√ Cara Mudah Membuat Baju Sendiri di Rumah Tanpa Ribet - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 18 Desember 2019

Cara Mudah Membuat Baju Sendiri di Rumah Tanpa Ribet

Cara Mudah Membuat Baju Sendiri di Rumah Tanpa Ribet


Cara membuat baju untuk pemula


Keahlian menjahit baju diperlukan untuk anda yang ingin membuat produk pakaian buatan anda sendiri. Menjahit adalah suatu kegiatan menyambung bahan - bahan seperti kain dan Bulu yang dibantu oleh jarum jahit dan benang. Untuk proses penjahitan bisa menggunakan mesin jahit atau dengan tangan.

Produk yang bisa anda hasilkan dari kegiatan menjahit adalah  kasur, spray, tirai, pakaian, celana, tas, sepatu dan lain - lain. Kegiatan menjahit yang banyak dilakukan orang adalah menjahit baju, karena anda bisa memperbaiki baju rusak atau membuat baju versi anda sendiri.

Banyak orang berkata bahwa kegiatan menjahit itu terasa sulit.  Jika anda mengetahui langkah dasar dalam menjahit maka akan mudah dalam melakukannya. Untuk anda yang ingin membuat baju sendiri, berikut cara membuat baju untuk pemula yang bisa anda lakukan di rumah tanpa ribet.

Ada beberapa persiapan yang harus anda penuhi untuk melatih kemampuan menjahit baju anda, diantaranya :


Niat yang kuat


Yang pertama kali disiapkan adalah niat anda. Anda harus memantapkan niat karena anda akan belajar menjahit secara otodidak (belajar sendiri), setelah niat sudah kuat minta dukungan dari teman untuk membantu perkembangan kemampuan membuat baju anda.


Fokus pada satu bidang


Belajar menjahit anda harus fokus karena menjahit mempunyai beberapa teknik seperti crocket, clay, knitting dan lainnya. Jika anda tidak fokus pada bidang yang sedang anda pelajari atau sering berpindah - pindah bidang maka kemampuan menjahit anda tidak maksimal karena tidak fokus pada satu bidang.


Waktu luang


Waktu sangat penting untuk membentuk kemampuan menjahit anda. Dimana ada waktu luang, anda harus memanfaatkannya untuk belajar menjahit. Jangan menunda - nunda belajar nanti hasil belajar anda tidak maksimal.

Karena anda belajar dengan cara otodidak. Setidaknya anda harus belajar menjahit minimal 30 menit dan maksimal sampai 2 jam.


Alat dan bahan untuk menjahit


Langkah awal cara menjahit baju sendiri di rumah adalah mempersiapkan alat dan bahan untuk memulai menjahit. Ada beberapa perlengkapan yang harus anda siapkan seperti  mesin jahit, jarum pentul,  kapur kain, pensil kain, rader, pendedel benang, jarum tangan, benang, karbon kain, penggaris dan gunting.


Mulai menjahit


Perlengkapan sudah anda siapkan selanjutnya adalah memulai menjahit. Cara menjahit baju memerlukan mesin jahit, menjahit lurus terlihat cukup mudah tapi saat anda mencobanya ternyata sulit.

Untuk pemula, anda bisa menggunakan kertas atau kain bekas untuk belajar menjahit pertama kali. Mulai menjahit dengan membuat garis lurus, liku - liku dan melingkar pada kain bekas atau kertas tersebut.

Jangan lupa belajar cara mengunci jahitan dengan jahit 3 - 4 maju sesuai dengan garis kemudian mundur 3 lagi sampai 4 jahitan. Pada bentuk lingkaran biasanya dibuat untuk jahitan leher baju.

Anda bisa menggunakan baju yang sudah ada untuk melakukan jahitan awal. Mulai menjahit dengan membuat hal yang sederhana seperti membuat saku baju, sarung bantal dan lainnya.

Lakukan secara rutin untuk meningkatkan kemampuan menjahit anda dan melaju ke tahap selanjutnya yaitu membuat baju secara langsung.

Baca juga : 15 aplikasi desain baju dan kaos offline terbaik android

Lakukan secara bertahap agar peningkatan kemampuan menjahit anda berkembang denga baik dan menjahit bahan dasar anda untuk menjadi seorang penjahit baju.


Mulai membuat pola baju


Langkah awal untuk membuat baju adalah membuat pola baju yang ingin dibuat. Bagi pemula, cara mudah untuk membuat pola baju adalah dengan menjiplak baju yang sudah ada. Berikut caranya.

Anda harus mempersiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Diantaranya :

1. Baju yang sudah jadi
2. Jarum
3. Benang jahit
4. Karton / koran bekas
5. Kapur kain
6. Gunting
7. Spidol

Setelah perlengkapannya disiapkan. Selanjutnya adalah step by step membuat pola.

Pertama lipat baju menjadi dua bagian (separuh badan) yang sama panjang. Untuk membuat pola gunakan bagian belakang karena lebih lebar dari bagian depan. Jiplak pada koran bekas / karton dan tandai dengan spidol.

Untuk menjaga posisi tanda anda bisa gunakan jarum pentul atau injak dengan kaki. Kemudian potong karton sesuai tanda spidol. Anda bisa membuat pola tangan atau penutup kepala dengan hal yang sama. Setelah polanya jadi, bentangkan kain yang akan di buat baju.

Langkah selanjutnya adalah jiplak pada kain yang di buat baju melebihi ukuran pola atau menyambung dengan pola lain. Saat semua pola sudah siap, sambungkan satu per satu dengan jahitan yang lurus.

Terakhir bawa baju ke penjahit untuk dijahit ulang agar lebih kuat dan rapi. Untuk yang bisa menjahit, silahkan jahit sendiri menggunakan mesin jahit.

Disini saya akan membagikan ukuran yang diperlukan untuk membuat pola baju diantaranya :

1. Panjang baju (ukur ujung bahu dekat leher sampai bawah sesuai keinginan).

2. Lingkar pinggangg (ukur keliling pinggang).

3. Panjang lengan (ukur ujung bahu sampai batas lengan).

4. Tinggi punggung (ukur tengkuk sampai pinggang) untuk ukuran kecil 38 cm dan ukuran besar 40 cm.

5. Lebar bahu (ukur ujung bahu kanan sampai ujung bahu kiri).

6. Lingkar pinggul (ukur keliling bagian pinggul paling besar).

7. Lingkar badan (ukur keliling badan pada bawah ketiak ke puncak dada).

Dengan membuat baju sendiri anda bisa menjadi desainer pemula. Setiap proses yang anda jalani merupakan langkah awal untuk menjadi desainer seperti yang lain. Selain itu, anda akan mengembangkan pemikiran kreatif untuk membuat desain baju yang berbeda dari yang lain.

Get notifications from this blog

1 komentar