Begini Cara Mengatasi Rasa Takut Gagal Dalam Diri

Mengatasi Rasa Takut Gagal

Takut dengan kegagalan

Anda pasti pernah merasa takut untuk mengerjakan sesuatu dan melakukan tindakan, akibat rasa takut yang berlebih akhirnya pekerjaan dan tindakan tidak terealisasikan sehingga ketinggalan momentum dan dikerjakan oleh orang lain.

Rasa takut akan mempengaruhi anda dalam mencoba sesuatu yang baru, membuat anda nyaman berada di zona nyaman dan menolak perubahan dalam hidup. Takut gagal menjadi alasan banyak orang saat ditawari sebuah pekerjaan dan bisnis, rasa takut gagal ini akan membuat pandangan negatif terhadap dunia.

Dalam kondisi yang parah, rasa takut gagal termasuk penyakit mental yang disebut dengan atychiphobia. Penderitaan penyakit mental ini biasanya rasa takut gagal yang disertai dengan gangguan makan, depresi, sesak nafas dan susah tidur.

Penyakit ini biasanya diderita oleh orang perfeksionis, jika anda mengalami hal yang saya sebutkan tadi maka anda harus berkonsultasi dengan seorang psikolog.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah tips untuk mengatasi rasa takut gagal yang sering muncul saat kita ingin mengambil tindakan atau mencoba suatu hal.

1. Mengasah kemampuan

Seseorang takut dengan kegagalan adalah karena kurangnya pengalaman dan kemampuan, kegagalan memberitahu letak kesalahan anda sehingga kesalahan itu bisa diperbaiki dengan kemampuan yang anda punya.

Untuk menghilangkan rasa takut gagal, anda harus mengasah kemampuan ke tingkat yang lebih tinggi dan perbaiki kesalahan yang ada dalam diri seperti mindset yang salah, kurang fokus, informasi menyesatkan, kebiasaan buruk dan lain sebagainya.

Terus asah kemampuan anda dan jangan berhenti untuk mencoba, jika gagal maka cari metode lain yang lebih efektif.

2. Berani mencoba

Berani mencoba sesuatu akan memberi Anda sebuah pengalaman yang belum pernah didapatkan sebelumnya, kebanyakan orang merasa takut karena tidak pernah mencoba. Faktanya 80% orang sudah gagal karena takut untuk mencoba suatu hal.

Anda tidak bisa belajar berenang hanya dari teori dan pikiran saja, anda harus masuk ke kolam renang untuk mencoba gerakan renang yang sudah anda ketahui dan sedikit demi sedikit pasti anda akan bisa berenang dengan lancar.

Saat anda sudah bisa berenang maka rasa takut yang ada dalam diri akan hilang karena sudah berani mencoba. Untuk menghilangkan rasa takut gagal adalah dengan memaksakan diri untuk mencoba hal yang ditakuti dan saat sudah mencobanya rasa takut pun akan sirna.

3. Lingkungan yang tepat

Untuk menghilangkan rasa takut gagal, anda harus mencari lingkungan yang tepat. Kegagalan tidak bisa dihindari tapi anda bisa menghindari mindset gagal. Orang bisa mempunyai mindset gagal karena terpengaruh oleh lingkungan sekitar.

Baca juga : hal yang harus anda punya saat berumur 25 tahun

Jika anda bergaul dengan orang yang mempunyai mindset gagal maka anda cepat atau lambat akan mempunyai pikiran yang sama seperti mereka. Untuk menghindari mindset gagal, anda harus pindah ke lingkungan yang diisi oleh orang yang mempunyai mindset sukses.

4. Definisi tentang kegagalan

Perbedaan besar antara orang biasa dan orang sukses adalah bagaimana dia memandang sebuah kegagalan yang terjadi dalam hidup. Orang sukses memandang kegagalan sebagai batu loncatan, sebuah inspirasi untuk terus maju dan sebagai peringatan bagi diri bahwa hal yang dilakukan itu tidak efektif.

Sedangkan orang biasa memandang kegagalan sebagai sebuah kehinaan, keterpurukan, kerugian dan hal negatif lainnya. Orang biasa tidak menyadari bahwa dibalik kegagalan terdapat banyak pelajaran yang bisa dijadikan senjata untuk menghadapi tantangan berikutnya.

Kegagalan tidak akan membuat anda menjadi orang gagal, orang akan disebut gagal apabila dia menyerah untuk mengejar apa yang dia impikan. Jika anda sering gagal tapi terus mengejar apa yang anda impikan berarti anda bukan orang gagal melainkan orang yang sedang berjuang.

Gagal dalam bisnis, karir, percintaan dan sekolah adalah hal yang biasa. Kegagalan membuat seseorang menyadari kekurangan yang ada dalam dirinya sehingga dia mulai memperbaiki kekurangan itu supaya tidak mengalami kegagalan yang sama di masa yang akan datang.

5. Belajar dari kegagalan

Kegagalan adalah guru yang memberitahu kesalahan yang sering kita lakukan, kegagalan akan memberikan kita banyak pelajaran dibandingkan sebuah kesuksesan. Kegagalan bisa disebut sebagai hadiah untuk orang yang berani mencoba meskipun usahanya belum efektif.

Anda harus bangga saat mengalami kegagalan karena gagal adalah tanda bahwa Anda pernah berjuang dan berani mengambil tindakan. Dengan kegagalan, anda akan lebih mudah dalam mengambil keputusan dan membentuk karakter diri sendiri.

Perusahaan besar di dunia ini bisa terbentuk karena belajar dari kegagalan dan kesalahan, ingat bahwa kegagalan adalah batu loncatan untuk mencapai kesuksesan di masa yang akan datang.

6. Hilangkan pikiran buruk

Penyebab takut terhadap sesuatu adalah mempunyai pikiran atau visualisasi yang buruk. Jika pikiran baik maka hati akan baik dan jika pikiran buruk maka hati pun akan buruk.

Pikiran manusia seperti video player, kalau menampilkan video yang menyenangkan maka hati akan senang, menampilkan video yang menyeramkan maka hati akan ketakutan.

Setelah menonton film horor, anda pasti menjadi orang yang penakut, takut ke kamar mandi, takut tidur sendirian dan takut kegelapan. Pikiran anda seperti disabotase oleh film horor yang sudah ditonton sehingga membuat action anda menjadi abnormal.

Jika anda mempunyai pikiran yang buruk seperti gagal, takut rugi, bangkrut, kehilangan maka cepat atau lambat anda akan mengalami apa yang dipikirkan karena anda saat ini sedang memanifestasikan apa yang sedang dipikirkan.

Jangan sampai anda dikendalikan oleh pikiran yang menyesatkan, berusahalah untuk mengeluarkan performa maksimal anda dan keluar dari berbagai pikiran yang mengekang serta menyesatkan.

7. Mencari sparring partner

Sparring partner membantu kita dalam menemukan benchmark yang jelas dan menimbulkan perasaan "wah si Udin bisa, harusnya saya juga bisa dong", akhirnya melahirkan sebuah kompetisi dalam arti yang positif.

Baca juga : 7 tanda kalau anda sudah menyia-nyiakan hidup

Fokus pikiran akan berubah dari awal yang takut gagal menjadi pemberani karena melihat orang lain bisa melakukannya. Jika anda belum mempunyai sparring partner maka carilah dari sekarang untuk membantu anda dalam menyingkirkan rasa takut yang ada dalam diri.

8. Berdoa

Percayalah dengan kekuatan doa karena dia akan membuat hati menjadi lebih tenang, rasa takut gagal tidak akan sepenuhnya hilang. Saat mencoba sesuatu yang baru, anda pasti merasa takut dengan hal-hal yang belum terjadi.

Saat anda dikuasai oleh rasa takut maka berdoalah kepada Tuhan dan memperbesar perasaan syukur. Jangan lupa untuk percaya dengan apa yang anda lakukan supaya anda bisa mengeluarkan semua potensi dengan maksimal.

Posting Komentar

0 Komentar