Ayo belajar ! Inilah Cara Berhenti Menunda - Nunda Belajar (procrastination)

Cara Berhenti Menunda - Nunda Belajar


Cara semangat belajar


Belajar adalah hal terpenting dalam hidup karena dengan belajar kita bisa mendapatkan ilmu yang bisa bermanfaat di masa yang akan datang. Tanpa belajar, kita akan makin tertinggal dan tidak ada perkembangan dalam diri kita.


Semua orang harus terus belajar tapi terkadang orang - orang suka menunda kegiatan belajar karena malas, waktunya masih lama dan berbagai alasan lainnya. Semua orang pernah menunda - nunda tapi anda harus pintar mengatur waktu menunda - nunda ini supaya kegiatan atau rutinitas tidak dilakukan karena anda mengundur suatu pekerjaan.


Rasa ingin menunda memang sulit dilawan dan dikendalikan, anda butuh cara tertentu supaya diri anda tidak menunda tugas lagi. Semua orang melalui fase menunda, hal yang paling penting adalah bagaiman anda mengatur rasa menunda - nunda anda supaya tidak membunuh anda di masa depan nanti.


Pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara berhenti menunda - nunda belajar supaya energi untuk mengerjakan tugas semakin besar dan rasa malas pun berkurang. Oke, berikut caranya.


1. Rasakan kebosanan


Anda menunda - nunda suatu pekerjaan karena mereka bosan kemudian mengisi kebosanan tersebut dengan short dopamine impulses seperti buka sosial media, menonton video youtube, baca notifikasi dan lain - lain.


Padahal ide - ide kreatif dan motivasi itu sering didapatkan saat seseorang merasa bosan, termasuk ide kreatif dan motivasi untuk melakukan tugas sekolah. Intinya, anda harus terbiasa dengan kebosanan bukan terombang - ambing dengan short dopamine.


Cara merasakan kebosanan yang benar adalah melakukan aktifitas tanpa ditemani smartphone seperti memasak, jalan - jalan sekitar rumah, duduk di luar rumah dan aktifitas positif lainnya. Ada sebuah nasihat bahwa cara terbaik untuk membangun suatu habit adalah mengambil liburan.


Peran lingkungan sangat penting untuk otak manusia karena melakukan aktifitas yang berbeda lalu menjadi sebuah rutinitas. Jika tidak ingin liburan maka lakukan apa saja di rumah supaya anda bosan dan memberikan ruang bagi otak untuk mengambil nafas.


2. Visualisasi


Visualisasi atau membayangkan


Hal pertama yang bisa anda lakukan adalah visualisasi atau membayangkan, anda bisa membayangkan diri anda di masa depan sekitar 1 - 2 tahun yang akan datang, jika anda terus menunda- nunda belajar seperti ini, apa yang akan anda alami di masa depan ? Tentu saja penyesalan.


Dengan melakukan hal tersebut, anda akan sadar bahwa sering menunda belajar itu tidak baik dan akan menimbulkan penyesalan di masa depan. Lebih baik anda belajar sesuatu hari ini seperti mengerjakan soal, belajar bahasa asing, membaca buku dan lain - lain sehingga di masa depan anda akan senang dan berterima kasih.


Dengan visualisasi seperti ini, otak anda akan terbantu untuk mengeluarkan ide - ide kreatif supaya anda semangat belajar dan menyelesaikan masalah yang anda hadapi saat ini. Selain itu, visualisasi juga membangun motivasi internal dalam diri anda untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat di masa depan.


Saat anda melakukan visualisasi maka otak akan menginterprestasikan sesuatu menjadi nyata sehingga anda cenderung melakukan sesuatu yang anda bayangkan tadi.


Visualisasikan jika anda belajar bahasa inggris setiap hari maka tahun depan anda akan jago bahasa inggris dan jika anda menunda - nunda belajar bahasa inggris maka anda akan terlambat dan menunda kesuksesan belajar bahasa inggris. Simpelnya seperti itu.


3. Jangan meremehkan tugas


Saat anda mendapatkan tugas baru dari sekolah maka anda berpikir bahwa anda bisa menyelesaikannya dalam waktu yang singkat hanya dengan melihat jumlah soal atau mengira - ngira jawaban.


Misalnya, anda mempunyai tugas mengerjakan 10 soal essay dalam waktu satu minggu, anda mengira bahwa soal ini bisa diselesaikan dalam waktu 3 jam. Akibat anda meremehkan tugas adalah anda menunda - nunda pengerjaan soal sampai hari terakhir dan anda panik dan stres karena tugas itu membutuhkan waktu lebih lama dari yang anda kira.


Baca juga : cara fokus belajar dan meningkatkan jam belajar sampai berjam - jam


Cara mudah mengatasi masalah ini adalah meng-kalikan waktu perkiraan anda, misalnya tugas ini bisa diselesaikan dalam waktu 3 jam maka kalikan dua (3×2=6) jadi tugas anda mungkin bisa selesai dalam waktu 6 jam.


Dengan melakukan hal tersebut maka anda telah memberi ruang keamanan untuk berjaga - jaga jika terjadi kesalahan, lalu merevisi tugas dan mempunyai waktu istirahat yang lebih. Ketika anda sadar bahwa tugas ini membutuhkan waktu yang lama untuk menyelesaikannya maka anda akan terdorong untuk mulai mengerjakan tugas tersebut.


4. Manipulasi dopamin


Dopamin adalah feel good hormone yang ada dalam diri manusia, fungsi dopamin ini adalah membuat seseorang bahagia dan semangat setelah melakukan sesuatu. Saat anda mendapatkan dopamin ini maka tubuh anda mengirim sinyal supaya anda melakukan kegiatan yang sama.


Dalam belajar, anda akan mendapatkan dopamin setelah menyelesaikan suatu tugas yang panjang seperti mengerjakan 100 soal, menulis essay 10 halaman dan lain - lain. Setelah anda menyelesaikan tugas yang sudah anda rencanakan maka tubuh anda akan mendapatkan dopamin sehingga anda merasa puas dengan akhir kegiatan tersebut.


Untuk melakukan manipulasi dopamin, anda bisa memecah tugas yang panjang menjadi tugas yang lebih pendek. Contoh : anda harus mengerjakan 100 soal dalam waktu satu hari, daripada anda melihat tugasnya sebagai 100 soal lebih baik anda memecah tugas menjadi 10 soal, 10 soal, 10 soal supaya terlihat lebih kecil.


Sebelumnya untuk mendapatkan dopamin anda harus menyelesaikan 100 soal, sekarang anda bisa mendapatkan dopamin dengan mengerjakan 10 soal saja sehingga terasa lebih ringan dan anda akan terus mengerjakannya sampai 100 soal.


Dopamin atau feel good hormone ini membuat seseorang kecanduan sehingga dia akan terdorong untuk menyelesaikan suatu tugas. Dengan melakukan manipulasi dopamin, otak anda merasa ringan karena telah melihat tugas - tugas kecil yang mudah untuk diselesaikan.


Sistem kerja dopamin ini seperti siklus, saat anda mengerjakan 10 soal maka anda akan mendapatkan dopamin, saat anda mendapatkan dopamin maka tubuh terdorong untuk melakukannya lagi dan akhirnya anda mengerjakan 10 soal lagi, siklusnya terus berulang - ulang sampai anda selesai mengerjakan tugas tersebut.


5. Mindset "lebih baik selesai daripada sempurna"


Anda bisa menerapkan mindset "lebih baik selesai daripada sempurna", terkadang alasan menunda - nunda tugas adalah supaya tugas yang dikerjakan sebaik dan sesempurna mungkin. Jadi, seseorang harus berada dalam kondisi sempurna supaya ia bisa menyelesaikan tugas.


Lebih baik anda mengerjakan tugas tersebut walaupun dengan kondisi yang biasa saja, selesai tugas itu lebih penting daripada kondisi anda saat ini. Jika anda menunggu kondisi yang sempurna atau menunggu motivasi datang maka anda tidak akan pernah action.


Anda perlu tahu tentang hukum parkinson (parkinson's law) dimana beban suatu tugas akan menyesuaikan dengan waktu yang diberikan kepadanya. Maksudnya adalah jika anda memberikan waktu yang banyak pada suatu tugas maka tugas itu akan terasa berat dan jika anda memberikan waktu yang lebih lama pada suatu tugas maka energi untuk mengerjakan tugas akan bertambah banyak.

Posting Komentar

0 Komentar