6 Jenis Kesuksesan yang Harus Anda Capai Dalam Hidup

Menggapai hidup sukses



Ketika membicarakan kesuksesan, sebagian orang fokus pada pencapaian financial dan tanpa sadar banyak orang yang mengorbankan jenis kesuksesan lain demi mengejar kesuksesan finansial.

Ada orang yang sukses secara finansial tapi keluarganya berantakan, pasti banyak orang yang kaya raya namun kesehatannya terganggu, pastinya Anda tidak ingin hal tersebut terjadi pada diri sendiri.

Idealnya, kita berharap sukses secara financial, keluarga sehat dan baik, kesehatan yang terjaga dan emosional yang terkontrol sehingga kita benar-benar menikmati kehidupan di dunia ini.

Tapi perlu Anda ketahui bahwa kesuksesan itu bukan hanya sekadar urusan finansial, kesuksesan adalah hal yang bersifat multidimensional. Ada 6 jenis kesuksesan yang perlu Anda perhatikan agar tidak terjebak pada jenis finansial saja.

1. Kesuksesan finansial


Kesuksesan dalam aspek finansial merupakan sebuah orientasi kesuksesan yang sering menjadi fokus sebagain besar orang.

Banyak orang yang mengartikan kesuksesan sebagai pencapaian finansial semata sehingga melupakan aspek lain yang jauh lebih penting.

Dalam aspek financial, kesuksesan identik dengan kekayaan yang banyak, Penghasilan yang melimpah dan pekerjaan yang bagus.

2. Kesuksesan spiritual


Kesuksesan spiritual terkait dengan hubungan baik antara Anda dengan Tuhan, indikator sederhana terkait kesuksesan spiritual adalah ikhlas, sabar, syukur dan tawakal.

Ketika anda mampu tumbuh menjadi individu yang ikhlas terhadap takdir Tuhan maka Anda mampu menjalani hidup hari ini dengan rasa sabar, syukur dan tawakal atas masa depan.

Dari titik inilah Anda sudah mendapatkan kesuksesan spiritual, orang yang berhasil mendapatkan kesuksesan secara spiritual akan mampu menjalani hidup dengan penuh ketenangan dan kedamaian.

3. Kesuksesan sosial


Indikator penting dari kesuksesan sosial adalah ketika Anda mampu memiliki relasi sosial yang baik dengan orang-orang disekitar mulai dari keluarga, rekan kerja, masyarakat dan komunitas di sekitar tempat tinggal Anda.


Uuran kesuksesan sosial bukan pada seberapa banyak teman atau seberapa terkenal di suatu komunitas melainkan menekankan pada seberapa baik kualitas relasi sosial Anda.

Orang yang sukses secara sosial akan menjalani hidup dengan senang, gembira dan penuh makna.

4. Kesuksesan emosional


Ukuran kesuksesan pada aspek emosional terletak pada seberapa mampu Anda melakukan pengendalian emosi dalam menghadapi berbagai masalah.

Orang yang sukses secara emosional akan lebih mengedepankan rasa cinta, kasih sayang dan berusaha berpikir positif dalam setiap keadaan yang terjadi.

Orang-orang yang telah mendapatkan kesuksesan secara emosional akan mampu menjalani hidup dengan penuh rasa bahagia.

5. Kesuksesan kesehatan


Kesehatan adalah hal dasar yang diberikan Tuhan sejak kita terlahir di dunia, hal ini berarti sejak lahir, manusia adalah individu yang sukses pada sisi kesehatan.

Dalam perkembangannya, tugas manusia hari ini adalah menjaga kesehatan tersebut. Cara menjaganya sangat mudah dan sederhana, Anda cukup lakukan tiga hal saja :

  1. Mengonsumsi makanan yang berkualitas dan sehat
  2. Menjaga kualitas istirahat
  3. Olahraga setiap hari
 
kesuksesan menjaga kesehatan akan memberi Anda hidup dalam kondisi yang sehat, segar bugar dan prima sehingga memudahkan Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

6. Kesuksesan intelektual


Ukuran kesuksesan pada aspek intelektual tidak terletak pada IQ yang diperoleh dan tidak terletak pada seberapa tinggi pendidikan formal, tapi terkait dengan dua hal :

  1. Seberapa sering Anda belajar
  2. Seberapa banyak informasi yang bisa dimanfaatkan

Keinginan untuk belajar misalnya dengan cara membaca buku, ikut seminar dan pelatihan atau aktivitas lainnya. Sedangkan hal kemampuan menggunakan informasi terkait dengan kemampuan memanfaatkan informasi yang ada untuk melakukan tindakan yang terbaik.


Anda harus mampu mengumpulkan informasi, memilah informasi, menganalisis informasi dan memanfaatkan informasi untuk kebaikan Anda dan orang sekitar.
 
Orang yang sukses secara intelektual akan menjadi manusia yang bijaksana dan bermanfaat bagi lingkungan dan orang sekitarnya.

Penutup


Enam jenis kesuksesan tersebut harus mampu Anda perjuangkan secara seimbang, jangan hanya fokus pada salah satu jenis kesuksesan saja karena semuanya saling terhubung dan menguntungkan dalam kehidupan.

Walaupun menjalankannya tidak mudah, tapi bukan berarti hal yang mustahil untuk dapat diwujudkan. Untuk mewujudkan semua jenis kesuksesan itu, bisa Anda mulai dari penetapan goal-setting.

Buatlah goal setting pada keenam aspek tersebut secara teratur dan terarah, goal-setting tidak hanya fokus pada aspek finansial namun juga harus menyangkut aspek spiritual, emosional, sosial, intelektual dan kesehatan.

Posting Komentar

0 Komentar