Cara Belajar Otodidak Dengan Cepat (Ultra Learning)

Cara Belajar Otodidak Dengan Cepat


Cara belajar otodidak dengan cepat



Belajar adalah cara kita melihat sesuatu yang sebelumnya belum pernah terlihat, di era sekarang dimana informasi bisa diakses dengan mudah untuk mendukung seseorang untuk belajar secara mandiri.

Zaman sekarang belajar tidak hanya dilakukan di sekolah namun anda bisa belajar suatu hal melalui internet yang bisa diakses setiap hari dengan mudah dan cepat. Perkembangan dunia yang semakin cepat membuat setiap orang harus mempelajari hal baru untuk mengimbangi kemajuan dunia.

Belajar hal baru bisa dilakukan lewat internet tapi masih banyak orang yang masih kesulitan untuk melakukannya. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan cara belajar otodidak dengan cepat. Cara ini bisa membantu anda untuk mempelajari kemampuan baru dengan waktu yang singkat.

1. Belajar tanpa harus ke sekolah


Semua orang bisa memperoleh keahlian yang sama tanpa duduk di bangku kuliah. Ada sekelompok orang yang berusaha untuk mencapai tujuan yang mereka inginkan dengan belajar secara mandiri dalam waktu yang relatif lebih singkat daripada pendidikan formal.

Mereka disebut sebagai ultra learner, kemampuan ini bisa mempercepat karir yang anda jalani, transisi karir dan menyelamatkan karir dengan menambah keahlian baru yang lebih berguna. Metode ini sangat relevan untuk dunia ini yang berkembang dengan sangat cepat.

Anda akan berusaha untuk mencari solusi atas masalah dan tantangan yang anda hadapi saat ini,  jika sudah mencari solusi maka anda harus menentukan apa yang ingin dipelajari dan kenapa harus mempelajari hal itu. Tahap selanjutnya, anda akan belajar secara rutin dan efektif setiap hari.


Perkembangan teknologi informasi yang semakin cepat membuat sekolah tidak mampu mengimbanginya, setelah lulus sekolah pasti setiap orang mempunyai tanggung jawab untuk terus meningkatkan kemampuan.

Institusi pendidikan terikat dengan pendekatan tradisional daripada mencari cara cepat, lebih mudah dan lebih baik untuk memberikan pengalaman pendidikan yang lebih baik.

2. Menjadi seorang ultra learner


Anda pasti penasaran bagaimana cara belajar dengan cepat ? Ada beberapa prinsip yang harus nada terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Metalearning


Metalearning adalah langkah awal untuk mencapai ultra learner, anda harus mampu melihat gambaran besar dan menyusun strategi belajar yang optimal. Anda bisa mulai dengan membuat metalearning map yang berisi 3 kategori besar yaitu fakta, konsep dan prosedur.

Konsep berhubungan dengan apa yang perlu anda pahami, fakta berhubungan dengan hal yang perlu dihafal dan prosedur berhubungan dengan apa yang harus anda lakukan. Setelah anda mempertimbangkan setaip kategori maka anda harus fokus pada kategori yang paling relevan.

Cobalah untuk belajar dari orang lain yang sudah mempelajari keahlian itu sebelumnya, perhatikan bagaimana mereka melakukannya dan mulai praktekkan dengan tanganmu sendiri. 

Directness


Ultra learning mampu membuat seseorang menjadi seorang ahli dalam waktu yang relatif singkat karena ultra learning mempunyai immersive learning, jadi siswa tidak belajar di dalam kelas tapi bersentuhan langsung dengan sesuatu yang ingin dia pelajari.

Misalnya, jika anda ingin belajar bahasa Inggris lewat jalur konvensional maka anda akan belajar di kelas tapi cara yang paling efektif adalah dengan berkomunikasi langsung dengan orang luar negeri.

Pendekatan belajar disertai dengan praktek adalah cara yang efektif untuk mempersingkat waktu belajar.

Retrieval


Ketika anda belajar hal baru, lakukanlah tes mandiri setiap hari untuk meningkatkan kemampuan dalam memahami hal yang sedang anda pelajari. Anda bisa mengetes diri sendiri dengan menuliskan soal yang anda ketahui tentang topik tertentu.

Hal ini tidak mudah dilakukan karena apa yang anda pelajari itu cukup menantang dan membutuhkan pemahaman yang lebih mendalam. Tapi, ini adalah cara yang paling efektif untuk mempelajari suatu hal dengan cepat.

3. Manfaat belajar ultra learning


Ultra learning meningkatkan kemampuan anda dalam bekerja, tapi apakah anda pernah bermimpi untuk belajar keahlian baru seperti belajar alat musik, bahasa asing, memasak dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, hidup adalah tentang belajar mulai dari keahlian baru sampai mengembangkan diri menjadi lebih baik. Ketika anda belajar lebih cepat maka anda akan berkembang lebih cepat dari sebelumnya.

Ada manfaat lain ketika anda berhasil belajar mandiri dengan cepat diantaranya memahami wawasan yang berkembang, melihat sesuatu yang belum pernah terlihat dan mengakui potensi diri yang terpendam.


Ingat, hal yang paling penting dalam mempelajari sesuatu adalah kerja keras dan strategi. Belajar kemampuan baru tidak mudah dan ada tantangan dan kesulitan di setiap prosesnya, namun jangan menyerah dan cari solusi untuk mengatasi masalah yang ada.

Kepuasan terbesar bukan berasal dari melakukan hal yang mudah tapi menyadari potensi diri yang terpendam dan menghancurkan pemikiran yang membatasi diri kita untuk mencapai kesuksesan.

Posting Komentar

0 Komentar