√ Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager untuk melacak Android yang Hilang - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 20 Desember 2019

Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager untuk melacak Android yang Hilang

Cara Menggunakan Aplikasi Android Device Manager untuk melacak Android yang Hilang


Cara melacak android yang hilang


Android device manager merupakan aplikasi perangkat lunak buatan google yang berfungsi melacak atau menemukan perangkat android anda yang hilang. Aplikasi ini bisa menghapus data jarak jauh, melindungi android dengan keamanan dan membunyikan nada android.

Aplikasi yang banyak digunakan pengguna android untuk mencari ponselnya yang hilang adalah aplikasi android device manager. Aplikasi ini berfungsi untuk melacak perangkat android yang hilang.

Keunggulan aplikasi android device manager adalah anda bisa mengatur ulang kata sandi baru pada android yang hilang, menderingkan android dan mereset android anda. Pada android versi baru, layanan diaktifkan secara otomatis tapu untuk android versi lama harus diatur secara manual.

Cara kerja android device manager melalui koneksi TCP antara perangkat android dan server google. Dengan bantuan koneksi tersebut android device manager akan mengirimkan informasi pada android untuk menentukan lokasi android dan melakukan operasi lainnya.


Cara mengaktifkan pelacakan pada perangkat android


Pertama - tama kita harus mengaktifkan layanan pelacakan terlebih dahulu untuk mulai mengecek tempat android kita yang hilang. Untuk mengaktifkan layanan ini android anda harus memenuhi beberapa syarat diantaranya :

Baca juga : cara membuat android supprot otg dengan root dan tanpa root

• Versi android harus di atas 2.2
• Android mempunyai aplikasi google play services

Persyaratan ini harus anda penuhi jika android anda versi lama. Tapi untuk android keluaran baru dua syarat tersebut sudah terpenuhi secara otomatis.

Tahap selanjutnya adalah memasukkan akun google jika anda belum memasukannya dalam perangkat android. Cara menambahkan akun google di android adalah masuk ke pengaturan > akun > tambahkan akun > google.

Supaya perangkat android anda bisa ditampilkan di aplikasi android device manager anda harus mengaktifkan layanan lokasi pada android anda. Cara mengaktifkan layanan lokasi di android adalah masuk ke pengaturan > lokasi > aktifkan layanan.

Langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi google setting untuk mengatur pengaturan agar sesuai dengan android device manager dan android bisa terlacak dengan benar. Biasanya android di atas versi 2.2 dan mempunyai aplikasi google play services biasanya sudah terpasang otomatis.

Buka aplikasi google setting > pilih security pada bagian services > centang kolom "Remotely locate this device" dan "Allow remote lock and erase".

Catatan :

• Fitur "Remotely locate this device" membuat aplikasi android device manager menampilkan peta di dalam aplikasi dan melacak android dengan akurat.

• Fitur "Allow remote lock and erase" sebagai fitur keamanan pada android yang melindungi data jika android di curi dan menghindari hal - hal yang tidak ingin terjadi.

Tahap terakhir yang harus anda lakukan adalah masuk ke pengaturan android untuk mengaktifkan aplikasi android device manager. Caranya adalah masuk ke pengaturan > keamanan > pilih device administrator > centang kolom android device manager.

Mulai melacak perangkat android


Hal paling penting pada android anda adalah menambahkan keamanan supaya pencuri tidak bisa membuka android anda. Anda bisa memakai kata sandi, pin, pola atau sidik jari untuk mengamankan android.

Baca juga : 5 aplikasi pengubah suara terbaik untuk live streaming

Si pencuri android anda pasti tidak akan berbuat banyak dan melakukan factory reset melalui mode recovery untuk mengembalikan pengaturan android sekaligus membuka keamanan android.

Tapi tenang saja, untuk anda pengguna android lolipop (versi 5.0) ke atas biasanya sudah dilengkapi fitur "Factory Reset Protection". Fungsi fitur ini yaitu saat si pencuri mereset pabrik android anda. Maka android tidak akan bisa digunakan, untuk menggunakannya harus memasukkan akun google yang sama dengan sebelum direset.

Cara mengakses android device manager ada 2 cara yaitu mengakses situs web android device manager atau mengakses situs google.com/android/devicemanager , kemudian masuk menggunakan akun google anda yang sama dengan android.

Anda harus mendownload aplikasi android device manager melalui playstore di perangkat android yang berbeda. Jika anda memakai android teman, anda bisa masuk dengan guest. Masuklah menggunakan akun google yang terpasang pada android yang hilang tersebut.

Catatan :

Android device manager tidak tersedia untuk iOS. Jika ingin mengakses android device manager menggunakan iOS harus melalui situsnya.

Jika anda memiliki android dengan akun google yang sama. Anda bisa memilih nama perangkat android untuk ditampilkan di aplikasi android device manager. Android anda memiliki sinyal GPS anda bisa memanfaakannya untuk melacak android dengan akurat.

Smartphone berbasis android sudah dilengkapi izin aplikasi. Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan izin pada suatu aplikasi. Biasanya anda ingin android tidak cepat habis yaitu menonaktifkan GPS, data internet dan sinkronisasi untuk menghemat daya android.

Anda bisa mematikan sinkronisasi dan data internet untuk menghemat daya tapi tida untuk GPS. Disarankan GPS selalu diaktifkan supaya mempercepat pelacakan android jika hilang di suatu tempat. Jika GPS android mati maka akan sulit untuk melacaknya dan kemungkinan tidak bisa di lacak.

Jika android anda menggunakan layanan lokasi dengan mode nirkabel, informasi yang ditampilkan tidak akurat dan bahkan tidak bisa muncul sama sekali. Jika android device manager tidak bisa menampilkan lokasi perangkat biasanya muncul lingkaran yang menandakan perkiraan lokasi perangkat berada.

Dengan cara tersebut anda bisa mencari kembali ke jalur yang pernah anda lewati saat android hilang.

Cara membuat android anda berdering supaya terdengar saat anda mencarinya. Anda bisa membuatnya dengan memilih "Ring". Dengan cara ini android yang hilang akan berdering penuh dalam waktu 5 menit saat android terkunci.

Jika perangkat android anda dicuri dan khawatir data di android anda akan digunakan oleh si pencuri. Maka anda bisa mengunci android dengan kata sandi baru agar pencuri tidak bisa membukanya. Caranya dengan memilih "Lock" untuk mengatur kata sandi baru.

Jika anda sudah menyerah untuk mencari android anda yang hilang atau di curi anda bisa melakukan langkah terakhir yaitu dengan menghapus seluruh data yang ada di perangkat yang hilang. Caranya pilih "Erase". Setelah mengaktifkannya android akan mereset ke pengaturan pabrik. Tapi android harus terhubung ke jaringan untuk melakukan proses penghapusan data.

Jika anda kehilangan android dan berniat ingin mencarinya. Sebaiknya bawalah teman untuk menemani anda mencari android yang hilang sekaligus mencegah kejadian yang tidak diinginkan.

Jika anda menyerah untuk mencari android anda yang hilang. Langkah terakhir adalah melakukan perintah "Erase" dan jangan lupa memblokir nomor telepon yang ada pada android untuk mencegah hal - hal yang tidak di inginkan.

Anda harus mengetahui cara menggunakan aplikasi android device manager tersebut supaya bisa bertindak cepat saat android anda terjatuh saat naik motor atau di curi. Anda langsung mencarinya tanpa harus mencari di google terlebih dahulu.

Get notifications from this blog