√ Cara Riset Kata Kunci YouTube Dengan Mudah dan Cepat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 29 Juli 2021

Cara Riset Kata Kunci YouTube Dengan Mudah dan Cepat

Cara mencari keyword YouTube




Pada kesempatan kali ini, Magersena akan menjelaskan cara riset kata kunci YouTube yang mudah untuk pemula. Cukup dengan smartphone dan tanpa menginstal aplikasi pihak ketiga, anda bisa mendapatkan banyak views dari penelusuran YouTube.

YouTuber pemula sering mengeluh karena saking sulitnya untuk mendapatkan 1000 subscriber dan 4000 jam tayang sebagai syarat monetisasi. Penyebab anda sulit mendapatkan subscriber dan jam tayang adalah urutan pembuatan konten yang terbalik.

Biasanya, youtuber akan membuat konten terlebih dahulu dan setelah membuat konten, dia bingung kata kunci apa yang cocok untuk konten tersebut. Setelah upload video, ternyata sepi penonton dan akhirnya membuatnya kecewa.

Sedangkan urutan pembuatan konten YouTube yang benar adalah sebagai berikut.

Lakukan riset kata kunci. Usahakan cari kata kunci yang sesuai dengan tema channel anda dan berpotensi mendatangkan views dari trafik penelusuran YouTube.

Membuat konten. Setelah mendapatkan kata kunci, buatlah konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut dan setelah diupload, video tersebut akan ramai penonton dengan sendirinya.

Cara riset kata kunci YouTube


Untuk melakukan riset kata kunci, ada 3 tools yang bisa anda gunakan yaitu YouTube, google trends dan VidIQ. Kebanyakan konten kreator memakai YouTube dan google trends untuk melakukan riset kata kunci.

Pertama, anda bisa buka google trends untuk mencari kata kunci utama yang kuat, kemudian buka YouTube untuk mencari frasa kata kunci dan terakhir buka VidIQ untuk mengecek kualitas kata kunci. 

1. Mencari kata kunci utama


Kata kunci yang harus anda cari adalah kata kunci yang sering dicari penonton setiap hari. Dengan menguasai kata kunci utama, video anda akan mendapatkan views yang banyak dari penelusuran YouTube, baik video yang sudah lama maupun yang baru.


Pertama, anda buka google trends dan ketik kata kunci tertentu maka google trends akan memberikan data banyaknya orang yang mencari kata kunci tersebut. Setelah muncul hasilnya, anda ubah lokasi pencarian menjadi Indonesia dan ubah dari penelusuran web menjadi penelusuran YouTube supaya hasil riset sesuai dengan kondisi di Indonesia.

2. Daftar frasa kata kunci


Selanjutnya, anda harus membuat daftar frasa kata kunci berdasarkan kata kunci utama yang sudah ada. Phrase keyword atau frasa kata kunci adalah kalimat kata kunci yang lebih panjang dan biasanya sering dicari penonton pada penelusuran YouTube.

Cara mencari frasa kata kunci adalah buka YouTube > ketik kata kunci utama pada kolom penelusuran > disana anda melihat daftar kata kunci dan YouTube memberikan rekomendasi frasa kata kunci yang sering dicari penonton > kemudian catat beberapa kata kunci yang ingin dijadikan konten.

3. Cek nilai frasa kata kunci


Setelah mencatat beberapa frasa kata kunci, anda harus mengecek kualitas atau nilai kata kunci tersebut. Cari kata kunci yang paling berpotensi mendatangkan views dari trafik penelusuran YouTube.

Cara mengecek nilai kata kunci adalah menggunakan VidIQ, pertama anda buka situs VidIQ > pilih garis tiga di pojok kanan atas > pilih keyword > ketik kata kunci di kolom search keyword maka akan muncul data kata kunci > kemudian anda pilih search volume untuk mengetahui jumlah penelusuran YouTube per bulan dan pastikan nilai volume lebih dari 1000.

Jika volume kata kunci kurang dari 1000 maka video anda akan sepi penonton. Setelah itu, anda pilih competition untuk mengetahui tingkat persaingan kata kunci. Untuk bagian overall, anda akan melihat hasil akhir dari nilai kata kunci, semakin besar nilainya maka semakin bagus kata kuncinya.


Perhatikan juga beberapa kata kunci lain di bagian related keyword, jika ada kata kunci yang menarik dan mempunyai nilai yang tinggi maka masukkan ke dalam catatan kata kunci anda beserta dengan nilai overallnya. Setelah itu, anda susun kata kunci dari urutan nilai yang tertinggi sampai yang terendah.

Sampai disini, riset kata kunci YouTube sudah selesai. Langkah selanjutnya adalah membuat konten yang sesuai dengan kata kunci tersebut, anda bisa mulai membuat konten dari nilai kata kunci yang tertinggi dan berurutan sampai ke nilai kata kunci yang paling rendah.

Setelah konten siap, jangan lupa untuk melakukan optimasi SEO pada judul dan deskripsi supaya video anda muncul pertama di hasil penelusuran YouTube. Saat upload, video tidak akan langsung banyak penonton, YouTube butuh waktu untuk mengenali kata kunci yang anda optimasi kemudian mempromosikan video ke penonton dengan minat yang sama.

Video yang sudah diupload membutuhkan waktu 2-4 bulan untuk mendapatkan banyak penonton baik penonton dari penelusuran YouTube atau sumber trafik lain. Video yang mempunyai kata kunci utama yang kuat akan mendapatkan views terus menerus sepanjang tahun.

silahkan ulangi cara ini saat ingin membuat konten YouTube supaya video yang anda upload selalu ramai penonton. Jika subscriber sudah melebihi 100.000 maka anda bisa memperluas kata kunci utama channel. 

Get notifications from this blog