4 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam / Blank Screen di Windows 7 dan Windows 10 Dengan Mudah dan Cepat

4 Cara Mengatasi Laptop Layar Hitam / Blank Screen di Windows 7 dan Windows 10 Dengan Mudah dan Cepat


Penyebab laptop layar hitam


Masalah yang pernah dialami setiap pengguna laptop adalah layar hitam / blank screen. Laptop layar hitam adalah laptop yang dalam kondisi menyala tapi tampilan dekstop tidak muncul dan hanya layar hitam dan cursor saja.

Tidak hanya itu, mouse klik kanan dan kiri juga tidak berfungsi hanya bisa digerakkan saja. Tapi keyboard masih bisa berfungsi untuk memberikan perintah saja. Nah, untuk solusinya sendiri ada pada keyboard. Anda perlu melakukan perintah dan beberapa perbaikan untuk mengatasi laptop layar hitam ini.

Penyebab laptop layar hitam ini diantaranya :

• Driver gagal berjalan
• Partisi MBR rusak
• Primary bootable crash
• File sistem corrupt
• Virus yang merusak explorer.exe

Bagaimana untuk cara mengatasinya ? Caranya sangat mudah dan tidak membutuhkan biaya, hanya modal niat untuk memperbaiki nya :D. Langsung saja berikut caranya.


Cara mengatasi laptop layar hitam di windows 7 dan windows 10



Terdapat 2 cara untuk memperbaiki laptop blank screen ini yaitu membongkar laptop dan masuk ke menu task manager. Kedua cara ini ampuh untuk mengatasi layar hitam pada laptop dengan cepat.

Baca juga : cara mudah memperkecil ukuran foto di android dan pc dengan cepat

Cara pertama, anda tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del > setelah itu pilih start Task Manager > pilih file > ketik Explorer.exe lalu OK, maka layar laptop akan kembali seperti biasanya.

Cara kedua, anda tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del > kemudian pilih task manager > pilih file yang berada di pojok kiri atas > pilih run new task > ketik saja Regedit dan pilih OK >


Penyebab laptop layar hitam


Maka akan muncul menu regedit, di menu ini cari dan pilih folder bernama HIKEY_CURRENT_USER > pilih folder software > pilih folder microsoft > pilih folder windows > pilih folder CurrentVersion > terakhir pilih folder explorer > di folder explorer, delete file ExplorerStartupTraceRecorded >


Penyebab laptop layar hitam


Lalu anda close dan tekan tomblo kombinasi Ctrl + Alt + Del sekali lagi > pilih restart.

Cara ini cukup sulit, tapi jika cara pertama tidak berhasil maka anda bisa mencoba cara kedua ini untuk mengatasi laptop layar hitam / blank screen.

Selanjutnya, cara ketiga adalah dengan membongkar laptop. Untuk mengatasi laptop layar hitam atau indikator menyala tapi layar mati, anda bisa membongkar laptop anda terlebih dahulu lalu buka atau cabut bagian memori. Kemudian nyalakan laptop maka layar akan kembali normal.

Untuk cara ketiga ini, silahkan anda tonton video berikut untuk penjelasan lebih lanjut tentang membongkar laptop.




Cara keempat untuk mengatasi laptop layar hitam adalah tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del > anda pilih Task Manager > pilih file yang berada di pojok kiri atas > ketik regedit dan pilih OK. Maka akan muncul menu regedit.

Pada menu regedit silahkan cari folder bernama HIKEY_LOCAL_MACHINE > pilih folder software > pilih folder microsoft > pilih folder windows NT > pilih folder CurrentVersion > terakhir pilih folder winlogout. Cari file bernama Shell, anda buka dengan klik 2× pada file tersebut, maka muncul tampilan. Pada tampilan tersebut terdapat nama explorer.exe, anda hapus dan ketik kembali explorer.exe dan pilih OK.

Silahkan, anda close task managernya dan tekan tombol kombinasi Ctrl + Alt + Del dan pilih restart. Setelah restart selesai, layar laptop akan kembali seperti semula. Sekilas cara ini sama seperti cara kedua tapi berbeda pada bagian pencarian folder.

Baca juga : cara mudah mengatasi laptop atau komputer yang lemot dan lamban dengan cepat

Kedua cara ini sama - sama bisa memperbaiki layar laptop anda yang hitam / blank dengan cepat tanpa harus dibawa ke tukang service.

Demikian yang bisa saya jelaskan tentang cara mengatasi laptop layar hitam dengan mudah dan cepat di Windows 7 dan Windows 10. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga. Jangan lupa baca artikel lainnya di blog MagerSena untuk mendapatkan pengetahuan lebih tentang dunia.

Posting Komentar

3 Komentar

  1. Solusi Teknologi Multimedia
    produk Sewa :

    1. Sewa Videotron
    2. Sewa LED Videotron
    3. Rental Videotron
    4. Rental Led Videotron
    5. Rental Projector
    6. Rental TV Touchscreen
    7. Rental Led standing

    Silahkan hubungi Kami

    Hub : 0811922678
    Hub : 0811 922 678
    Website : http://pusatledvideotron.com
    Solusi Teknologi Multimedia

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. start Task Manager > pilih file > ketik Explorer.exe lalu OK, maka layar laptop akan kembali seperti biasanya? Tel U

    BalasHapus