√ Manakah Waktu Terbaik Untuk Mengonsumsi Susu ? Pagi Atau Malam ? - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

23 Des 2019

Manakah Waktu Terbaik Untuk Mengonsumsi Susu ? Pagi Atau Malam ?

Manakah Waktu Terbaik Untuk Mengonsumsi Susu ? Pagi Atau Malam ?


Minum susu di pagi hari dan malam hari


Setiap orang pasti mengonsumsi susu di pagi hari sebelum beraktivitas supaya terpenuhi kandungan kalsium dalam tubuh. Tapi ada yang berpendapat kalau minum susu di pagi hari itu tidak tepat dan minum susu pada malam hari terbilang lebih terasa manfaatnya.

Hal itu menjadi pertanyaan untuk kita. Manakah waktu yang tepat untuk mengonsumsi susu, apakah di pagi hari sebelum beraktivitas atau pada malam hari sebelum tidur.

Sebenarnya sampai sekarang ini belum ada penelitian bahwa suplemen kalsium lebih baik dikonsumsi di pagi hari. Anjuran mengonsumsi kalsium harus seimbang. Beri jarak waktu untuk mengonsumsi 2 suplemen kalsium. Misalnya anda mengonsumsi susu pada pagi hari maka anda harus minum susu juga pada malam hari supaya meningkatkan penyerapan usus.

Baca juga : cara mudah mengatasi mata kelilipan pada bayi

Kalsium sangat penting untuk kesehatan tubuh. Ia berperan penting dalam proses metabolisme hormon, membangun tulang, otot, saraf dan pembuluh darah. Kebutuhan kalsium  yang diperlukan manusia dimulai umur 19 - 50 tahun sekitar 1000 MG, anda bisa mendapatkannya dari makanan dan minuman yang anda konsumsi setiap hari.

Minum susu bisa kapan saja tergantung waktu anda sempat untuk minum susu. Jika anda terburu- buru di pagi hari dan tidak sempat mengonsumsi susu maka anda bisa melakukannya di sore hari atau malam hari. Mengonsumsi susu bisa dilakukan 1 - 3 kali sehari.

Jika anda tidak bisa meminum susu pada pagi, siang dan malam hari. Maka lakukan pada akhir pekan bersama keluarga anda. Ada yang mengungkapkan bahwa minum susu di malam hari itu lebih baik karena saat tidur tubuh kita mengeluarkan growth hormon sehingga kalsium yang masuk ke tubuh akan bermanfaat seluruhnya bagi tubuh.


Hal - hal penting dalam mengonsumsi susu


Ada 2 jenis suplemen kalsium yaitu kalsium karbonat dan kalsium nitrat. Kalsium karbonat harus diminum sebelum makan pada keadaan perut kosong dan kalsium nitrat boleh diminum saat perut kosong atau diminum bersamaan.

Berdasarkan penelitian medis yang dilakukan oleh para dokter. Anjuran mengonsumsi suplemen kalsium hanya diperlukan bagi orang - orang yang tidak bisa memenuhi kebutuhan kalsiumnya setiap hari.

Hindari mengonsumsi suplemen kalsium bersamaan dengan minum kopi mengandung kafein atau makanan yang asin. Jaga kesehatan tubuh dan tulang anda dengan pola makan yang teratur dan sesuai dengan gizi seimbang.

Mulailah tidur minimal 6 jam / malam, jangan lupa untuk berolahraga sebanyak 5 kali seminggu dengan waktu minimal 30 menit dan lakukan manajemen stres dengan berbagai teknik relaksasi.

Rangkaian pola hidup yang baik adalah kunci kesehatan tubuh yang terjaga, jangan fokus pada kualitas makan saja karena ada aspek lain yang menunjang kesehatan tubuh anda.

Baca juga : 8 dampak negatif terlalu sering makan mie instan setiap hari

Sumber kalsium tertinggi yang sering dikonsumsi adalah susu sapi dan olahannya. Anda bisa mengonsumsi brokoli, biji wijen, almond, kacang - kacangan, tahu dan ikan jika anda mengalami intoleransi laktosa.

Bagaimana untuk anak - anak ?  Bagi anak hindari mengonsumsi susu yang mendekati waktu makannya karena susu menyebabkan si anak kenyang sehingga anak enggan untuk makan. Susu tidak hanya dikonsumsi dengan diminum, bisa juga dicampur dengan makanan kesukaan anak seperti agar atau pudding.


Manfaat minum susu setiap hari


Sebuah penelitian menyatakan bahwa minum susu secara rutin setiap harinya maka  bisa mencegah pengapuran sendi.  Susu juga bisa mencegah kanker usus besar karena terdapat hubungan baik antara kandungan kalsium tinggi terhadap penurunan resiko kanker usus besar.

Susu mengandung beberapa nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh diantaranya vitamin D, vitamin B12, vitamin A, vitamin B2, fosfor, kalsium, kalium dan iodin. Karena kandungan nutrisi tadi susu bisa mencegah pengeroposan tulang dan baik untuk kesehatan jantung.

Susu kaya akan protein  berkualitas tinggi mengandung asam amino yang berguna untuk pembentukan massa otot.  Peningkatan asupan kalsium sehari - hari bisa mencegah penyakit kardiovaskular. 

Get notifications from this blog