Dampak yang Akan Dirasakan Manusia Jika Bumi Berbentuk Datar

Dampak yang Akan Dirasakan Manusia Jika Bumi Berbentuk Datar

dampak yang terjadi jika bumi datar


magersena.blogspot.com - Sejak 2000 tahun lalu, manusia sudah tahu kalau bentuk bumi itu bulat. Dari mulai zaman ngitung  sudut matahari, penemuan hukum gravitasi dan bukti fotografi bahwa bentuk bumi itu bulat.

Tapi, beberapa orang memberikan anggapan bahwa bentuk bumi itu datar. Mari kita berandai - andai apa jadinya jika bumi berbentuk datar dan bagaimana siklus kehidupannya nanti.

Mari kita bahas. Sebelum membahas kejadian jika bumi berbentuk datar. Sebaiknya bayangkan dahulu bagaimana maksud dari bentuk bumi datar ini.

Apakah berbentuk seperti piring dimana matahari dan bulan berputar di atas bumi. Jika bumi datar ini terjadi maka gravitasi menghilang, matahari, bulan dan teori heliosentris tidak berlaku.

Bentuk bumi datar membuat gravitasi mustahil karena sifat gravitasi itu menarik benda - benda ke pusat gravitasi. Kalau bumi tidak ada gravitasi maka benda akan melayang di udara, atmosfer menghilang entah kemana, langit akan menjadi gelap, cuaca tidak berlaku, oksigen akan lenyap, sinar matahari terasa sangat panas dan pada akhirnya tidak ada kehidupan di bumi.

Lalu, bagaimana jika bumi datar mempunyai gravitasi. Pasti akan terjadi hal yang aneh seperti benda yang bergerak ke pusat bumi. Orang - orang di tengah bumi akan baik - baik saja.

Baca juga : beginilah proses terbentuknya bulan

Tapi saat kita semakin bergerak ke pusat bumi maka gerakan akan terasa lambat seperti naik gunung. Bangunan pun akan berubah bentuk dan condong ke arah pusat gravitasi bumi datar.

Tidak hanya bangunan, benda dan makhluk hidup lain seperti tumbuhan, air atau benda berat akan bergeser sedikit demi sedikit ke pusat bumi.

Efek lainnya jika bumi datar adalah tidak adanya zona waktu, bintang di langit terlihat aneh dan tidak ada yang namanya pergantian musim.

Sampai sini kita dapat mengambil kesimpulan bahwa teori bumi berbentuk datar itu sangat sulit untuk dibuktikan.

Mari kita perjelas dampak - dampak yang akan dirasakan manusia jika bumi berbentuk datar.

1. Tidak ada perbedaan zona waktu di bumi

Perbedaan zona waktu di bumi dikarenakan bumi berputar pada porosnya sehingga akan terjadi perbedaan waktu antara bumi utara dan bumi selatan.

Perbedaan itu pergantian antara siang dan malam sesuai dari arah rotasi bumi tersebut. Tapi, jika bumi berbentuk datar maka tidak ada perbedaan zona waktu dan tidak ada yang namanya malam.

Karena bumi datar tidak mempunyai rotasi sehingga seluruh bumi akan merasakan waktu siang yang terus menerus dan tidak ada yang namanya malam.

2. Pemandangan malam yang sama di penjuru bumi

Bumi bulat mempunyai pemandangan malam yang berbeda di setiap daerah di bumi. Di belahan bumi utara anda bisa melihat bintang arcturus dan pleiades.

Sementara di belahan bumi selatan, anda bisa melihat bintang raksasa alpha centauri, awan magellan, sothern cross dan bintang lainnya.

Baca juga : apakah benar naga pernah hidup di dunia

Jika bumi berbentuk datar maka pemandangan di seluruh penjuru bumi akan terlihat sama walaupun anda berpindah daerah ke penjuru bumi lain.

3. Tidak ada perbedaan musim di bumi

Adanya perbedaan musim di bumi dikarenakan sinar matahari yang menyinari bumi dalam waktu yang berbeda.

Jika bumi datar sudah dipastikan semua penjuru bumi akan mengalami musim yang sama setiap waktu.

4. Tidak ada sistem GPS

GPS selalu dibutuhkan untuk melihat permukaan bumi dengan jelas dari luar angkasa menggunakan satelit.

Jika bumi berbentuk datar maka satelit GPS tidak akanbisa mengelilingi bumi karena tidak ada gravitas yang seimbang untuk menahan laju satelit bahkan satelit bisa jatuh ke bumi bagian utara.

5. Gravitasi menarik semua objek ke bagian utara bumi

Hal yang akan terjadi jika bumi datar adalah semua objek yang ada di muka bumi ini akan tertarik ke bumi bagian utara.

Hal ini dikarenakan bumi berbentuk datar. Bumi berbentuk bulat mempunyai gravitasi yang menarik kita ke bawah. Sementara bumi datar, pusat gravitasinya di bumi bagian utara sehingga memaksa semua objek bumi untuk bergeser ke arah utara.

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga. Terima kasih     

Posting Komentar

0 Komentar