Inilah 4 Jenis Introvert yang Harus Anda Ketahui

4 Jenis Introvert yang Harus Anda Ketahui


Berbagai macam introvert



Kepribadian manusia terbagi 2 yaitu introvert dan ekstrovert, kepribadian ini dikembangkan oleh Carl Jung pada tahun 1921. Kemudian di tahun 1997, Hans Eysenck mengemukakan satu kepribadian antara introvert dan ekstrovert yaitu ambivert.

Akhir - akhir ini istilah introvert mulai terkenal dan banyak orang yang terasa hidup kembali setelah mengetahui istilah introvert dan membuat jiwa kesendiriannya tumbuh dan berkembang.

Dunia akan dimainkan oleh cara introvert dimana setiap orang tidak perlu menghadiri rapat yang bisa membunuh ide gila kita, tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang baru dan tidak perlu mengantri panjang untuk membayar listrik, cukup dengan alat yang anda genggam saat ini.

Seperti yang kita tahu, introvert adalah orang yang tidak bisa berbicara dengan lantang di hadapan orang lain, seorang introvert tidak suka sosial dan benci kerumunan. Introvert terbagi menjadi 4 jenis karakter yang mungkin anda adalah salah satu dari jenis introvert tersebut.

Jenis - jenis introvert


Penelitian Jonathan Cheek menyatakan bahwa introvert memiliki banyak jenis dan tidak mungkin semua orang memiliki jenis introvert yang sama, dia mensurvey sekitar 500 orang mulai dari usia 18 - 70 tahun.

Dia bertanya kepada setiap orang tentang waktu kesendirian yang mereka butuhkan dan berapa banyak mereka melamun, dari semua jawaban yang dia kumpulkan. Jonathan Cheek membuat model yang mengeja akronim STAR yang menjelaskan 4 jenis introvert.

1. Introvert restrained


Orang dengan kepribadian introvert jenis restrained adalah orang yang lebih suka berpikir sebelum berbicara dan bertindak tapi mereka termasuk orang yang lambat, introvert jenis ini membutuhkan sedikit waktu untuk menyelesaikan masalah yang dialami karena mereka tidak mau impuls mempengaruhi keputusan yang diambil.

2. Introvert sosial

Karakter seorang introvert



Rata - rata seorang introvert tidak menyukai kegiatan sosial tapi ada seorang introvert yang menyukai kegiatan sosial, mereka dinamakan introvert sosial. Banyak musisi, aktor, pembicara hebat yang lahir dengan kepribadian introvert.

Orang dengan kepribadian introvert jenis sosial lebih menyukai kelompok kecil daripada kelompok besar yang menguras energi mereka, introvert akan berada di keramaian dengan melakukan hal - hal yang ingin dia lakukan.

Mereka akan bersemangat ketika menjelaskan sesuatu yang diketahui, tapi hal ini tidak selamanya terjadi. Adakalanya mereka kehabisan energi dan butuh istirahat, menurut Cheek mereka suka membaca buku di rumah dan bergaul dengan teman dekat untuk mengembalikan energi.

3. Introvert anxious


Introvert anxious atau introvert cemas selalu mencari waktu untuk menyendiri karena sering merasa canggung dan sadar diri. Tidak seperti introvert sosial yang bisa mengendalikan rasa cemas, introvert anxious mengalami rasa malu yang menyakitkan ketika mereka berada di sekitar orang baru.

Kecemasan sulit hilang di pikiran mereka bahkan saat sendirian mereka masih merasa cemas karena membiarkan kejadian buruk berputar - putar di pikiran mereka.

4. Introvert thinker


Konsep introvert yang baru saat ini adalah introvert thinker atau introvert berpikir, orang yang mempunyai kepribadian introvert jenis thinker adalah orang yang bijaksana, introspektif dan reflektif.


Tidak seperti introvert sosial, mereka tidak memiliki kebutuhan kuat untuk menyimpang dari adegan sosial yang besar. Introvert berpikir lebih sering melamun di kamar dengan berbagai macam imajinasi dan kreativitas.

Itulah beberapa jenis introvert yang bisa saya jelaskan, anda termasuk introvert yang mana, apakah introvert thinker, restrained, sosial atau anxious. Silahkan cek pada diri anda sendiri.

Posting Komentar

0 Komentar