√ Inilah Rutinitas Orang Sukses yang Harus Anda Tiru - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 01 Agustus 2021

Inilah Rutinitas Orang Sukses yang Harus Anda Tiru

Manfaat bangun pagi hari



Rutinitas orang sukses yang diketahui banyak orang adalah bangun di pagi hari, alasan mereka bangun di pagi hari adalah untuk membantu produktivitas, ketenangan batin dan kesehatan tubuh. Banyak orang yang tidak tahu tentang pentingnya bangun di pagi hari yang mampu membantu seseorang untuk meraih kesuksesan.

Setiap hari kita pasti melakukan berbagai macam hal, bangun lebih pagi akan memberi Anda waktu untuk mengembangkan diri sendiri. Bagi kebanyakan orang bangun jam 5 pagi adalah hal yang sulit, tapi jika anda ingin menjadi bagian dari 5% orang hebat di dunia maka jangan bertindak seperti 95% orang kebanyakan.

Pada kesempatan kali ini, Magersena akan memberitahu rutinitas orang sukses yang harus anda tiru supaya anda mempunyai kebiasaan yang sama seperti mereka.

1. Formula 20/20/20


Jika anda bisa bangun satu jam lebih pagi dari sebelumnya maka manfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Anda bisa melakukan kegiatan dengan formula 20/20/20 yang terdiri dari 3 set 20 menit kegiatan yaitu belajar, refleksi diri dan aktivitas fisik (olahraga).

Jam 05.00 - 05.20 adalah waktu untuk berolahraga supaya anda benar-benar bangun dan tidak tidur lagi, olahraga juga bisa meningkatkan konsentrasi saat bekerja. Jam 05.20 - 05.40 adalah waktu untuk refleksi diri, anda tuliskan hal yang membuat anda bersyukur, harapan di masa depan dan kegiatan yang akan dilakukan hari ini.

Terakhir, jam 05.40 - 06.00 adalah waktu untuk berkembang, disini anda bisa melakukan pengembangan diri seperti membaca buku, nonton video edukasi atau mengeksekusi ide bisnis.

2. Rutin melakukan kebiasaan baik


Orang-orang ketika diminta untuk bangun jam 5 pagi setiap hari pasti menolak, meskipun anda tidak terbiasa bangun pagi bukan berarti anda tidak bisa melakukannya. Orang yang sukses mulai dari atlet terbaik sampai pengusaha sukses, mereka menerapkan kebiasaan baik dalam hidup untuk meraih kesuksesan.

Satu kebiasaan utama yang sering anda temukan dalam diri orang sukses adalah bangun lebih awal. Hal ini bukan kebetulan karena di pagi hari mereka berada dalam waktu produktif yang tinggi sehingga bisa mengerjakan pekerjaan yang paling penting tanpa gangguan.


Jika anda memulai hari dengan cara yang benar maka anda akan merasakan efek positifnya sepanjang hari. Sebaliknya, jika anda memulai hari dengan malas dan terlambat maka anda akan sulit merasakan efek positifnya sepanjang hari. 

3. 4 interior empire


Ada konsep menarik soal keseimbangan hidup, jika anda ingin sukses maka jangan hanya mengembangkan mindset saja. Tapi, anda juga harus mengembangkan 3 hal lain yaitu soulset, heartset dan healthset. 

Healthset adalah hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik, anda bisa olahraga setiap hari supaya tubuh tetap fit dan sehat. Heardset adalah hal yang berkaitan dengan kesehatan emosional, anda harus bisa mengontrol perasaan sendiri, belajar untuk merelakan kesedihan, ketakutan dan kemarahan.

Terakhir, Soulset adalah hal yang berkaitan dengan spiritualitas, anda harus tetap menjalin hubungan kepada tuhan yang maha esa. 4 area tersebut harus dilatih dan dikembangkan setiap hari supaya hidup menjadi lebih seimbang. 

Anda bisa mengembangkan 4 area tersebut dengan ritual sebelum tidur yang benar. Ada cara untuk mengakhiri hari dan mempersiapkan diri untuk sukses di pagi berikutnya :

Pertama, lakukan makan terakhir dan matikan semua perangkat elektronik antara jam 7-8 malam > antara jam 8-9 malam, anda bisa mengobrol dengan keluarga, pasangan, melakukan meditasi atau membaca buku > antara jam 9-10 malam, anda harus bersiap-siap untuk tidur dengan mematikan lampu kamar, menyetel alarm jam 5 pagi dan panjatkan doa syukur atas hari ini.

Itulah ritual yang bisa anda lakukan sebelum tidur supaya 4 area itu terlatih dan membuat hidup anda menjadi seimbang.

Penutup


Setiap hari adalah hal yang penting dalam perspektif yang lebih besar, anda bisa merancang kehidupan apa yang anda inginkan di masa depan mulai dari hal bermanfaat yang anda lakukan setiap harinya.


Kebiasaan baru membutuhkan 66 hari supaya menjadi sebuah kebiasaan tetap, setelah itu kebiasaan ini akan berjalan secara otomatis. 22 hari pertama digunakan untuk menghapus kebiasaan negatif, 22 hari kedua digunakan untuk membiasakan kebiasaan baru dan 22 hari ketiga digunakan untuk memasukkan kebiasaan baru dalam kehidupan sehari-hari.

Perubahan memang sulit pada awalnya, rumit di tengah tapi indah di bagian akhirnya. Bangun jam 5 pagi memang sulit di awal tapi saat anda mulai terbiasa maka anda akan menjalankan kebiasaan bangun pagi secara otomatis.

Get notifications from this blog