Inilah Cara Terbaru Unlock Bootloader Semua HP Xiaomi, Lebih Mudah dan Cepat

Inilah Cara Terbaru Unlock Bootloader Semua HP Xiaomi, Lebih Mudah dan Cepat


Cara terbaru unlock bootloader semua hp xiaomi


Hallo sobat Magersena, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan cara terbaru unlock bootloader semua smartphone xiaomi (all series). Sebelum itu, bagi pengguna xiaomi yang belum tahu apa itu bootloader xiaomi, manfaat dan kekurangan bootloader xiaomi. Silahkan simak di bawah ini.

Bootloader adalah sebuah kode yang dieksekusi oleh sistem operasi. Jika anda membuka bootloader maka anda bisa melakukan perubahan pada sistem operasi sesuai selera. Tapi, resiko dari membuka bootloader ini adalah tidak mendapatkan pembaruan dan keamanan dari pihak xiaomi.


Manfaat unlock bootloader hp xiaomi



Ada berbagai macam manfaat yang bisa anda rasakan sesudah membuka bootloader pada hp xiaomi anda, diantaranya adalah :

• melakukan modifikasi pada ponsel xiaomi sesuai selera anda. Misalnya memasang mod Gcam, menggunakan recovery custom (TWRP, CWM dan CTR) dan melakukan root.

• melakukan tweak untuk meningkatkan performa perangkat xiaomi melalui settingan pabrik.

• melakukan flashing 


Kekurangan unlock bootloader hp xiaomi



Di balik manfaat yang membuat performa xiaomi menjadi lebih baik lagi. Ternyata, ada beberapa kekurangan atau kerugian yang akan anda dapatkan jika membuka bootloader xiaomi, diantaranya adalah :

• tidak mendapatkan pembaruan (update) dari pihak developer xiaomi untuk meningkatkan performa.

• tidak mendapatkan keamanan (security) dari pihak developer xiaomi untuk melindungi perangkat.

• untuk ponsel xiaomi yang masih bergaransi, kemungkinan garansinya akan hilang karena pengembang sudah diambil alih oleh pengguna.

Baca juga : 2 cara membuat kamera CCTV dari HP android dengan mudah

Cara terbaru ini bisa anda lakukan di semua tipe xiaomi, mulai dari versi MIUI 8 sampai MIUI 11. Sebelum melakukan unlock bootloader, anda diharuskan untuk melakukan backup semua data di ponsel karena setelah proses unlock berhasil semua data di hp xiaomi akan terhapus secara permanen.


Cara terbaru unlock bootloader semua tipe xiaomi



Untuk mulai melakukan proses unlock bootloader, anda harus mempunyai perangkat komputer atau laptop karena proses unlock dilakukan melalui komputer. 

Pertama, anda masuk ke pengaturan > masuk ke MI Account > pastikan anda sudah memiliki akun MI dan mengetahui username dan password, jika tidak mengetahui akun maka unlock bootloader tidak bisa dilakukan.

Jika anda tidak mengetahui identitas akun MI pada hp xiaomi maka jalan satu - satunya adalah dengan mereset perangkat xiaomi lalu membuat akun MI yang baru. Setelah itu, anda harus mengaktifkan opsi developer atau opsi pengembang dengan cara masuk ke pengaturan > pilih tentang ponsel > pada bagian versi MIUI, anda tekan berkali - kali sampai muncul notifikasi "anda sudah menjadi developer".

Kemudian, anda kembali ke beranda pengaturan > masuk ke setelan tambahan > pilih opsi pengembang > aktifkan kunci OEM > aktifkan debugging USB >masuk ke status MI unlock. Jika muncul notif, pilih saja setuju > pilih tambahkan akun dan perangkat, tunggu sampai prosesnya selesai > pilih mengerti.

Persiapan unlock bootloader pada ponsel xiaomi sudah selesai, selanjutnya anda beralih ke perangkat komputer. Untuk memulai prosesnya, silahkan anda download miflash unlock terbaru versi 3 melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD - MIFLASH UNLOCK

Setelah di download, silahkan ands ekstrak filenya. Pilih file miflash_unlock.exe > pilih agree > anda harus login menggunakan akun MI yang ada di hp xiaomi. Kemudian anda matikan hp xiaomi > tahan tombol volume bawah lalu tahan tombol power untuk masuk ke menu fastboot untuk menjalankan unlock bootloader.

Setelah itu, anda hubungkan hp xiaomi dengan perangkat komputer menggunakan kabel USB > jika hp xiaomi sudah terdeteksi, langsung pilih unlock pada komputer anda. Tunggu sampai proses selesai dan pilih unlock anyway, tunggu lagi sampai proses 100% selesai.

Setelah proses 100% maka muncul tulisan "unlocked succesfully" yang berarti proses unlock bootloader xiaomi telah berhasil. Di saat yang bersamaan, hp xiaomi anda restart dengan sendirinya karena bootloader sudah terbuka.

Baca juga : cara cepat melakukan split layar / split screen di semua HP Android

Setelah proses booting xiaomi selesai, maka tampilan hp akan kembali ke sedia kala dan semua data penyimpanan telah terhapus. Anda bisa mengecek bootloader xiaomi dengan masuk ke pengaturan > setelan tambahan > opsi pengembang > status MI unlock.

Demikian yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Posting Komentar

0 Komentar