10+ Cara Mudah Merubah Kepribadian Menjadi Seorang Pendiam

10+ Cara Mudah Merubah Kepribadian Menjadi Seorang Pendiam





Seseorang pasti mempunyai kepribadian dalam menjalani kehidupan sehari - hari. Contohnya orang yang suka me-lucu di kelas dan selalu membuat orang tertawa akan ditandai sebagai orang yang humoris. Orang yang banyak bicara dengan nada keras dan tidak enak di dengar akan di tandai sebagai orang yang cerewet atau bawel.

Begitu pun kepribadian lainnya yang bisa anda lihat di lingkungan sekitar. Lalu, bagaimana cara mengetahui kepribadian diri sendiri. Lihat saja hal yang sering anda lakukan dan tanyakan pada teman, bagaimana tanggapan mereka tentang diri anda. Pada artikel ini saya akan membahas mengenai kepribadian seorang pendiam. 

Orang pendiam terlihat keren, cool karena sikapnya yang dingin dan tidak perduli dengan situasi. Seperti hal nya karakter sasuke dalam serial naruto.  Sasuke terlihat pendiam, bersikap dingin, tidak peduli dengan situasi, jarang bergaul, bicara kalau ada perlunya dan yang terpenting tidak bucin.

Sebelum membahas cara menjadi seorang yang pendiam. Kita harus mengetahui dampak yang akan kita rasakan ketika kita menjadi seorang pendiam. Menjadi seorang pendiam bukannya terlihat keren, mandiri, terlihat lebih berwibawa. Tapi hal itu tergantung bagaimana cara anda menjalankan prosesnya menjadi seorang pendiam.

Berikut dampak yang akan kalian rasakan jika anda menjadi seorang pendiam.


1. Sulit jatuh cinta



Orang pendiam jarang sekali merasakan cinta pada seorang wanita, ia hanya fokus mengembangkan kreativitas daripada membuang - buang waktu dengan pacaran yang tidak ada gunanya. 


2. Dijauhi orang lain



Orang pendiam suka menyendiri dan tentunya jarang bergaul dengan orang lain maka anda secara otomatis akan di jauhi oleh orang - orang karena anda jarang berinteraksi dengan mereka.


3. Kesepian



Saat menjadi seorang pendiam, anda akan jarang bergaul dengan teman sekitar yang ada hanyalah pikiran tentang mengatur hidup diri sendiri. Jika anda sudah terbiasa kesepian maka akan mudah menjalani cara - caranya.

Dan masih banyak lagi dampak yang akan dirasakan jika anda menjadi seorang pendiam, jika di bahas satu per satu mungkin akan menjadi artikel yang sangat panjang.

Anda membaca artikel ini karena tertarik untuk menjadi seorang pendiam, bukan !


cara mudah merubah kepribadian menjadi seorang pendiam




1. Kenali diri anda



Jika anda merasa bahwa sikap dilakukan selama ini telah membuat reputasi hidup anda buruk maka rubahlah hal itu secara bertahap. Cara mengenali diri anda cukup mudah mulai dari melihat ulang semua yang anda lakukan beberapa hari ini mulai dari makan bersama keluarga, bercanda bersama teman, main game.

Baca juga : 8 cara sukses di usia muda dengan cara sendiri

Atur ulang sesuai keinginan anda secara bertahap, maka hal itu akan menjadi sikap alami dalam diri anda.


2. Belajar menahan diri



Orang pendiam biasanya tidak pernah mengeluarkan isi hati mereka demi menjaga image dirinya di hadapan orang - orang. Pada saat anda marah atau sedih, tahan diri anda untuk mengeluarkan rasa itu. Seiring waktu maka anda akan terbiasa untuk menahan rasa dalam hati anda.


3. Tenangkan diri anda



Jika anda punya kebiasaan selalu gugup dalam aituasi tertentu. Maka biasakan diri anda bersikap tenang dalam menghadapi situasi apa pun. Cara adalah dengan melepaskan pikiran apa yang membuat diri anda tidak tenang. Jika punya masalah pikirkan solusinya, bertindak cepat. Orang yang pendiam selalu berpikir pintar dalam menghadapi segala situasi.


4. Jangan terlalu sering berbicara



Jika anda termasuk orang yang aktif berbicara maka kurangilah perlahan - lahan. Jangan langsung berhenti berbicara selama sehari penuh tapi harus bertahap. Berbicara pada seseorang terkait hal yang penting saja. Jangan membuang - buang waktu dengan obrolan yang tidak ada gunanya untuk diri anda maupun orang lain. Anda punya kebiasaan ngomongin orang bareng temen maka kurangilah dengan diam. Diam merupakan tahap awal untuk merubah anda menjadi seorang pendiam.

5. Dengarkan orang berbicara


Pada saat berkumpul bersama teman, sahabat atau keluarga biarkan orang lain yang berbicara, tanyakan apa yang membuat anda penasaran dan jangan menciptakan suasana bicara yang membuat orang kesal. Dengarkan dengan cermat orang lain berbicara, jangan memotong saat orang lain berbicara, jangan tanyakan sesuatu hal yang mengotori suasana bicara anda dengan orang lain.


6. Biasakan mendengar daripada bicara



Cara ini masih berkaitan dengan no.5 biasakan diri untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara karena kebanyakan orang pendiam itu lebih paham dari mendengar daripada interaksi langsung dengan bicara.


7. Berbicara pada hal yang penting saja 



Jika anda sering ngobrol gak jelas sama teman atau sahabat maka tinggalkan kebiasaan itu. Mulailah untuk memikirkan dahulu sebelum berbicara. Tanyakan pada teman tentang hal yang penting saja saat berkumpul. Hal yang penting ikuti pembicaraan teman yang memberikan dampak positif bagi kita, tinggalkan pembicaraan yang negatif atau membuang - buang waktu.


8. Biasakan berpikir sebelum bicara



Jangan bicara asal - asalan tanpa dipikirkan terlebih dahulu karena apa yang kita ucapkan bisa menyakiti hati orang lain tanpa kita ketahui. Maka biasakan untuk berpikir dahulu sebelum bicara, pikirkan apakah yang dibicarakan penting, apa dampaknya jika saya bicara ini. Biasakan hal itu, lama kelamaan anda akan terbiasa dan aura pendiam mulai meresap dalam diri anda.


9. Ubah perilaku negatif



Jika anda suka berkata kasar, suka melakukan hal konyol maka tinggalkanlah kebiasaan itu karena orang pendiam selalu bersikap positif.  Rubahlah diri anda menjadi lebih baik dengan membiasakan diri berkata lembut pada orang lain dan mulai melakukan hal positif seperti membaca buku.

Baca juga : 10 cara mengatasi anak kecanduan gadget berlebihan


10. Rubah bahasa tubuh



Orang pendiam akan lebih mudah didekati daripada orang yang cerewet atau banyak ngomong. Ubahlah bahasa tubuh anda mulai dari mengatur ekspresi wajah, tegakkan kepala saat berjalan, duduk tegak dan perhatikan hal - hal yang belum pernah anda lihat sebelumnya.


11. Jangan peduli pada hal yang terjadi di sekitar



Seseorang mungkin akan penasaran terhadap suatu kejadian dan mereka akan menghampirinya untuk mengetahui hal yang terjadi. Tahanlah untuk mengetahui apa yang terjadi di keramaian dan hal sekitar yang menarik perhatian orang - orang. Abaikan semua hal itu maka aura pendiam sudah ada dalam diri anda.


12. Jangan berkata kasar



Menjadi orang pendiam bukan berarti anda harus berkata kasar dan membenci semua orang. Jadilah orang yang ramah, jika ditanya jangan langsung menjawab singkat. Tapi berikan jawaban yang singkat dan tepat, jawablah dengan nada rendah dan jaga sikap pendiam anda di hadapan orang - orang dalam hal berbicara.


13. Berpikir dahulu sebelum bertindak



Berpikir disini adalah berpikir dahulu sebelum melakukan sesuatu. Pada saat anda memberikan argumen pada orang lain dan argumen anda ditolak mentah - mentah, jangan langsung menyerang dengan membalas kata - kata. Seorang pendiam akan berpikir terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu hal, terapkan pola sedikit bicara pada pembicaraan. Mintalah sudut pandang orang yang menolak argumen anda supaya bisa menyandingkan dengan sudut pandang anda.


14. Luangkan waktu untuk sendirian



Luangkan sedikit waktu untuk diri sendiri maksudnya bukan menyendiri dengan bermalas - malasan tapi untuk melatih apa yang anda sukai dan mengembangkan bakat anda. Dengan anda sendirian disertai ketenangan suasana akan mendatangkan berbagai pikiran positif serta ide - ide baru untuk mengembangkan diri anda.  Manfaatkan waktu sendirian itu untuk melatih kreativitas yang anda punya dan jadilah orang pendiam yang berbakat.


15. Baca buku



Masih berkaitan dengan no.14, anda bisa memanfaatkan waktu sendirian untuk membaca buku sekolah atau buku lain yang anda sukai. Jadilah orang pendiam yang memiliki banyak pengetahuan karena buku adalah gudangnya ilmu. Apa kaitannya baca buku dengan sikap pendiam ? 

Kebanyakan oang pendiam itu banyak membaca buku daripada melakukan hal yang tidak penting, orang pendiam sering sendiri baik di keramaian, kelas atau di rumah. Oleh karena itu, saya sarankan banyak -banyak baca buku agar mendapatkan banyak pengetahuan dan menambah aura sebagai orang pendiam.


16. Bangun kepercayaan diri 



Kembangkan kepercayaan diri anda supaya orang - orang menganggap anda sebagai seseorang yang berkualitas. Kebanyakan orang pendiam itu memiliki kepercayaan diri yang lemah sehingga mereka malu untuk bergaul dengan orang lain. Jika anda ingin mudah bergaul dengan lingkungan maka tingkatkan kepercayaan diri anda, jika bingung anda bisa membaca artikel berikut untuk mengetahui cara - caranya.

20 cara meningkatkan rasa percaya diri anda

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat. Terima kasih.    

Posting Komentar

29 Komentar

  1. Terimakasih atas informasinya

    BalasHapus
  2. Untung gw dh memiliki sifat dingin sejak lahir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lu mah bukannya punya sifat dingin,EMG dijauhin temen wkwk,org dingin kok chatnya gitu,Harusnya gaush komen,kalo org dingin tuh,wkwk dijauhin temen ya dek? πŸ˜‚

      Hapus
  3. Aku ingin merubah sikap cerewet ku mejadi orang pendiam

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya terlalu receh orang nya jdi you know saya mencari artikel ini bhx

      Hapus
  4. Makasii infonya sangat bermanfaat:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akan berubah menjadi sifat dingin dari dulu saya banyak bicara dan juga sering di manfaatkan dan terimakasih

      Hapus
  5. Gwnya udh pnya sft dingin dr dl

    BalasHapus
  6. Akuu akan berubah 😌

    BalasHapus
  7. Sangat bermanfaat ,susah yahh kalo udah biasa receh ke siapapun:)

    BalasHapus
  8. Bismillah,moga lancar jadi pendiamπŸ™‚

    BalasHapus
  9. Gw Kesini Gara Gara Pengen Jadi Kek Levi Ackerman πŸ˜‚πŸ˜‚

    BalasHapus
  10. Gw termotivasi eren di season4 ..

    BalasHapus
  11. Aku cuma pengen jadi pendiam,soalnya aku selalu bikin masalah,aku cerewet,kadang menyakiti perasaan org lain tanpa sadar

    BalasHapus
  12. Menurut saya menjadi orang pendiam lebih banyak keuntungan misalnya lebih mudah memecahkan masalah hidup, lebih sedikit terkena masalah yang membuat malu,dan terhindar dari yang namanya kawan laknat

    BalasHapus

Berkomentar dengan bahasa yang baik dan sopan :D