√ Tanyakan Hal Ini Sebelum Menentukan Tujuan Hidup - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 13 Mei 2021

Tanyakan Hal Ini Sebelum Menentukan Tujuan Hidup

Tanyakan Hal Ini Sebelum Menentukan Tujuan Hidup


Sebelum mengejar tujuan hidup


Ketika orang-orang ditanya tentang tujuan hidup, ada beberapa jawaban yang bisa didapat. Ada orang yang sudah punya bayangan tujuan hidup tapi masih takut mengejarnya, ada orang yang benar-benar tak punya tujuan hidup, ada orang yang masih ragu-ragu dengan tujuan hidupnya dan lain sebagainya.


Tapi, hal ini termasuk wajar karena kebanyakan orang saat ditanya tentang tujuan hidup pasti jawabannya bervariasi. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sebuah pertanyaan yang harus anda jawab sebelum menentukan tujuan hidup anda.


Pertanyaan tentang tujuan hidup


Sebelum itu, saya akan bercerita sedikit tentang karakter Thanos di Avengers yang memberitahu arti tujuan hidup. Untuk anda yang sudah menonton film Avengers : Infinity War pasti sudah tahu kalau Thanos adalah tokoh antagonis utama, walaupun dia jahat tapi Thanos mempunyai tujuan hidup yang jelas.


Tujuan hidup Thanos adalah memberikan kedamaian pada alam semesta dengan melenyapkan setengah makhluk hidup yang ada di alam semesta, tujuan hidup Thanos sudah bagus yaitu memberikan kedamaian tapi caranya itu yang menjadi pro-kontra.


Thanos tidak main-main dalam mengejar tujuan hidupnya, dia bersungguh-sungguh ingin melenyapkan setengah makhluk hidup di alam semesta demi kedamaian.  Thanos sudah merancang rencana yang mantap supaya tujuannya bisa terwujud, dia harus mengumpulkan 6 infinity stone dan kalau sudah terkumpul maka dia bisa mewujudkan keinginannya saat itu juga.


Salah satu stone yang harus Thanos dapat ialah stone soul (batu jiwa), untuk mendapatkan batu ini Thanos harus mengorbankan orang yang dia cintai dan dia pun mengorbankan putrinya sendiri demi mendapatkan soul stone.


Meski hatinya sangat hancur, dia harus melakukannya demi mewujudkan tujuan hidup yang sudah dia rancang. Sampai akhirnya dia berhasil mengumpulkan semua infinity stone dan tujuan hidupnya pun berhasil dia wujudkan.


Baca juga : Inilah 7 buku yang akan mengubah hidup anda


Cerita Thanos ini memberikan kita gambaran tentang tujuan hidup, semua tujuan hidup yang kita rencanakan pasti mempunyai resikonya masing-masing, tidak ada tujuan hidup yang tidak mempunyai resiko.


Hal ini membuat beberapa orang takut untuk mengejar tujuan hidup karena ada sesuatu yang harus dikorbankan, akibat ketakutan ini membuat beberapa orang mencari tujuan hidup lain yang resikonya lebih kecil, aman dan realistis.


Walaupun anda mencari tujuan hidup lain tetap akan ada kebingungan baru dan pertanyaan yang meragukan seperti :


"hasilnya bakal sempurna gak ya ?"

"apa benar cara ini akan efektif"

"Tapi kalau hasilnya mengecewakan gimana ?"


Padahal Mark Manson seorang penulis asal Amerika mengatakan bahwa semua hal di dunia ini sebenarnya menyebalkan dan hal apapun di dunia ini mempunyai resiko atau sisi buruknya masing-masing. Walaupun anda mengubah tujuan hidup menjadi lebih aman tetap akan ada resikonya.


Setiap langkah yang anda ambil untuk mencapai tujuan hidup pasti ada resikonya dan besar kecil resiko itu tergantung dari tujuan hidup yang ingin Anda capai. Ketika anda bingung menentukan tujuan hidup, anda bisa memberikan beberapa pertanyaan ke diri sendiri seperti :


"Hal apa yang siap saya korbankan ?"

"Pengalaman pahit apa yang siap saya rasakan"


Jawaban tiap orang pasti berbeda-beda tergantung dari apa yang ingin mereka capai dalam hidup. Setelah memberikan pertanyaan itu, apakah anda akan tetap mengejar tujuan hidup dengan gantinya akan ada hal yang harus dikorbankan dan pengalaman pahit yang harus dirasakan.


Jika anda tetap mengejar tujuan hidup maka mulailah secara perlahan dan jika anda merasa ragu dengan tujuan hidup maka lakukanlah hal - hal kecil dan tanamkan kalimat "mulai aja dulu" dalam diri anda atau mengubah tujuan hidup menjadi lebih realistis dengan kondisi anda sekarang.


Baca juga : begini cara belajar yang efektif ala Elon Musk


Hal penting yang harus anda ketahui adalah menentukan tujuan hidup bukan proses yang terjadi sekali seumur hidup, artinya anda boleh saja revisi tujuan hidup berkali-kali untuk menemukan tujuan yang lebih cocok dan benar-benar sesuai keinginan.


Saat anda merevisi tujuan hidup, coba tanyakan dua pertanyaan tadi supaya anda semakin siap dan kuat dengan pengorbanan dan cobaan yang akan menimpa anda.

Get notifications from this blog