√ Inilah 40 Ide Usaha dan Bisnis Dengan Modal Kecil Untung Besar - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

13 Des 2019

Inilah 40 Ide Usaha dan Bisnis Dengan Modal Kecil Untung Besar

Inilah 40 Ide Usaha dan Bisnis Dengan Modal Kecil Untung Besar


Bisnis dengan modal kecil untung besar


Di zaman milenial ini semua bisa dimanfaatkan menjadi usaha atau bisnis. Mulai dari yang online maupun offline. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk anda yang sedang mencari  ide usaha atau ide bisnis untuk menambah pendapatan anda.

Pada artikel yang panjang ini, saya akan menjelaskan ide usaha dan bisnis yang bisa anda coba. Apa saja ? Baca artikelnya.


1. Sewakan kamar kosong



Kamu punya rumah atau beberapa kamar yang tidak terpakai? Lokasi tempat kamu tinggal juga strategis? Sewakan saja tempat itu! Situs seperti airbnb.com menjadi surga para traveler yang ingin liburan ke luar negeri namun dengan budget yang minim.

Bedanya dengan usaha kos atau kontrakan, kamar yang disewakan ini tidak mesti sebulan atau bahkan setahun, tergantung lamanya para traveler yang ingin menginap. Sehingga kalau sewaktu-waktu kamu mau memakainya, kamu tidak perlu bingung.

Selain itu, jika dalam sebulan ada tiga hingga empat tamu yang datang dengan rata-rata menginap empat hari. Kalau seharinya saja tarif paling murah 200.000 rupiah, artinya dalam sebulan kamu bisa mendapat uang sekitar tiga juta rupiah hanya dari satu kamar. Jauh lebih menggiurkan daripada usaha kost atau kontrakan, kan?


2. Menjadi guru les privat



Apakah kamu memiliki bakat menjadi guru? Nah anda bisa mengambil kesempatan untuk menjadi guru privat yang bisa mengajari para siswa dengan mata pelajaran yang sedang dipelajari di sekolah. Kamu juga bisa menjadi seorang guru musik, olah raga atau bahkan membuka kursus di bidang IT seperti web development atau desain grafis.

Di era digital sekarang, keahlian ini jarang ditemui di masyarakat. Anda hanya perlu promosi dengan sosmed atau percakapan langsung dengan orang lain. Jika terus dikembangkan, bukan tidak mungkin kamu akan membuka tempat kursus dan malah merekrut orang baru untuk membantu kamu.


3. Usaha katering



Tidak ada event yang tanpa makanan. Dan tidak ada bulan yang tanpa event. Artinya apa? Ini adalah bisnis abadi karena katering akan selalu dibutuhkan. Usut punya usut, memang pangsa pasar usaha ini kabarnya juga sangat luas. Dalam satu bulan, jika usaha katering yang sudah cukup dikenal, mereka bisa mendapat rata-rata tiga event besar.

Dalam bisnis kuliner, profit harus 50 persen dari omset. Adapun waktu yang dibutuhkan untuk bisa sampai pada titik tersebut adalah sekitar dua tahun. Jadi, jangan langsung berharap langsung mendapat angka yang besar ya karena segala sesuatu juga perlu proses.


4. Translator atau penerjemah



Apakah kalian menguasai bahasa asing? Jika ya, sangat terbuka kesempatan untuk menjadi penerjemah atau translator. Kamu bisa memulai dengan menjadi penerjemah artikel seperti makalah, skripsi atau dokumen lainnya.

Jika satu halaman kamu hargai 50.000 rupiah saja, maka dengan 10 halaman kamu bisa mendapat 500.000 rupiah kan? Dengan lokasi kerja yang fleksibel, yakni bisa di rumah, kafe atau bahkan bertemu langsung dengan klien menjadi tidak masalah.


5. Bisnis es krim



Siapa yang tak suka es krim? Anak-anak, remaja atau bahkan orang tua tentu masih banyak yang menyukainya. Apalagi saat musim kemarau. Gak heran kalau di beberapa mal mewah di Jakarta ada kedai es krim yang berani menawarkan tarif tinggi.

Tentu kamu bisa mulai dari usaha kecil di rumah. Anda tidak harus menjual mahal cukup dengan harga Rp.10.000 dengan es krim yang bervariasi. Tambah tempat yang sejuk dan cocok untuk beristirahat maka tempat anda akan semakin ramai dan dikenal banyak orang.


6. Graphic designer



Graphic designer yang sudah professional mempunyai penghasilan sekitar 100.000 Dolar Amerika per tahunnya. Tapi mereka yang profesional tentunya sudah punya banyak pengalaman dan portofolio yang mumpuni. Bagi kamu yang masih pemula, bisa menjual jasa desain grafis di beberapa marketplace seperti di sribu.com atau fiverr.com.

Sebagai penyedia jasa desain grafis, peluang kerja tidak terbatas wilayah. Kamu juga bisa menjadi penjual stock desain grafis seperti template Photoshop atau template presentasi maupun logo dan ikon. Marketplaceyang dapat digunakan yakni graphicriver.net. 


7. Usaha pemancingan ikan



Jika kamu mempunyai lahan yang cukup luas dan tidak terurus, alangkah baiknya kamu memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai sebuah usaha kolam pemancingan ikan.

Usaha yang satu ini bisa dimulai dengan modal awal sekitar 4 juta rupiah. Dengan fasilitas yang nyaman dan memadai bisa dipastikan tempat pemancingan ikan kamu akan selalu ramai terutama saat akhir pekan atau libur panjang karena tidak sedikit orang yang memiliki kegemaran memancing ikan.


8. Jualan pulsa



Jual pulsa elektrik justru paling tepat dilakukan oleh seorang karyawan maupun mahasiswa sebagai usaha sampingan. Teman - teman, sahabat dan rekan kerja anda yang bisa dimanfaatkan untuk dijadikan tempat pemasaran.

Menurut kabar, seorang pebisnis pulsa skala besar di Jakarta memiliki omzet 20 triliun rupiah setahun. Usaha besar tentu dimulai dari yang kecil lebih dahulu. Dan kamu bisa memilih pulsa elektrik sebagai tahap awal.

Dengan akses mudah, hemat waktu dan dengan modal kecil menjadi bisnis yang menjanjikan untuk anda. Modal jualan pulsa ini sekitar Rp.500.000 sampai Rp.1.000.000. Dan jangan lupa sebelum menjadi penjual pulsa anda harus memilih server pulsa dan survey harga yang pas jangan mengambil keuntungan terlalu besar.


9. Toko Mainan



Mainan merupakan hal yang sangat penting bagi anak karena selain dapat merangsang aspek kognitif, mainan juga dapat meningkatkan kreativitas dalam berpikir. Bisnis ini juga bisa menjadi penambah pundi-pundi keuangan Anda.

Bisnis mainan ini mempunyai sifat musiman dari segi penjualan. Hal ini diartikan dengan, adakalanya penjualan mainan dapat melonjak tajam, namun adakalanya juga bisnis ini akan sepi misalnya ketika musim memasuki sekolah.

Untuk meminimalkan kerugian dapat diakali dengan menjalankan program cuci gudang atau mengeluarkannya dari sisa barang dengan sistem bonus terhadap suatu produk.

Baca juga : Bingung mau memulai bisnis, inilah 10 tips yang harus dijalani untuk memulai bisnis


10. Menjadi Youtuber



Seorang youtuber yang mempunyai subscriber terbanyak di dunia saat ini adalah PewDiePie yang disebut - sebut sebagai raja youtuber dunia. Pria bernama Felix Arvid Ulf Kjellberg yang berasal dari Swedia ini mengisi channel youtubenya dengan bermain game dilengkapi dengan reaksi yang menghibur.

Tahun 2014, ia telah memiliki 30 juta pelanggan dan menerima penghasilan hingga 83,8 miliar rupiah. Beberapa artis seperti grup vocal Gamaliel, Audrey dan Cantika atau biasa disebut “GAC” juga bisa menjadi artis dengan merilis beberapa single dan memperoleh penghasilan. Kalau kamu memiliki jiwa entertainment tentu tidak ada salahnya mencoba menjadi YouTuber.


11. Menjadi seorang copy writer



Pekerjaan seorang copywriter bertugas menulis teks di iklan, menulis teks di landing page atau halaman penjualan hingga menulis segala teks yang bertujuan untuk merayu orang lain. Dengan kata lain, mereka adalah salesman dalam bentuk kata. Pendapatannya juga lumayan, yakni mencapai lima hingga enam juta rupiah per bulannya. 


12. SEO Expert


Search Engine Optimization atau sering disebut SEO merupakan teknik yang digunakan agar website kamu berada di posisi lebih tinggi saat berada di mesin pencari. Ahli SEO semakin banyak dicari seiring makin maraknya pula bisnis online namun para pebisnis belum sempat mempelajari SEO.


13. Menjadi penyedia jasa software development



Anda punya skill programming yang baik dan mampu untuk membuat software yang unik. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai bisnis dengan menjual software buatan kamu sebagai layanan atau produk. Salah satu model bisnis yang sedang berkembang saat ini adalah Software As a Service (SaaS). 

SaaS adalah software yang umumnya berbasis website dimana penggunanya membayar dengan model berlangganan. Contoh layanan komunikasi chattinh adalah Slack. Slack merupakan startup yang perkembangannya paling cepat saat ini, valuasinya di tahun 2015 mencapai 2,8 triliun dolar AS padahal baru diluncurkan secara resmi di tahun 2014. 


14. Penyedia jasa website development



Anda bisa menjadi website developer professional dan bisa mendapatkan penghasilan lebih untuk anda. Tapi kita tidak selalu harus memulai dari proyek yang besar. Kalau ingin menjadikan usaha website development sebagai sampingan, mulailah dari beberapa website untuk freelancer seperti upwork.com atau projects.co.id. Dari website tersebut terdapat banyak job pembuatan website dari ukuran kecil dengan dana di bawah satu juta hingga besar dengan budget lebih dari 100 juta rupiah. 


15. Pengecatan Air Brush



Seni lukis yang mempunyai nilai tinggi bisa dijual kepada orang yang mempunyai hobi seni lukis. Teknik seni lukis yang sering dilakukan adalah AirBrush. Air brush merupakan sebuah seni lukis menggunakan teknik seni rupa dengan memanfaatkan tekanan udara

Untuk mempermudah dan mempercepat proses pembuatan seni lukis pada beberapa peralatan seperti motor, mobil, helm, alat-alat rumah tangga, baju, dan lainnya. Selain itu makin lama makin banyak orang yang membutuhkan jasa pengecatan air brush karena hasilnya sangat bagus dan menjadi salah satu daya tarik tertentu.


16. Produk Daur Ulang



Akhir - akhir ini banyak himbauan untuk berpartisipasi dalam usaha ramah lingkungan dengan kampanye Go Green yang dicanangkan oleh berbagai macam organisasi terkait. Disini anda bisa mengambil peluang usaha dengan membuka usaha pembuatan kresek daur ulang atau kerajinan bubur kertas. 

Keuntungan yang didapat adalah Anda akan terbantu dari sisi promosi dengan adanya kampanye tersebut yang menganjurkan pemakaian barang bekas sebagai bahan utama membuat produk.


17. Bisnis Kuliner Sederhana



Bisnis kuliner seolah tiada hentinya untuk terus tumbuh. Setiap bulan selalu muncul usaha baru yang muncul dan beberapa kedai kuliner yang tutup karena tidak laku. Untuk memasarkan usaha kuliner butuh kreatfitas dan ide.

Dengan kreatifitas dan kombinasi usaha kuliner dengan makanan yang populer maka bisnis anda akan berkembang. Misalnya bakso dengan cita rasa yang berbeda, bakso dengan bentuk kotak atau bakso besar dengan bentuk unik sehingga bisa menarik pelanggan untuk datang.


18. Jasa Kebersihan Keliling



Banyak orang yang lebih dimanjakan dengan banyaknya usaha yang mendatangi konsumennya dengan mendatangi rumah - rumah mereka. Salah satu usahanya adalah jasa kebersihan keliling yang tidak jauh berbeda dengan cleaning service.

Banyak orang ingin memiliki suasana lingkungan yang bersih dalam waktu singkat. Nah, Anda bisa membuka jasa kebersihan ini. Namun tentu saja dengan modifikasi usaha yang kreatif supaya mudah dijual di masyarakat


19. Menjadi Reseller Usaha Kreatif



Anda bisa menjadi reseller dengan meraup banyak keuntungan dengan modal yang sedikit hanya modal kreatif dan ide dalam menjual melalui sosial media. 

Produk yang bisa dijual sangat beragam dan anda bisa mencari info supplier produk yang menjalani sistem reseller. Cara menjualnya bisa melalui online store, ataupun market place.

Baca juga : Ingin menjadi pebisnis, kenali 7 proses dimulainya bisnis besar


20. Jasa editor video



Kemampuan yang unik adalah salah satu hal yang paling dicari banyak orang etika kemampuan sendiri tidka memadai. Salah satunya yaitu editing video yang biasa digunakan untuk media promosi sebuah produk. 

Kemamuan mengedit video bisa kamu jadikan bisnis dengan tarif yang mahal karena kemampuan ini termasuk langka dan tidak setiap orang yang mempelajarinya bisa berhasil. Jadi, jangan lewatkan kesempatan berbisnis ketika kamu mampu.


21. Jasa freelance make up


Jika kamu seseorang yang hobi berdandan, barangkali bemrula dari hobi tersebut kamu bisa mempunyai ide bisnis kreatif. Dengan membuka jasa make up freelance kamu bisa mendapatkan penghasilan ketika momen-momen seperti wisuda, pernikahan dan lain sebagainya.

Kemampuan make up yang bagus akan menjadi kepercayaan dari pelanggan untuk mendapatkan banyak konsumen lagi. Modal yang dikeluarkan dari jasa make up ini juga tergolong kecil karena kamu hanya butuh membeli perlatan make up yang yang harganya tidak seberapa dari hasilnya ketika make up sudah selesai.


22. Jasa Pembuatan Intro, Bumper atau Opening Video Channel Youtube


Google mencatat, peningkatan jumlah video yang diunggah ke youtube oleh orang Indonesia mencapai 600% dibanding beberapa tahun yang lalu. Angka yang fantastis bukan?

Apabila anda merasa tidak cocok menjadi seorang youtubers, kabar baiknya anda masih bisa menawarkan berbagai jasa kepada mereka para youtube creator atau youtubers itu.

Percaya atau tidak, sebenarnya tidak semua youtubers punya kemampuan yang mumpuni dalam urusan editing video, dan hal tersebut bisa anda manfaatkan sebagai peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Jasa pembuatan intro video channel youtube sendiri merupakan salah satu ide usaha yang sedang populer dan banyak dicari untuk saat ini.

Bagaimana, Anda punya kemampuan di bidang tersebut? Segera hubungi mereka, tawarkan produk anda, kemudian berikan pelayanan yang maksimal untuk produk jasa yang hendak anda jual.


23. Penitipan dan Perawatan Hewan



Bisnis ini sudah banyak bermunculan terutama di kota - kota besar. Usaha ini memiliki banyak potensi bisnis terutama di kota-kota besar.

Saat masa liburan, Lebaran, Natal atau bepergian dalam waktu yang lama, jasa penitipan dan perawatan hewan banyak dicari dan laris manis. Para pemilik hewan tidak akan membawa hewan peliharaannya untuk jalan - jalan bersama.

Jasa penitipan dan perawatan hewan biasanya menawarkan jasa merawat seperti memandikan, memberi makan, mengajak jalan-jalan dan menjaga hewan peliharaan dengan baik selama pemiliknya menitipkannya ke tempat penitipan hewan.


24. Rental Perlengkapan Bayi


Harga perlengkapan bayi dan mainan anak berkualitas relatif mahal.

Selain harganya yang mahal, pertumbuhan si balita yang terus tumbuh dan anak yang sering menginginkan hal baru menjadi pertimbangan para ibu bapak sebelum membeli mainan.

Anda bisa memanfaatkan koleksi milik pribadi dan teman-teman Anda yang sudah tidak dipakai untuk bisa disewakan, seperti stroller, tempat tidur bayi, mainan, dan lain-lain.


25. Barang Antik



Perubahan zaman yang semakin maju masih menyisakan sisa bisnis yang belum banyak diketahui orang. Beberapa kafe menyediakan desain kuno dan barang antik sebagai media penarik pengunjung yang datang.

Barang antik seperti meja tua, lampu lampu, atau gelas adalah barang yang diminati oleh pembeli dengan harga jual yang cukup tinggi.


bisnis dengan modal kecil untung besar



26. Bisnis Laundry



Membuka laundry rumahan juga sangat potensial dilakukan dengan modal minim. Anda bisa menggunakan mesin cuci yang sudah Anda miliki saat ini, dan jika usaha Anda berkembang nanti, Anda bisa membeli mesin cuci yang baru.

Dengan modal minim Rp 1 juta, Anda bisa menggunakannya untuk membeli deterjen pembersih, pelembut dan keperluan lainnya. Pasanglah jasa mencuci yang menguntungkan agar usaha rumahan ini tetap mendatangkan keuntungan.


27. Bisnis Pembukuan UKM



UKM adalah penggerak ekonomi di Indonesia dengan jumlah mencapai 49 juta dan kontribusi Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia yang mencapai 60,34 persen di tahun 2016. Dengan besarnya jumlah UKM dan kontribusinya terhadap PDB Indonesia tersebut, jasa atau produk yang melayani UKM adalah bisnis yang menjanjikan.

Salah satu ide bisnis 1 juta yang termasuk dalam jasa atau produk yang secara khusus melayani UKM adalah bisnis pembukuan untuk UKM. Pembukuan dibutuhkan oleh UKM untuk memastikan kesehatan usaha mereka dan juga untuk mendapatkan pendanaan eksternal dari lembaga pembiayaan.

Modal utama anda dalam bisnis pembukuan UKM adalah keahlian, pengalaman, serta pengetahuan dalam menyusun pembukuan yang teliti, rapi dan bermanfaat bagi pelaku bisnis. Jika anda tidak mempunyai keahlian sebelumnya anda dapat belajar dari kursus dan mencari pengalaman dengan magang sebagai bagian pembukuan di UKM.


28. Jual minuman air tebu



Untuk memilih jenis usaha kecil yang satu ini kita harus memiliki spot tempat usaha yang strategis.

Contoh jika mempunyai lahan dekat gedung sekolah ataupun di tepi jalan yang ramai orang berlalu lalang adalah posisi yang paling ideal untuk berjualan air tebu.

Kalkulasi perhitungannya adalah:

Mesin giling tebu Rp 2 jutaMerakit gerobak Rp 1 jutaAlat alat lainnya Rp 500 ribuTebu per kuintal Rp 200 ribu bisa untuk 250 sampai 300 porsiPlastik, Es, dll Rp 100 ribuTotal modal: Rp 3,8 juta

Estimasi penjualan jika harga per porsi air tebu adalah Rp 2 ribu maka target setiap harinya bisa memperoleh pembeli sampai 50 orang (target minimal).

Omzet perhari sudah bisa mengantongi minimal Rp 100 ribu sudah lumayan untuk menjadi sumber penghasilan harian.


29. Usaha Membuat Perhiasan



Salah satu peluang usaha modal 1 juta dalam bidang kerajinan yang menjanjikan saat ini adalah usaha perhiasan handmade. Perhiasan dan aksesoris adalah industri besar yang pasarnya tidak saja dalam negeri, terdapat juga pasar ekspor yang potensinya masih terbuka lebar.

Perhiasan dan aksesoris termasuk salah satu industri rumahan yang sudah ada sejak lama. Jika anda mempunyai kelebihan dalam memperhatikan desail dan membuat desain maka usaha rumahan ini cocok untuk anda.

Untuk membantu anda dalam menjual produk anda, anda dapat menjualnya di marketplace khusus seperti Qlapa.com untuk pasar lokal dan Etsy.com untuk pasar internasional.


30. Toko Kelontong



Membuka toko kelontong atau toko serba ada dengan skala kecil merupakan salah satu hal yang sangat mungkin dilakukan oleh ibu rumah tangga di sela mengurus rumah tangga.

Terutama bagi Anda yang tinggal dalam lingkungan perumahan, dimana belum ada toko kelontong yang menyediakan aneka barang dengan cukup lengkap.

Banyak orang membutuhkan sesuatu dengan skala kecil dan malas untuk membeli di toko besar karena terpaut jarak yang jauh.

Di sini fungsi toko kelontong yang menjual aneka barang dagangan menjadi salah satu jenis toko yang dibutuhkan oleh warga sekitar. Modalnya pun tidak terlampau besar jika Anda membukanya di rumah.


31. Membuka online shop



Era internet yang sudah merajalela, masyarakat sudah terikat dengan transaksi dan media online. Peluang bisnis yang bisa anda coba adalah membuat toko online anda sendiri.

Beberapa produk yang paling banyak dijualbelikan di toko online adalah pakaian, obat herbal, kerajinan khas daerah, tas, kaos atau produk barang digital lainnya seperti ebook, perangkat lunak, musik dan lain sebagainya.

Ditambah lagi, bisnis toko online ini bisa dilakukan dengan menjual barang sendiri atau orang lain yang ingin menitip jual pada kita. Kamu tak perlu khawatir dengan modal karena modal yang perlu dipersiapkan juga relatif kecil.

Hal yang perlu dibeli hanyalah template atau website yang harganya sekitar 300.000-an rupiah. Jika kamu bisa membuat dan mendesain sendiri, maka bisnis ini bisa dibilang nyaris tanpa modal.


32. Bisnis Bubur Ayam



Apa yang lebih nikmat selain bubur ayam untuk sarapan? bubur ayam hangat merupakan salah satu makanan favorit bagi banyak orang untuk sarapan. Tidak hanya nikmat dimakan, profit dari menjual bubur ayam tidak sedikit dan termasuk dalam ide bisnis modal 1 juta yang menjanjikan.

Contohnya, Bubur Ayam Palapa di Pasar Minggu yang sanggup membukukan keuntungan bersih sekitar Rp. 1,75 juta per hari atau sekitar Rp. 50 juta per bulan.

Dengan modal 1 juta anda bisa membeli 1 unit gerobak bekas lengkap dengan peralatannya melalui OLX. Anda bisa mencari lokasi strategis untuk berjualan atau menyewa tempat untuk berjualan. Dengan hal ini anda bisa membangun bisnis bubur ayam dengan uang 1 juta saja.

Jika anda sudah menemukan resep yang sukses dan disukai oleh banyak orang, anda dapat melakukan ekspansi dengan membuka cabang atau menambah gerobak.

Dengan melakukan ekspansi seperti itu maka bisnis bubur ayam yang dimulai dengan modal kecil dapat menghasilkan keuntungan yang mencapai puluhan juta perbulan.


33. Bisnis Tas Handmade / Kerajinan Tangan



Tidak banyak bisnis yang dapat memberikan margin keuntungan sebesar bisnis kerajinan tangan. Bisnis kerajinan tangan adalah salah satu bisnis dimana modal utama yang menjadi kunci sukses adalah kreatifitas dan keahlian pemasaran yang tinggi.

Salah satu peluang usaha kerajinan tangan adalah bisnis tas handmade. Dengan modal 1 juta saja untuk membeli bahan baku dan membuat puluhan tas. Tas tersebut kemudian dapat dibuat dengan bantuan dari konveksi.

Potensi dari bisnis tas kerajinan tangan/handmade saat ini juga sedang menanjak dengan munculnya berbagai situs marketplace yang fokus kepada barang-barang handmade seperti Qlapa dan Etsy.


34. Bisnis Ebook


Menulis dan menjual ebook yang memberikan pengetahuan atau menghibur orang lain tidak membutuhkan modal besar. Anda bahkan tidak harus mempunyai komputer atau laptop sendiri, anda bisa menulis naskah buku anda di kertas untuk kemudian dikonversi menjadi ebook di sebuah warnet atau business center.

Dengan kelebihan utama ebook berupa biaya produksi yang rendah dan kemudahan distribusi dibandingkan dengan buku fisik, bisnis ebook mempunyai peluang yang jauh lebih menguntungkan dibandingkan dengan menulis buku biasa.

Jika buku biasa hanya mampu memberikan royalti penjualan sebesar 10 persen, ebook dapat memberikan margin keuntungan bersih sampai 70-80 persen.

Potensi bisnis ebook tersebut dibuktikan cerita bagaimana Pat Flynn memulai bisnisnya dengan menjual buku elektronik mengenai panduan tes sertifikasi desain arsitektur ramah lingkungan. Dimana Pat FLynn dapat meraih keuntungan mencapai US$ 70.000 setiap tahun dari penjualan ebooknya.


35. Bisnis Event Planner



Bisnis event planner merupakan salah satu bisnis yang dapat anda mulai dengan modal kecil. Anda tidak memerlukan modal karena anda dapat menggunakan uang panjar dari klien untuk menutup biaya operasional dalam merencanakan suatu acara.

Bisnis ini sudah dibuktikan oleh beberapa orang contohnya Putri Andina, Cindy Indriyan, Nindy Amalia dan Deisy Sumampouw. 4 orang ini memulai bisnis dengan modal sedikit, mereka sukses merintis bisnis yang bernama Vier Party Planner sejak tahun 2015.

Walaupun tidak membutuhkan modal besar, bisnis event planner mempunyai potensi yang sangat besar karena banyak sekali potensi-potensi pasar untuk bisnis event planner. Mulai dari event personal seperti ulang tahun, anniversary, romantic dinner, bridal shower sampai event publik seperti seminar dan workshop dapat dijalankan oleh bisnis event planner.

Untuk event personal saja, bisnis event planner dapat meraih keuntungan kotor sebesar Rp. 1 juta sampai Rp. 3 juta. Oleh karena itu bisnis event planner termasuk dalam daftar ide bisnis modal 1 juta yang paling menguntungkan ini.


36. Usaha Snack Kemasan



Peluang usaha kuliner di tanah air tidak pernah hilang tapi banya orang yang berpikiran bahwa bisnis kuliner ini membutuhkan modal yang besar sehingga mereka enggan menjalani bisnis ini. Anggapan tersebut salah besar, ada beberapa peluang usaha kuliner yang hanya membutuhkan modal kecil.

Contohnya usaha snack kemasan, usaha ini merupakan salah satu peluang usaha kuliner yang dapat anda mulai dengan modal 1 juta saja. Modal sebesar satu juga tersebut sudah cukup untuk membeli bahan baku awal serta bahan-bahan untuk membuat kemasan plastik.

Setelah sukses menjual produksi awal anda, anda dapat mengembangkan usaha ini dengan menginvestasikan kembali keuntungannya. Atau anda juga bisa mencari mitra kerja untuk meningkatkan produksi anda.


37. Usaha Merangkai Bunga



Bunga menjadi lebih cantik dan istimewa jika dirangkai serta ditambah aksesori yang menarik. Dengan memadukan berbagai bunga, bermain warna dan dibungkus dengan kertas wrapping yang cantik harga bunga meningkat menjadi jauh lebih tinggi daripada setangkai bunga biasa.

Memulai usaha bunga rangkaian tidak membutuhkan modal yang besar. Anda dapat memulai usaha bunga dengan memanfaatkan momen-momen tertentu seperti wisuda, dan dengan fokus kepada pemasaran melalui social media.

Contoh pengusaha sukses dengan modal kecil adalah Yosafine pendiri Lanushky Bouguet yang memulai usahanya dengan modal Rp.100.000. Dengan modal tersebut ia bisa menghias bunga dengan bentuk yang beragam.


38. Usaha Membuat Perhiasan



Salah satu peluang usaha modal 1 juta dalam bidang kerajinan yang menjanjikan saat ini adalah usaha perhiasan handmade. Perhiasan dan aksesoris adalah industri besar yang pasarnya tidak saja dalam negeri, terdapat juga pasar ekspor yang potensinya masih terbuka lebar.

Perhiasan dan aksesoris termasuk salah satu industri rumahan yang sudah ada sejak lama. Jika anda mempunyai kelebihan dalam memperhatikan desail dan membuat desain maka usaha rumahan ini cocok untuk anda.

Untuk membantu anda dalam menjual produk anda, anda dapat menjualnya di marketplace khusus seperti Qlapa.com untuk pasar lokal dan Etsy.com untuk pasar internasional.


39. Usaha agribisnis



Agribisnis disini mencakup pertanian perikanan peternakan dan kehutanan. Enaknya berbisnis agribisnis adalah berapapun modal yang adan miliki bisa dijalankan.

Konsep usaha agri bisnis adalah banyak modal banyak untung. Contoh usahanya dengan modal 1 juta: ternak ayam dan budidaya ikan gabus. Jika anda memiliki lahan yang cukup anda bisa menanam sayuran. Memperbanyakan bibit, mulai bibit ikan, bibit tanaman / benih yang bisa di jual kepada petani / ataupun toko pertanian dan peternakan.

Baca juga : 9 cara berpikir orang sukses yang harus anda tiru


40. Cuci sepeda motor



Memiliki lahan di tepi jalan raya, dan memanfaatkan halaman rumah juga bisa menjadi poin pertama yang merupakan lokasi tepat untuk digunakan membuka usaha cuci sepeda motor.

Berikut ini adalah estimasi perhitungan anggaran serta kalkulasi keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha cuci motor.
Satu unit waterjet 200 watt Rp 2.500.0005 Pcs kanebo Rp 200.000Sikat sikat dan spons Rp 150.000Sabun cuci motor Rp 200.000Bayar listrik dan air Rp 500.000Total modal : Rp 3.550.000Mematok tarif ongkos cuci untuk setiap motor Rp 10.000 dengan target per hari mendapatkan konsumen minimal 10 unit motor.

Omzet dalam waktu satu bulan sudah bisa mendapatkan Rp 3 juta.

Untuk anggaran modal sebenarnya masih bisa ditekan lagi karena estimasi harga di atas dibuat dengan perkiraan harga tertinggi.

Dengan perhitungan sederhana saja sudah bisa diperkirakan bahwa modal 3,5 juta akan bisa kembali dalam tempo sebulan dan selanjutnya sudah menjadi keuntungan yang cukup layak untuk menjadi sumber penghasilan sehari hari

Get notifications from this blog