√ Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Krokot yang Indah - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 29 Mei 2020

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Krokot yang Indah

Cara Menanam dan Merawat Bunga Krokot yang Indah


Cara merawat bunga krokot

Bunga krokot memiliki bentuk yang kecil tapi keindahannya jangan ditanyakan lagi. Bunga krokot (moss rose) mempunyai pancaran keindahan yang mampu membuat seseorang takjub sehingga banyak orang ingin menanamnya untuk menghiasi taman, lingkungan rumah, jalan dan lainnya.


Tapi, bagi yang belum pernah menanam bunga krokot pasti mencari informasi tentang cara menanam dan merawat bunga krokot supaya bisa tumbuh subur dan anda bisa menikmati keindahan bunga tersebut.


Banyak orang bertanya kenapa bunga krokot disebut bunga jam 9. Alasannya karena bunga ini memang sering mekar saat matahari mulai beranjak naik yaitu sekitar pukul 9 pagi. Setiap daerah pasti mempunyai sebutan khusus bagi bunga unyu satu ini seperti bunga lipan, bunga bombay dan lainnya.


Sebelum mulai menanam bunga krokot, sebaiknya anda memilih jenis krokot yang ingin ands tanam. Bunga jam 9 ini mempunyai berbagai macam warna seperti pelangi. Warna bungs krokot terdiri dari merah, kuning, ungu, putih, merah muda.


Ada juga jenis krokot yang memiliki bunga dengan mahkota tipis dan mahkota tebal.


Cara menanam bunga krokot


Anda siapkan media pot untuk tanaman bisa berupa pot ember atau polybag. Pilihlah pot yang berukuran kecil sampai sedang, jika anda menanam bunga krokot sebagai bunga hias maka sebaiknya pilih pot ember karena menambah kesan kecantikan pada bunga dan mudah dipindahkan kemana - mana.


Setelah anda memilih pot yang tepat untuk bunga maka anda harus mengisi pot dengan tanah. Anda isi pot tersebut dengan tanah humus karena cocok untuk pertumbuhan bunga krokot yang sifatnya gembur dan selalu menyuburkan tanaman.


Jika anda tidak mendapatkan tanah humus maka ada 2 solusi yaitu membeli tanah humus ke toko tanaman hias atau membuat tanah humus sendiri supaya hemat pengeluaran.


Jika anda ingin membuat tanah humus sendiri, perhatikan caranya.


Anda kumpulkan sisa - sisa daun, bubuk kayu, sekam, akar kering dan tanah gembur dan campur menjadi satu. Setelah itu, anda buat larutan EM4 dengan mencampurkan 1 liter air, 1 sendok gula dan tambahkan bakteri EM4.


Anda diamkan laruran tersebut selama sehari penuh (24 jam), kemudian siram larutan ke tanah dan buat sampai menjadi satu. Tutup adonan tanah dan tunggu sampai sekitar 2 minggu.


Dari hasil penguraian tersebut maka jadilah tanah humus yang cocok untuk pertumbuhan tanaman krokot. Tinggal masukan ke pot ember dan lakukan cara berikut.


Buat lubang di tengah - tengah pot yang cukup dalam. Lalu pada bagian dasar anda beri pupuk organik butiran yang banyak dijual di toko pertanian, anda isi setiap pot sebanyak satu genggaman saja. Terakhir anda tutup tanah kembali dan siram dengan air.


Baca juga : cara menanam dan merawat bunga aster yang cantik


Bunga krokot juga bisa ditanam melalui stek batang dan biji. Saya sarankan menggunakan metode biji karena bisa membuat usia tanaman anda bertahan lebih lama.


Jika anda ingin menanam bunga krokot melalui biji maka anda harus siapkan biji bunga krokot siap tanam dan pot yang kondisinya bagus.


Anda buat lubang di tengah - tengah pot sedalam 2 - 3 CM, lalu anda beri 1 - 3 biji bunga krokot pada lubang tersebut atau bisa di sesuaikan dengan ukuran pot yang anda pakai. Terakhir tutup kembali lubang dengan tanah dan siram dengan air lalu tunggu hingga tumbuh.


Setelah benih terlihat tumbuh sebaiknya jangan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari tapi letakkan di tempat yang teduh supaya pertumbuhan krokot lebih baik dan lebih cepat. Setelah 1 minggu di tempat teduh, anda bisa meletakkan di luar ruangan.


Tanaman krokot tidak tumbuh tinggi maka anda harus meletakkannya di depan teras sedangkan untuk krokot yang pot sedang diletakkan di dekat tiang penyangga. Untuk pot yanv ukuran kecil, anda gantung di bagian teras dengan peletakkan di bagian kiri dan kanan supaya menambah kecantikan lingkungan sekitar.


Anda tidak boleh memilih pot yang besar untuk menanam krokot, pilihlah pot yang berukuran kecil sampai dan sedang. Peletakkannya bisa disesuaikan sesuai selera atau mengikuti saran saya di atas.


Cara merawat bunga krokot


Setelah melewati masa penanaman yang panjang, sekarang waktunya untuk merawat tanaman krokot supaya bisa tumbuh subur dan berbunga. Hal yang paling penting dalam pertumbuhan bunga adalah penyiraman, lalu bagaimana penyiraman yang baik untuk bunga krokot ?


Penyiraman harus dilakukan secara rutin dan memperhatikan kondisi / kebasahan tanah. Untuk pot yang diletakkan di bawah, anda siram 5 hari sekali dan pot yang di gantung disiram 3 hari sekali saja.


Cara agar tanaman cepat tumbuh melalui penyiraman adalah dengan mencampurkan air dengan pupuk organik cair. Pupuk ini berfungsi membantu pertumbuhan krokot dengan memberinya nutrisi.


Untuk masalah penyiangan, jika anda menanam krokot di pot maka penyiangan jarang sekali dilakukan. Anda bisa melakukan penyiangan sebulan sekali atau lebih jarang dari itu. Hal ini karena pot memiliki permukaan yang kecil sehingga rumput liar jarang tumbuh di area kecil tersebut.


Bunga krokot bisa tumbuh subur dengan sendirinya meskipun dengan perawatan yang minim. Jadi, anda memerlukan pupuk dasar 2 - 3 bulan sekali, untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan pupuk organik butiran.


Caranya adalah dengan membuat galian tanah di tepi pot kemudian isi dengan pupuk organik butiran, lalu tutup dengan tanah dan siram dengan air.


Baca juga : cara menanam dan merawat bunga cempaka yang indah dan wangi


Bunga krokot tidak bisa hidup sampai bertahun - tahun seperti tanaman lain. Biasanya tanaman krokot yang dari biji hanya bisa hidup sampai 5 - 6 bulan sedangkan dari cara vegetatif hanya bisa hidup kurang dari 3 bulan.


Anda perlu melakukan penggantian bunga krokot jika sudah mendekati masa batas usianya. Bunga hampir mati akan menunjukkan tanda - tanda berikut :


• batang kering - menyusut
• daun menguning - kering
• daun mulai berguguran
• tanaman tidak muncul bunga


Jika tanaman anda sudah menunjukkan tanda - tanda di atas maka anda harus mengganti dan membongkarnya ke tanaman yang baru. Anda bisa memanfaatkan bekas tanah setelah membersihkan bagian akar.


Anda bisa menggunakan intektisida semprot untuk mengatasi hama yang sering menyerang krokot seperti ulat dan semut. Anda juga harus waspada terhadap penyakit seperti bakteri dan jamur karena bisa membuat bunga mati.


Jika anda melihat bunga krokot yang layu meskipun sudah disiram maka hal itu menandakan bunga sedang tidak sehat. Solusinya, anda harus memberikan fungisida supaya tanaman sehat kembali.


Untuk mendapatkan keuntungan dari menanam dan merawat bunga krokot, anda bisa menjualnya sebagai bunga hias ke pecinta tanaman lain. Bunga krokot yang dijual haru berusia sekitar satu bulan supaya pembeli bisa merasakan keindahan bunga lebih lama.

Get notifications from this blog