√ Begini Cara Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Pilih ! - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Begini Cara Memilih Jurusan Kuliah, Jangan Sampai Salah Pilih !

Salah pilih jurusan


Berdasarkan penelitian tahun 2017, sebanyak 87% mahasiswa Indonesia mengaku salah jurusan  dan 71% pekerja mengaku profesi mereka tidak cocok dengan pendidikan. Memilih jurusan kuliah tidak boleh anda sepelekan karena jurusan yang anda pilih akan menentukan nasib hidup di masa depan.


Coba ingat saat anda masih di sekolah dasar dulu ditanya oleh guru "cita - citanya mau jadi apa ?", Kebanyakan orang menjawab ingin menjadi dokter, polisi, tentara, presiden, pilot, masinis dan lain sebagainya. Jawaban itu terbentuk dari lingkungan sekitar anda, kalau teman pilih A anda ikutan pilih A, teman pilih B anda ikutan pilih B dan seterusnya.


Kebiasaan seperti itu tidak hanya di sekolah dasar saja tapi sampai anda dewasa dan masuk kuliah, anda masih mempunyai kebiasaan ikut-ikutan teman saat menentukan suatu pilihan. Teman masuk jurusan bisnis, anda ikut jurusan bisnis, teman ikut jurusan kedokteran, anda pun ikut juga.


Hal yang harus anda sadari adalah teman anda mempunyai prioritas sendiri dan anda juga harus mempunyai prioritas sendiri supaya bisa menentukan pilihan secara mandiri tanpa bantuan orang lain.


Cara memilih jurusan kuliah yang tepat


Banyak orang yang tidak mau pisah dengan sahabat saat kuliah sehingga mereka ikut jurusan teman hanya karena tidak ingin berpisah, hal seperti ini harus dihindari karena bisa jadi jurusan yang diambil teman adalah jurusan yang tidak anda minati.


Anda boleh masuk SMP dan SMA yang sama dengan sahabat tapi untuk kuliah ini sangat berbeda, anda harus mempunyai prioritas sendiri karena kuliah ini akan menentukan masa depan anda seperti apa nantinya.


Untuk anda yang sedang bingung dalam memilih jurusan kuliah, saya akan memberikan tips memilih jurusan kuliah yang baik dan bena supaya di masa depan anda tidak akan menyesal.


Kenali diri anda


Memilih jurusan kuliah adalah sesuatu yang gampang - gampang susah, langkah awal yang bisa anda lakukan adalah mengenali diri sendiri. Kita lebih mudah mengenal orang lain daripada mengenal diri sendiri karena manusia sangat dinamis dan kemauannya selalu berubah-ubah.


Tapi, ada satu hal penting yang harus anda ketahui yaitu rasa ingin tahu, ketika anda mempunyai rasa ingin tahu terhadap suatu bidang maka anda akan totalitas dalam mengerjakan hal yang berkaitan dengan bidang tersebut.


Rasa ingin tahu ini bisa dijadikan landasan untuk memilih jurusan kuliah, jangan sampai anda pilih jurusan karena menyukai pelajaran tertentu saja. Pelajaran yang anda sukai saat SMA bukanlah satu-satunya dasar untuk menentukan jurusan yang akan anda ambil.


Mencari prospek kerja


Kebanyakan orang pada akhirnya kuliah > lulus > cari kerja > dapat penghasilan, jadi tidak salah ketika orang bertanya prospek kerja dari jurusan tertentu. Tapi, satu hal yang harus anda tahu bahwa saat masuk jurusan kuliah tidak menjamin anda kerja di jurusan yang anda jalani itu.


Baca juga : cara belajar yang efektif ala Elon Musk


Misalkan, anda memilih jurusan arsitektur dan saat lulus tidak menjamin anda bekerja di bidang arsitektur. Hal ini terjadi biasanya karena tekanan dari orang tua, orang tua ingin anaknya masuk ke jurusan yang prospek kerjanya bagus.


Padahal semua jurusan mempunyai prospek kerja yang bagus asalkan anda mau berusaha, esensi pendidikan bukan untuk mencari pekerjaan tapi mengasah kemampuan dalam pekerjaan atau menciptakan lapangan pekerjaan.


Usahakan ilmu yang anda dapat dari kuliah itu bermanfaat untuk mengatasi masalah - masalah yang ada di masyarakat. Percayalah, selama anda menjalani kuliah dengan sungguh-sungguh maka urusan duit tidak akan kemana.


Membuat road map


Bayangkan 5 - 10 tahun ke depan anda akan menjadi apa ? Jika tidak terbayang berarti anda belum mempunyai tujuan hidup. Membuat road map wajib dilakukan karena berguna untuk memproyeksikan diri kita 10 tahun yang akan datang.


Jika anda masih bingung ingin menjadi apa di masa depan nanti maka lakukanlah apa yang anda sukai mulai dari sekarang. Misalkan, anda menyukai suatu hal lalu anda menemukan prospek kerja dari bidang yang anda sukai, dari situ anda bisa menyusun rencana hidup yang bisa memproyeksikan diri anda di masa depan.


Road map berguna untuk lebih mengenal diri sendiri lebih jauh dan sebagai landasan untuk menyusun rencana hidup jangka pendek, menengah dan jangka panjang.


Pilih universitas atau jurusan ?


Lingkungan universitas yang bagus akan mendorong proses belajar menjadi lebih baik. Universitas besar seperti UI, ITB dan UGM itu dulunya adalah universitas biasa, aspek yang membuat universitas tersebut menjadi terkenal adalah proses, mahasiswa dan civitas akademisnya.


Zaman dulu, mahasiswa itu berlomba-lomba untuk membanggakan nama kampusnya tapi zaman sekarang, kebanyakan orang ingin masuk ke universitas yang sudah besar dan tidak mau membesarkan universitas yang masih kecil.


Antara universitas dan jurusan, lebih baik anda pilih jurusan terlebih dahulu. Pilihlah jurusan kuliah berdasarkan kepribadian, jurusan yang bisa membuat anda nyaman dan setelah itu anda bisa menentukan universitasnya.


Baca juga : 7 buku yang akan mengubah hidup anda


Jangan sampai anda sudah memilih universitas tapi belum memilih jurusan karena hal ini bisa membuat anda salah dalam menentukan jurusan yang akan anda ambil.


Cari informasi tentang universitas


Anda harus mencari informasi tentang universitas yang menyediakan jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat anda, jangan malas karena jika anda tidak mencari informasi lebih lanjut maka kemungkinan besar anda salah memilih jurusan.


Setelah mendapatkan informasi yang cukup dari beberapa universitas, anda bisa menentukan jurusan dan universitas yang ingin anda tempati.

Get notifications from this blog