√ 2 Cara Membuat Kamera CCTV dari HP Android Dengan Mudah dan Cepat - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

12 Apr 2020

2 Cara Membuat Kamera CCTV dari HP Android Dengan Mudah dan Cepat

2 Cara Membuat Kamera CCTV dari HP Android Dengan Mudah dan Cepat


Cara membuat kamera CCTV dari hp android


Kamera CCTV menjadi sebuah alat untuk memantau rumah anda dari penyusup, pencuri dan lainnya. Jika anda ingin berpergian jauh dan meninggalkan rumah dalam jangka waktu yang lama pasti kamera CCTV selalu dibutuhkan untuk memantau rumah tetap aman.

Tapi, ada cara lain untuk menjaga rumah anda tetap aman saat meninggalkannya. Selain kamera CCTV, smartphone anda juga bisa diubah menjadi kamera pengawas rumah anda. Cara membuatnya sangat mudah karena hanya membutuhkan aplikasi di playstore dan HP kedua sebagai kamera.

Syarat untuk membuat kamera CCTV dari HP android adalah anda harus mempunyai 2 smartphone android dan aplikasi pihak ketiga untuk menghubungkan kedua smartphone. Kenapa harus dua HP karena HP pertama berfungsi sebagai kamera pengawas dan HP kedua berfungsi sebagai controller kamera dari jarak jauh.

Untuk aplikasinya, saya akan menjelaskan 2 aplikasi untuk membuat kamera CCTV dari HP android, diantaranya adalah IP Webcam dan Wi-Fi Webcam.


Cara membuat kamera CCTV dari HP android


Pertama, saya akan menjelaskan cara membuat CCTV dari android menggunakan aplikasi Wi-Fi Webcam.

Silahkan download aplikasinya terlebih dahulu melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD - WIFI WEBCAM

Download dan install aplikasi tersebut di kedua ponsel android anda.

Buka aplikasi Wi-Fi Webcam > pilih start > pilih multi > pilih create > pilih hotspot > pillih open > tunggu sampai hotspot android menyala, jika sudah langsung klik OK.

Setelah itu, kalian buka aplikasi Wi-Fi Webcam di Android yang satunya lagi. Pilih start > pilih multi > pilih join > pilih open lalu nyalakan Wi-Fi android anda > hubungkan dengan hotspot dari HP yang sebelumnya. Jika sudah terhubung pilih Ok dan tunggu sampai proses searching selesai.

Baca juga : cara mudah melakukan split layar / split screen di semua HP android

Setelah proses searching selesai 100% langsung pilih GO untuk merubah android menjadi kamera pengawas. Tempatkan android yang berfungsi sebagai kamera di tempat strategis misalnya di halaman rumah, garasi, taman dan tempat lainnya untuk mengawasi keadaan sekitar.

Android yang satunya lagi berfungsi sebagai kontroller yang mengatur opsi kamera pengawas. Anda bisa mengaturnya di dalam rumah sambil rebahan. Kelemahan dari cara ini adalah anda tidak bisa memantau area dari jarak yang sangat jauh karena metode aplikasinya menggunakan media hotspot sehingga jarak yang dijangkau hanya sekitaran rumah saja.

Tapi tetap saja aplikasi ini sangat berguna karena bisa memantau keadaan sekitar tanpa harus melihat langsung. Cara selanjutnya adalah menggunakan aplikasi IP Webcam. Aplikasi ini menggunakan metode pemantauan melalui alamat IP, maksudnya memantau kamera pengawas melalui browser anda.

Anda download terlebih dahulu aplikasi IP Webcam melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD - IP WEBCAM

Setelah di install, anda langsung saja buka aplikasinya. Pada menu awal terdapat fitur - fitur yang bisa anda gunakan dalam memaksimalkan pemantauan melalui kamera android. Disini anda pilih cloud streaming > centang bagian cloud streaming active > pilih Ivideon account > anda masukkan email dan password bebas sesuai selera anda.

Setelah itu, kembali ke menu awal dan pilih start server. Maka aplikasi akan mengakses kamera belakang ponsel, perhatikan di bagian bawah tengah terdapat IP address yang berfungsi untuk mengakses gambar melalui koneksi Wi-Fi yang sudah terhubung.

Untuk mengakses gambar dari jarak jauh melalui perangkat lain, anda bisa mengakses situs ivideon.com/my

Tempatkan ponsel di tempat yang ingin diawasi, pastikan baterai android penuh dan jaringan internet lancar supaya gambar yang diakses terlihat jelas di android controller. Kemudian untuk mengakses kamera pengawas menggunakan HP lain, anda bisa masuk ke browser dan masuk ke situs ivideon.com/my lalu masukkan email dan passwors yang anda buat di aplikasi IP Webcam.

Baca juga : 5 cara mudah mempercepat koneksi internet android dan membuat sinyal tetap stabil

Maka anda akan melihat streaming gambar yang ditampilkan oleh android yang sudah diatur menjadi kamera pengawas. Kualitas gambar dan kecepatan tergantung dari koneksi internet, kualitas gambar jika koneksi lancar sangat HD yaitu sekitar 1280p.

Pada versi IP Webcam gratis ini tidak bisa menyimpan semua rekaman pada android. Jika anda membeli versi berbayarnya maka setiap anda merekam maka hasil rekaman akan tersimpan secara otomatis ke penyimpanan cloud yang tersedia.

Anda bisa menggunakan aplikasi bantuan untuk menyimpan hasil rekaman pada kamera pengawas yaitu aplikasi Screen Recorder. Anda bisa download melalui link di bawah ini.

DOWNLOAD - SCREEN RECORDER 

Dengan aplikasi ini, anda bisa merekam layar sekaligus merekam semua aktivitas yang diawasi oleh kamera pengawas. Kamera CCTV dari android ini hanya digunakan sebaga kamera pengawas sementara, jangan dijadikan sebagai prioritas karena banyak kekurangannya.

Lebih baik lagi jika anda membeli kamera CCTV sebagai kamera pengawas yang sebenarnya untuk memantau aktivitas sekitar rumah anda.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jika ada pertanyaan, silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya di blog Magersena untuk mendapatkan informasi bermanfaat lainnya.

Get notifications from this blog