3 Cara Mencari Teman Saat Usia Dewasa

Mencari teman saat dewasa


Waktu umur belasan sampai awal 20-an adalah salah satu masa yang paling indah selama hidup, masa-masa ini adalah ketika kita sedang sibuk dengan sekolah dan kuliah, pastinya di saat itu juga kita mempunyai banyak teman.

Hal ini wajar saja karena semua orang juga melakukan hal yang sama, di masa itu kita mempunyai banyak temen dan kalau dibandingkan dengan masa-masa dewasa, teman di usia belasan tahun itu lebih banyak.

Anda pasti merasakan bahwa semakin tua semakin sedikit teman yang kita punya dan bosan ketemu teman yang itu-itu aja. Teman yang banyak saat sekolah dulu sudah hilang entah kemana, ada yang pindah keluar kota, sibuk dengan pekerjaan dan ada yang sudah menikah.

Hal ini membuat intensitas bertemu teman semakin sulit karena semua teman kita sudah punya urusannya masing-masing. Seiring berjalannya waktu, Anda pasti akan sadar bahwa ada beberapa teman sekitar yang bukan true friend dan sampai toxic ke kehidupan Anda.

Pada akhirnya, Anda akan berpikir untuk lebih berhati-hati dalam memilih teman. Mencari teman baru di usia dewasa itu gampang-gampang susah karena hampir semua orang di usia dewasa itu sibuk dengan berbagai pekerjaan.

Mencari teman saat dewasa


Saat masa sekolah, Anda pasti punya banyak teman dan bisa ngobrol dengan orang-orang. Setidaknya di sekolah ada teman belajar, teman main game, teman nongkrong dan lainnya.

Hal ini sebenarnya wajar dibandingkan sekarang yang punya sedikit teman, kata psikolog :

"Ketika kita berada di sekolah atau kuliah, orang akan cenderung lebih mudah berteman karena kita dikelilingi oleh sekelompok orang yang memiliki minat dan tujuan yang sama di sekolah"

Jadi, wajar saja kita mudah mendapatkan teman di masa sekolah dan saat kita masuk usia 20-an ke atas, teman sedikit demi sedikit mulai pergi dan akhirnya tersisa diri Anda sendiri.

Hal ini sejalan dengan penelitian yang menyatakan bahwa jumlah teman seseorang akan menurun setelah usia 25 tahun. Hal ini terjadi karena seiring bertambahnya usia, orang-orang mulai sibuk kerja dan fokus dengan tujuannya masing-masing.

Jadi, saat usia 20 ke atas, kumpul dengan teman bukan jadi prioritas lagi. Kalaupun ada waktu luang, pasti mereka memilih untuk beristirahat dari lelahnya aktivitas seharian atau bertemu dengan orang-orang tertentu.

Baca juga :


Beberapa alasan di atas membuat kita sadar bahwa teman berkurang saat dewasa itu adalah hal yang wajar dan pasti semua orang dewasa pernah merasakan hal itu.

Tapi, walaupun wajar terkadang kita ingin menambah lingkaran sosial dan pastinya mencari teman baru karena akhir-akhir ini merasa hampa, kesepian dan lain-lain. 

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mencari teman saat usia dewasa.

1. Gunakan media sosial


Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mencari teman karena sosmed ini jangkauannya sangat luas dan Anda akan menemukan orang dengan pribadi yang berbeda-beda.

Tapi, mencari teman di media sosial itu tidak mudah. Terkadang, ada orang iseng yang menyamar sebagai laki-laki atau perempuan di sosmed untuk tujuan tertentu.

Untuk mencari teman di sosmed, Anda bisa mulai dengan gabung ke komunitas online yang sesuai dengan minat Anda, aktif di berbagai forum dan mungkin Anda akab menemukan orang yang cocok untuk dijadikan teman.

Selain itu, Anda juga bisa komunikasi dengan teman lama seperti teman SD atau teman SMP, bisa jadi mereka mau diajak ngobrol dan main-main sebentar.

2. Menjadi orang yang terbuka


Anda coba untuk mempersiapkan diri dan berusaha untuk menjadi orang yang lebih terbuka dibandingkan sebelumnya. Mencari teman tidak boleh asal-asalan, butuh persiapan dan rencana yang bagus supaya mendapatkan teman yang sesuai harapan.

Salah satunya adalah menjadi sosok yang terbuka, misalnya Anda adalah orang yang jarang cerita ke orang lain dan sekarang coba Anda mulai cerita ke orang lain.

Mencari teman di tempat yang sesuai

Cara mudah mendapatkan teman di usia dewasa adalah masuk ke tempat-tempat yang sesuai dengan diri Anda. Misalnya, Anda hobi bersepeda dan biasa sepedaan sendirian, Anda bisa masuk komunitas sepeda untuk mendapatkan teman dengan hobi yang sama.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung komunitas lainnya di internet seperti pecinta kucing, pecinta alam dan lain sebagainya.

3. Tulis orang-orang yang berpotensi menjadi teman


Anda bisa tulis orang-orang di sekitar yang berpotensi menjadi teman, misalnya Anda punya teman kerja yang asik dan mungkin dia cocok buat diajak cerita dan ngobrol, masukan dia ke list orang yang berpotensi menjadi teman.

Dengan membuat list seperti itu membantu Anda untuk memaksimalkan diri dalam mencari teman di sekitar yang cocok dengan diri Anda.

Penutup


Sebenarnya ada banyak cara untuk mencari teman di usia dewasa ini, asalkan Anda mau mikir dan cari tahu bagaimana caranya walaupun mencari teman itu untung-untungan dan harus pergi kesana kemari.

Ada juga di mana momen bertemu dengan seseorang lalu ngobrol dan langsung merasa cocok gitu. Jadi, mendapatkan teman baru juga ada faktor hokinya.

Untuk menjalankan tips di atas juga tidak mudah, mungkin Anda mempunyai masalah lain yang akan mengganggu seperti kurang percaya diri, takut memulai pembicaraan, insecure, cemas dan lain sebagainya.

Posting Komentar

0 Komentar