√ Inilah 7 Buku yang Akan Mengubah Hidup Anda - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Inilah 7 Buku yang Akan Mengubah Hidup Anda

7 Buku yang Akan Mengubah Hidup Anda


Buku yang bisa mengubah hidup


Buku adalah jendela dunia, untuk membuka jendela itu tentu anda harus membaca buku supaya anda bisa melihat hal-hal di balik jendela atau pengetahuan. Buku menjadi sumber informasi yang berisi tentang pengetahuan, politik, kesehatan, bisnis, investasi dan lain sebagainya.


Membaca buku memberikan berbagai macam manfaat bagi siapa saja yang membacanya baik orang dewasa ataupun anak-anak. Selain sebagai sarana hiburan, membaca buku juga akan menambah pengetahuan dan meningkatkan kemampuan seseorang.


Membaca buku secara rutin setiap hari akan mengubah diri anda menjadi lebih baik. Denganmembaca buku, anda bisa mengubah masa, mengubah pola pikir dan mudah berpikir jernih. Membaca buku bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak terbatas oleh ruang dan waktu.


Pada kesempatan kali ini, saya akan merekomendasikan beberapa buku yang bisa merubah sudut pandang, pola pikir dan kehidupan anda.


1. No More Mr. Nice Guy


No more Mr nice guy

Buku Mr. Nice Guy akan mengubah hidup anda karena buku ini membahas fenomena laki-laki yang terobsesi untuk menjadi orang baik tapi hal itu membuat dia tidak pernah bahagia. Buku ini tidak hanya untuk lelaki, para wanita pun boleh membacanya terutama bagi wanita yang hidup dengan lelaki yang teridentifikasi sebagai nice guy.


2. Atomic Habits


Atomic habits

Atomic habits adalah buku yang membahas tentang kebiasaan, buku ini yang paling direkomendasikan diantara buku - buku lain yang sejenis. Buku ini membahas bagaimana perubahan kecil mampu memberikan dampak yang besar, buku Atomic Habits ditulis dengan sangat rapih, apik dan sistematis.


Buku ini menawarkan solusi untuk mengubah kehidupan melalui hal - hal kecil yang mudah untuk dilakukan. Ada quote yang menarik dalam buku ini :


"Ancaman besar untuk sukses bukanlah kegagalan, melainkan rasa bosan"


Artinya, anda boleh gagal berkali-kali dalam setiap usaha anda tapi anda tidak boleh bosan dalam berusaha, bosan melakukan hal yang sama berulang-ulang dan bosan melakukan kegiatan yang sama setiap hari.


Menurut James Clear, kebiasaan adalah barang yang dihasilkan dari kegiatan sehari-hari bukan perubahan yang berlangsung sekali, kita akan mendapatkan hasil dari apa yang kita ulangi setiap hari. Jika anda ingin mengubah kebiasaan buruk dan meningkatkan kualitas hidup maka anda wajib membaca buku ini.


Buku Atomic Habits sudah tersedia dalam edisi bahasa Indonesia, silahkan baca dan ambil ilmunya.


3. Give and Take


Give and take

Buku ini membahas tentang memberi atau sedekah yang dibungkus dalam berbagai penjelasan yang detail, buku give and take ditulis oleh Adam Grant yang mempunyai latar belakang akademisi terbaik di dunia. Buku ini menjelaskan kenapa memberi tidak membuat anda miskin tapi membuat anda menjadi orang sukses.


Selain itu, anda akan menemukan bukti dan penjelasan bagaimana pola tersebut selalu terjadi di sekitar kita, give and take akan mengubah cara pandang anda tentang memberi, peduli dan mekanisme hutang budi. Kutipan menarik di buku ini adalah :


"Ukuran sebenarnya dari seseorang adalah cara dia memperlakukan orang yang sama sekali tidak bermanfaat baginya"


Buku ini sudah diterjemahkan ke bahasa Indonesia dan anda harus membacanya supaya mendapatkan cara pandang baru tentang sedekah.


4. Contagious


Contagious

Buku ini membahas apa saja yang viral, bagaimana sesuatu bisa menjadi viral, penjelasan ilmiah dan bagaimana untuk menciptakannya. Contagious mengajak kita untuk memahami segala hal tentang viral mulai dari rumus, pencipta dan orang - orang di balik konten viral.


Ada 6 kunci utama yang akan dibahas panjang lebar dalam buku, kunci utama ini disebut dengan STEPPS yang berarti :


S = Sosial Currency (mata uang sosial)

T = Trigger (pemicu)

E = Emotion (emosi)

P = Public (umum)

P = Practical Value (nilai praktis)

S = Story (cerita)


Contagious adalah buku marketing virality terbaik yang pernah ada dan buku ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia.


5. Predictably Irrational


Predictably Irrational

Buku ini adalah buku psikologi dengan marketing terbaik yang ditulis oleh Dan Ariely, Predictably Irrational membahas hal - hal yang berkaitan dengan pengambilan keputusan. Bukan berdasarkan logika atau rasio tapi berdasarkan hal - hal yang tidak rasional dan ternyata bisa diprediksi.


Baca juga : cara belajar yang efektif ala Elon Musk


Jika anda seorang marketer, pebisnis atau orang yang tertarik dengan dunia marketing dan psikologi maka anda wajib membaca buku ini karena Predictably Irrational akan membuka mata dan mengubah cara pandang anda.


Sayangnya buku ini belum tersedia dalam bahasa Indonesia sehingga anda harus membaca buku versi inggris-nya.


6. The Intelligent Investor

The Intelligent Investor

Buku ini adalah buku investasi klasik terbaik yang ditulis oleh Benjamin Graham, The Intelligent Investor dan Security Analysis akan memberikan anda pengetahuan lebih tentang investasi yang harus diketahui oleh seorang investor sebelum memulai investasi.


Buku ini mempunyai 700 halaman dan butuh waktu sekitar 1 bulan untuk membaca keseluruhan buku. The Intelligent Investor adalah buku yang wajib dibaca oleh pebisnis atau investor, buku ini sudah tersedia dalam bahasa Indonesia.


7. Start With Why


Start with Why


Dari namanya sudah pasti buku ini akan mengubah hidup orang yang membacanya, start with Why berisi premis dimana seorang pemimpin hebat menginspirasi banyak orang untuk bertindak, bukan dengan "apa" dan "bagaimana" tapi dengan pertanyaan "mengapa".


Hampir semua orang tahu apa yang mereka lakukan setiap hari dan sebagian tahu bagaimana cara melakukannya tapi hanya sedikit orang yang tahu mengapa mereka melakukanya. Buku ini memberikan ilmu bagaimana para pemimpin besar seperti Steve Jobs dan Bill Gates menginspirasi, memimpin dan mengubah hidup ribuan orang.


Start with Why memakai contoh dari dunia nyata untuk menguraikan konsep lingkaran emas yang menjelaskan peran penting mengindentifikasi tujuan dan keberadaan organisasi sebelum hal - hal lainnya. Setelah itu, mengambil tindakan untuk membuat visi menjadi kenyataan.


Setiap orang atau organisasi bisa menjelaskan apa yang dilakukan, beberapa orang bisa menjelaskan mengapa mereka berbeda atau lebih baik dari yang lain. Tapi, jarang ada orang yang bisa mengartikulasi mengapa, mengapa bukan tentang uang dan keuntungan tapi tentang hasil yang didapatkan.


Mengapa adalah hal yang menginspirasi anda dan orang di sekitarnya, saya sarankan anda membaca buku start with Why untuk menemukan why-mu. Buku ini sudah tersedia dalam versi bahasa Indonesia.

Get notifications from this blog