8 Fitur Berguna WhatsApp yang Wajib Anda Ketahui

Fitur WhatsApp terbaru



Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu fitur berguna WhatsApp yang mungkin belum Anda ketahui dan belum menggunakannya sebelumnya.


Ada banyak fitur menarik di update terbaru WhatsApp yang cukup berguna saat melakukan sesuatu lewat aplikasi WhatsApp. Fitur ini sebelumnya hanya tersedia di versi beta dan sekarang sudah hadir di versi terbaru.


Anda bisa langsung mencoba fitur-fitur terbaru ini dengan update aplikasi WhatsApp ke versi terbaru di playstore. Sekarang kita lihat apa saja fitur-fitur terbarunya.


1. Dark mode wallpaper


WhatsApp versi terbaru menyediakan fitur wallpaper khusus untuk dark mode. Jadi, Anda bisa setting wallpaper khusus untuk dark mode saat mengaktifkannya. Wallpaper tersebut akan hilang saat dark mode dimatikan.


Untuk mengaktifkan wallpaper khusus dark mode, Anda harus mengaktifkan dark mode WhatsApp terlebih dahulu > kemudian masuk ke pengaturan > pilih chat > pilih wallpaper > pilih change untuk memilih gambar dan wallpaper dimming untuk mengatur kecerahan wallpaper.


Jadi, saat Anda mengaktifkan dark mode WhatsApp, wallpaper yang sudah dipilih akan diterapkan secara otomatis. 


2. View once


Fitur view once adalah fitur untuk mengirim foto yang hanya bisa dilihat sekali oleh si penerima, jadi saat mengirim foto ke orang lain, Anda bisa setting fotonya untuk bisa dilihat sekali saja.


Setelah fotonya dilihat sekali oleh si penerima maka foto tersebut akan dihapus secara otomatis oleh aplikasi WhatsApp. Jadi, foto yang Anda kirimkan itu akan lebih private dan si penerima tidak bisa mengirim foto tersebut ke orang lain.


Ketika si penerima kembali ke halaman WhatsApp setelah melihat foto maka file foto yang dikirim akan berubah menjadi tulisan opened yang berarti foto sudah pernah dibuka.


Untuk mengirim foto menggunakan fitur view once ini, Anda buka aplikasi WhatsApp versi terbaru > pilih orang yang ingin Anda kirim foto > pilih icon kamera di kanan bawah > pilih foto > pilih icon angka 1 kanan bawah > pilih kirim.


Jika Anda menerima pesan foto dengan fitur view once, pastikan Anda sudah melihat isi foto dengan detail sebelum kembali ke halaman WhatsApp.


3. Keep chats archived


WhatsApp versi terbaru menyediakan fitur keep chats archived di mana pesan yang Anda arsipkan akan tetap berada di kolom arsip walaupun orang tersebut mengirim pesan baru.


Versi WhatsApp sebelumnya, saat Anda arsipkan pesan dari grup chat dan personal chat, pesannya akan tetap muncul di notifikasi paling atas saat mereka mengirim pesan baru.


Baca juga :



Di update terbaru ini, Anda bisa arsipkan pesan WhatsApp secara permanen sehingga pesan baru dari orang lain tidak akan muncul di halaman utama WhatsApp.


Settingan fitur keep chats archived ini sudah aktif secara default saat Anda melakukan update terbaru aplikasi, Anda bisa melihat fiturnya dengan masuk ke WhatsApp > pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih setelan > pilih chat > aktifkan keep chats archived jika belum aktif.


4. Create WhatsApp link


Fitur terbaru WhatsApp selanjutnya adalah membuat link WhatsApp secara otomatis. Jadi, Anda bisa menggunakan website untuk membuat sebuah WhatsApp link dengan cepat.


Dengan WhatsApp link, orang lain bisa mengirim pesan hanya dengan mengklik link yang sudah dibuat. Fitur ini berguna untuk Anda yang sering diminta nomor whatsapp oleh orang lain.


Anda hanya share link ke orang lain dan orang tersebut harus klik link untuk memulai komunikasi melalui WhatsApp. Jadi, orang lain tidak akan mengetahui nomor Anda debelum mengirim pesan.


Link WhatsApp bisa Anda buat secara otomatis melalui website create.wa.link, Anda kunjungi situs itu dan temukan menu create your link here, kemudian isi nomor HP dan pesan yang ingin disampaikan lalu pilih generate untuk mulai membuat link.


Setelah itu akan muncul link yang bisa Anda share dan barcode yang bisa di-scane melalui smartphone lain.


5. WhatsApp on 4 devices


Ands bisa mengaktifkan 4 perangkat sekaligus untuk satu akun WhatsApp, di fitur ini Anda bisa link akun WhatsApp ke 4 perangkat yang berbeda.


Fitur WhatsApp 4 devices bisa diaktifkan dengan masuk ke WhatsApp > pilih titik tiga di pojok kanan atas > pilih Linked devices. Fitur ini juga bisa Anda aktifkan di berbagai perangkat walaupun smartphone utama sedang tidak aktif.


Jadi, Anda tetap bisa mengirim pesan dari device lain yang sudah terhubung ke device utama. Untuk menghubungkan akun WhatsApp ke device lain, Anda gunakan smartphone lain > kunjungi situs web.whatsapp.com > ubah browser ke mode dekstop > scan barcodenya dari device utama.


Setelah itu, akun WhatsApp akan terhubung ke device kedua. Untuk menghubungkan akun ke device ketiga dan keempat, lakukan hal yang sama seperti cara di atas.


6. Voice note speed


Saat play voice note yang dikirim, Anda bisa meningkatkan kecepatan suara 1,5× dan 2×. Dengan mempercepat voice note, pengguna bisa mendengarkan voice note yang panjang hanya dengan setengah durasi saja.


Fitur ini sangat bermanfaat untuk Anda yang ingin cepat-cepat mendengarkan voice note yang cukup panjang dan lama. Untuk menggunakan fitur voice note speed, Anda masuk ke WhatsApp > pilih pesan yang terdapat voice note > putar voice note > pilih angka untuk meningkatkan kecepatan suara.


7. High quality photo


Fitur terbaru ini membantu Anda untuk mengirimkan foto kualitas HD secara otomatis. Di versi sebelumnya, saat mengirim sebuah foto maka foto tersebut akan dikompres secara otomatis oleh algoritma WhatsApp dan membuat kualitas foto berkurang.


Di update terbaru, Anda bisa setting kualitas foto yang ingin dikirim menjadi lebih bagus. Fitur high quality tidak aktif secara otomatis, jadi Anda harus mengaktifkannya secara manual melalui pengaturan WhatsApp.


Untuk mengaktifkan fiturnya, Anda masuk ke apk WhatsApp > pilih titik tiga > pilih storage and data > pilih photo upload quality. Untuk upload foto ke WhatsApp dengan kualitas HD, Anda pilih opsi best quality.


8. No Contact WhatsApp


Update terbaru WhatsApp menyediakan fitur yang bisa mengirim pesan tanpa menyimpan nomor terlebih dahulu. Fitur ini cocok untuk Anda yang sering mengirim pesan khusus ke nomor tertentu yang belum disimpan.


Cara menggunakan fitur ini, Anda masuk ke aplikasi browser > kunjungi situs nocontactapp.com > isi nomor yang ingin Anda kirim > pilih message untuk mulai mengirim pesan. 


Penutup


Itulah fitur WhatsApp terbaru yang bisa Anda dapatkan di WhatsApp versi terbaru. Untuk Anda yang belum update WhatsApp, silahkan update terlebih dahulu di aplikasi playstore untuk mendapatkan fitur WhatsApp yang memudahkan Anda dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Posting Komentar

0 Komentar