√ Inilah Cara Mudah Mengatasi Layar HP yang Berkedip (Semua Android) - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 27 Mei 2020

Inilah Cara Mudah Mengatasi Layar HP yang Berkedip (Semua Android)

Cara Mengatasi Layar HP yang Berkedip


Layar hp berkedip dan bergaris

Layar sentuh yang rusak tentu bisa membuat pengguna emosi karena bekerja tidak sesuai dengan normalnya. Pada saat LCD anda muncul kedap - kedip dan garis maka langsung membawanya ke dokter ponsel untuk diperbaiki padahal anda bisa mengatasi masalah itu sendiri di rumah tanpa mengeluarkan biaya.


Pada saat ponsel anda terlalu lama bermain game sampai panas, terbanting dengan keras atau nyemplung ke air maka kemungkinan akan muncul kedap - kedip dan bergaris jika LCD sudah terdapat beberapa error pada komponen di dalamnya.


Tenang saja, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan cara mengatasi layar hp berkedip dengan mudah dan cepat di rumah tanpa mengeluarkan biaya.


Penyebab layar hp bergaris dan berkedip


Selain menggunakannya untuk kebutuhan sehari - hari, kita harus merawat smartphone supaya terhindar dari kerusakan - kerusakan yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.


Kerusakan smartphone yang anda alami saat ini adalah layar hp bergaris dan berkedip. Sebaiknya anda ketahui penyebab dari terjadinya kerusakan ini supaya langkah perbaikan yang anda pilih bisa sesuai dengan penyebabnya.


1. LCD rusak


Hal ini sudah diketahui banyak orang bahwa kebanyakan ponsel yang muncul garis dan sering berkedip karena LCD yang rusak. Benda kecil ini sering anda bawa kemana - mana dan bisa jadi saat berpergian ponsel anda terkena air atau terjatuh.


Hal itu menyebabkan jalur LCD bermasalah dan memunculkan efek - efek pada jalur yang bersangkutan seperti layar hp tersentuh sendiri, hp restart sendiri termasuk hp yang berkedip dan bergaris.


2. Pengaturan smartphone


Pengaturan smartphone yang bisa membuat layar berkedip adalah kecerahan layar dan stritch mode. Jika anda tidak mengatur ini sesuai dengan kondisi ponsel saat ini maka kemungkinan layar menjadi bergaris dan berkedip.


Baca juga : ubah penampilan smartphone !! Inilah aplikasi launcher android terbaik dan keren yang wajib anda coba


Anda harus memperbaiki pengaturan ini supaya tidak menampilkan efek berupa tampilan gambar pada LCD yang mengganggu anda saat mengoperasikan ponsel.


3. Kondisi konektor yang longgar


Kondisi konektor ponsel yang bermasalah seperti konektor yang longgar atau terlepas bisa menyebabkan munculnya garis - garis halus pada layar HP. Keadaan konektor yang tidak sesuai ini juga menyebabkan kinerja ponsel menjadi berkurang.


Kerusakan konektor juga bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti pemasangan yang tidak pas dan tertimpa oleh tekanan yang kuat sehingga muncul kedipan berkali - kali pada layar hp.


Cara mengatasi layar HP berkedip


Setelah anda mengetahui penyebab dari ponsel anda yang berkedip, selanjutnya adalah melakukan perbaikan pada ponsel dengan melakukan beberapa cara di bawah ini.


1. Memakai aplikasi screen filter


Untuk memberikan bantuan tentang kecerahan ponsel, anda bisa memakai aplikasi screen filter. Aplikasi bertindak dengan dimmer sehingga mencegah mata anda terluka. Pengaturan kecerahan di aplikasi ini lebih kuat dari pengaturan sehingga kemungkinan besar bisa mengatasi layar yang kedap - kedip.


Anda bisa download aplikasi screen filter melalui link di bawah ini.


DOWNLOAD


Setelah di install, anda masuk ke aplikasinya dan atur kecerahan layar sampai kedap kedip tersebut hilang. Fitur yang tersedia di aplikasi ini adalah widget, taskeratau locale plug - in, brightness slider dan lain - lain.


Fitur tersebut selain mengatasi layar berkedip juga bisa membantu anda dalam bermain game, browsing dan membaca ebook.


2. Memakai opsi pengembang


Pertama - tama, anda masuk ke aplikasi pengaturan > pilih mode pengembang (jika belum ada masuk ke tentang ponsel > tekan beberapa kali pada nomor bentukan) > pilih pembaruan layar, fungsi opsi ini untuk memperbaiki layar hp yang berkedip dengan kerusakan yang ringan.


Caranya, anda tekan berkali - kali pada opsi pembaruan layar. Cara ini sudah dilakukan beberapa orang, ada yang berhasil dan ada yang tidak. Jika anda sudah menekan opsi sampai ratusan kali tapi layar belum juga kembali normal, anda bisa mencoba cara selanjutnya.


3. Mengatur kecerahan ponsel


Penyebab layar ponsel sering berkedip adalah kecerahan yang tidak teratur. Solusinya adalah mengatur kecerahan itu sendiri untuk menyesuaikan dengan cahaya putih yang kedap kedip di layar.


Cara mengatur kecerahan bisa dilakukan melalui pengaturan dan menu cepat. Melalui pengaturan, anda masuk ke aplikasi pengaturan > tampilan > tingkat kecerahan > atur secara acak sampai layar tidak berkedip lagi.


Selain itu, anda juga bisa mengatur kecerahan melalui menu  status bar dengan menggeser layar dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas. Atur kecerahan sampai layar berkedip di ponsel hilang.


Cara ini akan bekerja jika kerusakan di ponsel masih ringan. Jika kerusakan sudah parah maka kecerahan layar tidak mempengaruhi kedipan di layar.


4. Matikan HW Overlay


Layar hp kedap - kedip bisa terjadi saat anda main game. Ketika anda bermain game besar tapi RAM ponsel anda tidak mempuni maka akan memberi beban pada ponsel sehingga terjadi error dan secara tiba - tiba layar berkedip.


Cara untuk bermain game besar dengan RAM kecil adalah dengan nonaktifkan HW Overlay pada opsi pengembang. Pertama, anda masuk ke pengaturan > pilih tentang ponsel > tekan beberapa kali pada nomor bentukan untuk memunculkan opsi pengembang.


Setelah itu, anda masuk ke opsi pengembang > pilih rendering gambar (percepatan perangkat keras) > nonaktifkan untuk pembaruan permukaan > nonaktifkan HW Overlay.


Dengan melakukan ini maka hp anda tidak akan berkedip saat main game.


5. Ganti baterai ponsel


Baterai ponsel yang soak atau rusak bisa menyebabkan layar hp muncul kedap - kedip. Masalah baterai soak terjadi karena hp overheat di bagian baterai lalu memengaruhi bagian layar hp sampai ke LCD.


Tanda hp yang sudah overheat adalah susah menyala saat booting, sering stuck di logo bahkan sampai mati dan nyala kembali. Pada saat anda mengecas hp tersebut maka terlihat jelas kedap - kedip pada layar.


Solusinya adalah dengan menganti baterai yang sudah soak tersebut dengan baterai yang ori. Harap membeli baterai yang original, hindari yang KW karena akan memberikan efek yang sama saja.


6. Matikan opsi pengenalan wajah


Smartphone saat ini sudah tersedia opsi face unlock yang membuat hp hanya bisa dibuka oleh pemiliknya saja melalui kamera pengenalan wajah. Fitur ini terkadang membuat layar hp kedap - kedip jika LCD mengalami kerusakan.


Fitur ini membuat kecerahan layar meningkat secara otomatis untuk mengenali wajah. Kecerahan ini yang tidak sesuai ini membuat layar terang gelap berkali - kali sehingga mengganggu pengguna.


Bagaimana cara mengatasinya, gampang. Matikan saja fitur pengenalan wajah dan gunakan lock screen yang lain.


Baca juga : inilah 13 cara mengecas ponsel dengan cepat dan lebih aman


Cara menonaktifkan face unlock adalah masuk ke aplikasi pengaturan > pilih biometrik > pilih opsi pengenalan wajah > cari dan pilih pilihan nonaktifkan. Dengan menonaktifkannya maka layar tidak meningkatkan kecerahan dan layar tidak berkedip lagi.


7. Periksa LCD ponsel


Anda perlu memeriksa bagian hardware dan periksa satu per satu bagian LCD dan layar sentuhnya jika anda mengerti. Anda pastikan fleksibel tidak terputus, socket fleksibel tidak terlepas dan terpasang dengan sempurna tanpa kekeliruan apapun.


Jika sudah dipastikan fleksibel tidak terputus dan socket fleksibel terpasang dengan benar dan masalah layar bergaris dan berkedip masih saja terjadi maka kerusakan ada pada layar atau lampu LCD.


Cara terbaik untuk memperbaiknya adalah dengan mengganti lampu LCD atau layar dengan yang baru. Kemudian rawatlah layar sentuh dan LCD dengan memasang pelindung layar dan pelindung body.

Get notifications from this blog