bahwa pekerjaan dan bisnis yang dijalani bukanlah bisnis dan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan berarti Anda tidak menikmati pekerjaan tersebut.


Sebuah survei yang dilakukan oleh Juan Paul pada tahun 2020 menunjukkan bahwa 45% pekerja di Amerika menjalani sebuah pekerjaan yang benar-benar tidak mereka inginkan.


Hasil survei lain yang dilakukan oleh people card pada 2019 terhadap para pekerja Inggris menunjukkan bahwa 8 dari 10 pekerja berharap bisa mengganti pekerjaan sementara 60% dari mereka merasa tidak puas dengan posisi pekerjaannya sekarang.


Pertanyaan pentingnya, seperti apa kriteria pekerjaan yang layak atau cocok untuk kita, apakah pekerjaan yang membuat kita nyaman dan benar-benar kita inginkan dan bagaimana cara menentukannya.


Cara memilih bisnis dan pekerjaan


Wallace D. Wattles penulis buku The Science of Getting Rich memberikan informasi bahwa ada tiga kriteria sebuah pekerjaan atau bisnis dapat kita anggap sebagai pekerjaan yang cocok dan layak.



Menurut Wallace, sebuah pekerjaan atau bisnis ideal adalah sebuah bisnis   yang dapat :


  • menggali dan mengembangkan potensi bakat
  • meningkatkan skill dan kemampuan
  • Pekerjaan sesuai hasrat dan keinginan


Bakat adalah sesuatu yang diberikan tuhan kepada manusia sedangkan skill adalah sesuatu yang kita dapatkan karena telah melewati proses mulai dari pendidikan, belajar dan berlatih.


Mungkin saja terjadi bakat dan skill orang selaras atau setara misalnya bakat sepakbola kemudian dia berlatih mengikuti program pendidikan sepak bola sehingga bakatnya makin terasa dan memiliki skill yang cukup.


Tapi, ada juga orang yang mempunyai bakat dan skill yang berbeda, misalnya seseorang memiliki bakat menyanyi   tapi dia mengasah dan melatih skill pada bidang yang lain yaitu bidang akuntansi.


Jadi, Anda harus memilih sebuah pekerjaan dan bisnis yang tepat dan relevan dengan diri sendiri. Pilihlah sebuah bisnis atau pekerjaan yang dapat meningkatkan bakat atau jika tidak, pilihlah sebuah bisnis  atau pekerjaan yang dapat meningkatkan skill dan kemampuan.


Baca juga : 6 jenis kesuksesan yang harus anda capai dalam hidup


Hal terpenting dalam memilih bisnis atau pekerjaan adalah pekerjaan itu harus sesuai dengan keinginkan dari hati. Setidaknya, Anda memilih dua kombinasi yaitu bisnis yang sesuai dengan keinginan dan dapat meningkatkan bakat atau bisnis yang sesuai dengan keinginan dan dapat meningkatkan skill.


Waktu yang tepat untuk meninggalkan pekerjaan


Jika pekerjaan atau bisnis yang sudah dijalani tidak sesuai apakah harus keluar dan pindah ke yang lain. Wallace menyatakan bahwa jika memang pekerjaan itu bukanlah pekerjaan impian maka Anda harus sabar dan berfokus untuk bertumbuh, meningkatkan skill dan terus belajar. 


Dengan fokus belajar dan meningkatkan skill maka Anda akan punya kesempatan untuk bertemu dengan pekerjaan yang benar-benar Anda inginkan.

 

Wallace juga menyarankan agar bertumbuh menjadi orang yang lebih baik, caranya dengan melakukan pekerjaan sebaik mungkin walaupun   Anda tidak menginginkan pekerjaan itu dalam jangka panjang.


Bertahan di pekerjaan itu dan lakukan hal yang terbaik, melayani semua orang dengan baik dan kerjakan dengan maksimal. Dengan cara itu, Anda akan punya kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang  benar-benar sesuai dengan hati nurani Anda.


Baca juga : penyebab utama ide bisnis anda selalu gagal


Wallace memberikan dua kriteria utama yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam menentukan waktu yang   tepat untuk meninggalkan pekerjaan dan beralih ke pekerjaan yang diinginkan.


Jangan meninggalkan pekerjaan hanya karena rasa emosional atau merasa tidak nyaman dan langsung pergi begitu saja. Anda harus sabar dan bertahan lalu tunggu waktu  yang tepat untuk meninggalkan pekerjaan karena waktu yang tepat adalah waktu   dimana Anda benar-benar mendapatkan kesempatan pekerjaan sesuai dengan keinginan.


Wallace juga menyatakan bahwa akan tiba saatnya, jika Anda serius menekuni pekerjaan sekarang, terus belajar dan mengembangkan diri maka Tuhan akan mengatur waktu yang tepat mempertemukan Anda dengan pekerjaan yang sesuai dengan harapan.


Waktu yang tepat untuk meninggalkan pekerjaan adalah saat Anda benar-benar siap melakukannya dengan berbagai persiapan bukan karena keputusan emosional tapi keputusan yang kuat dan sudah menguasai skill yang mumpuni.


Saat Anda sudah mempunyai keputusan dan skill yang kuat maka langsung saja tinggalkan pekerjaan itu dan mulai sebuah kehidupan yang lebih baik.


Begitu juga dengan memilih bisnis, tentukan satu bisnis yang bisa membuat Anda menjadi orang yang berkembang, meningkatkan skill dan terus belajar.


Pilihlah bisnis yang paling Anda cintai karena dengan cinta Anda pasti akan melakukannya dengan senang hati dan menikmati proses bisnis yang terus berjalan. Dengan memilih bisnis yang sesuai, Anda akan terus bertahan walaupun mengalami banyak kegagalan dan pada akhirnya menyentuh garis finish.

Posting Komentar

0 Komentar