√ Cara Mudah Melakukan Split Layar / Split Screen di Semua HP Android - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

12 Apr 2020

Cara Mudah Melakukan Split Layar / Split Screen di Semua HP Android

Cara Mudah Melakukan Split Layar / Split Screen di Semua HP Android


Cara melakukan sit screen di semua hp android


 Split screen adalah keadaan layar android sedang menjalankan dua aplikasi secara bersamaan. Keunggulan dari aplikasi ini adalah bisa mengoperasikan dua aplikasi yang sangat dibutuhkan tanpa keluar atau bergantian membuka aplikasi.

 Masalahnya, banyak pengguna android tidak bisa atau kebingungan dalam menggunakan fitur split screen ini. Fitur split screen ini hanya tersedia di beberapa tipe android saja. Tapi, untuk yang tidak ada fitur split layar bawaan, anda bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memakai fitur split layar ini.

 Ada beberapa tipe android yang benar - benar tidak support dengan split layar. Hal itu diketahui saat anda download aplikasi pihak ketiga tapi saat membukanya tidak bisa dijalankan atau force close. Jika seperti itu maka perangkat anda tidak kompatibel untuk menjalankan fitur split screen.

 Disini saya akan menjelaskan dua cara menggunakan split screen. Pertama split screen melalui fitur bawaan ponsel dan kedua split screen menggunakan aplikasi pihak ketiga yang ada di playstore.


Cara split layar menggunakan fitur bawaan


 Jika smartphone anda mempunyai fitur split layar bawaan, anda bisa langsung memakainya tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Caranya buka salah satu aplikasi > tekan tombol overview untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang > pada pojok kanan atas pasti terdapat tombol titik tiga.

 Pilih titik tiga di atas dan pilih pengaturan > maka akan muncul menu menu baru > pada pengaturan multi windows, centang pada tindakan tampilan layar tambahan > setelah itu, kembali ke beranda layar.

 Untuk menjalankan split layar, silahkan anda buka salah satu aplikasi > tahan tombol overview untuk melihat aplikasi yang berjalan di latar belakang > pilih aplikasi yang ingin dijalankan bersamaan.

Baca juga : jadi youtuber modal hp ! Inilah 10 aplikasi yang wajib dimiliki youtuber pemula

 Maka tampilan layar anda akan menyediakan dua aplikasi yang berjalan secara bersamaan dengan layar terbagi dua.

 Tapi, berbagai tipe android memiliki cara yang berbeda - beda dalam menggunakan fitur split screen ini. Saya akan menjelaskan cara menggunakan split layar di beberapa tipe android.

Cara menggunakan split layar di hp xiaomi :

 Anda buka aplikasi terinstall di android > keluar dari aplikasi tanpa menghentikannya dengan menekan tombol home > buka aplikasi yang berbeda > tekan tombol overview maka akan menampilkan aplikasi yang sedang berjalan di latar belakang > pilih saja split screen di kiri atas > pilih aplikasi yang ingin ditempatkan di bagian atas > pilih aplikasi yang ingin ditempatkan di bagian bawah.

 Untuk membuat split layar nyaman saat digunakan, anda nyalakan rotasi android lalu miringkan hp anda. Cara keluar dari split layar adalah dengan menggeser pembatas aplikasi ke arah yang berlawanan.

Cara menggunakan split layar di hp samsung :

 Untuk menjalankan split screen di hp samsung sangat mudah, tapi hp samsung anda harus versi noughat ke atas. Jika masih di bawah noughat maka harus menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memakai split layar.

 Caranya, anda buka satu aplikasi lalu keluar tanpa mengehentikannya dan buka aplikasi yang berbeda lalu kembali ke beranda layar. Tekan tombol overview untuk melihat aplikasi yang sedang berjalan, pilih simbol dua kotak yang ada pada aplikasi maka setengah layar akan diisi oleh aplikasi dan pilih satu aplikasi lagi untuk menjalankan split layar.

 Untuk tipe hp lainnya, silahkan anda cek di menu overview, biasanya disana fitur split screen tersedia. Jika tidak ada, anda bisa menggunakan cara di bawah ini.


Cara split layar menggunakan aplikasi pihak ketiga


 Jika pada smartphone anda tidak ada fitur split layar, anda bisa memakai aplikasi bantuan untuk membuat layar menjadi split screen yaitu menggunakan aplikasi "split screen shortcut".


Cara melakukan split layar di semua hp android


Aplikasi ini bisa anda download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD - SPLIT SCREEN

 Setelah anda download, silahkan install dan buka aplikasinya > pada split screen, anda aktifkan dengan menggesernya ke sebelah kanan > maka akan muncul menu, pilih "open android setting"> anda akan masuk ke pengaturan aksesbilitas maka pilih split screen dan aktifkan dengan menggesernya ke kanan.

 Berikutnya, pada menu long press on diaktifkan untuk mengatur tombol pintas split screen. Anda pilih tombol untuk menjalankan split screen di android anda, disana tersedia tombol overview, home dan kembali.

 Untuk menjalankan split layar, anda jalankan satu aplikasi lalu tahan tombol pintas split screen dan pilih aplikasi yang ingin dijalankan. Maka layar android akan menampilkan dua aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Baca juga : inilah 14 game android di bawah 100 MB yang cocok dimainkan di waktu luang

 Jika aplikasi split screen tidak bisa di download karena perangkat tidak kompatibel berarti perangkat android anda memang tidak bisa untuk menjalankan split layar.

 Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa untuk membaca artike lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya tentang kehidupan sehari - hari.

Get notifications from this blog