√ 5 Cara Hemat Kuota Saat Nonton Video Youtube di Laptop dan Android - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

11 Okt 2019

5 Cara Hemat Kuota Saat Nonton Video Youtube di Laptop dan Android

Cara Hemat Kuota Saat Nonton Video Youtube di Laptop dan Android

aplikasi hemat kuota untuk nonton youtube



Siapa yang tidak kenal dengan youtube. Situs yang diakses hampir di seluruh dunia ini memiliki milyaran video yang bisa anda tonton setiap harinya. Youtube sudah dikenal di berbagai kalangan mulai dari anak - anak, orang dewasa bahkan orang tua pun suka dengan video - video di youtube.

Youtube mempunyai berbagai manfaat untuk kita. Diantaranya bisa untuk belajar, mendengarkan musik, menonton berita terkini dan video menghibur. Tapi aplikasi youtube ini sangat menguras kuota apabila digunakan dalam waktu yang lama. Kalau anda kebingungan bagaimana cara untuk menghemat kuota saat nonton video di youtube.

Saya akan berikan solusinya disini. Mari kita bahas.

1. Batasi penggunaan data

Cara lain untuk menghemat kuota saat nonton youtube adalah dengan membatasi penggunaan data pada ponsel anda. Anda bisa mengaturnya dengan masuk ke pengaturan > penggunaan data > atur data sesuai keinginan. Disitu anda akan melihat berapa penggunaan data yang sudah anda gunakan bulan ini.

2. Mengubah kualitas video

Saat anda menonton suatu video di youtube. Youtube secara otomatis mengatur kualitas video yang anda tonton. Kuota anda yang cepat habis itu karena kualitas video yang ditonton terlalu besar. Supaya bisa menghemat kuota maka turunkan kualitas video yang anda tonton.

Cara mengubah kualitas video adalah dengan menekan tombol titik tiga horizontal di pojok kiri atas. Setelah itu pilih kualitas. Atur sesuai yang anda inginkan mulai dari 144p - 480p.

3. Manfaatkan akses internet gratis

Jika ada wifi tetangga yang tidak di password maka gunakan saja untuk menghemat kuota saat nonton youtube :v

Gunakan wifi untuk download video yang penting saja, jangan tonton langsung. Anda bisa gunakan wifi di tempat umum, sekolah, kantor, gedung, cafe atau tempat lainnya. Cara ini bisa anda lakukan jika ingin menonton suatu video berkali - kali. Seperti video tutorial, video motivasi, video animasi dan lain - lain.

Baca juga : 15 aplikasi untuk mengembalikan file android yang terhapus

Untuk menghemat kuota maka tinggal download saja videonya. Untuk download video dari youtube anda bisa memakai aplikasi youtube dan youtube go di android. Untuk di laptop anda bisa download video youtube melalui situs https://ytmp3.cc/ Caranya salin url video youtube lalu paste-kan pada kolom dan pilih mp4.

4. Pasang aplikasi penghemat kuota

Cara ini berlaku untuk anda yang suka menonton youtube dari ponsel android. Beberapa aplikasi penghemat data / kuota yang bisa anda gunakan adalah opera max.

Anda bisa menginstall beberapa aplikasi di playstore. Setelah di install masuk ke aplikasi lalu akses youtube. Maka aplikasi tersebut akan menghemat kuota saat browsing maupun menonton video akan mengaktifkan fitur hemat kuota sesuai keunggulan aplikasi.

Contoh aplikasi penghemat kuota untuk android

A. Aplikasi opera max

Aplikasi opera max adalah aplikasi penghemat kuota saat browsing dan juga bisa menghemat kuota anda saat menonton youtube. Opera max mempunyai fitur hemat data atau data saving untuk mencegah penggunaan data dalam jumlah besar.

Opera max akan menunjukan pada anda penggunaan data yang sudah anda gunakan dan jangan lupa aktifkan fitur data saving supaya kuota bisa dihemat sampai 60%.

B. Aplikasi opera mini

Aplikasi lain yang bisa menghemat kuota adalah opera mini. Sama seperti opera max, opera mini mempunyai fitur data saving yang bisa menghemat kuota sampai 50%. Jadi saat anda menonton youtube jangan khawatir kuota anda akan cepat habis. Selain itu, opera mini juga mempunyai fitur block iklan.

Jika anda sedang browsing atau menonton video youtube maka aktifkan fitur block iklan untuk memblokir iklan yang akan muncul. Cara menghemat data untuk video di opera mini anda bisa masuk ke pengaturan > penggunaan data > aktifkan fitur percepat video.

C. Aplikasi youtube go

Aplikasi penghemat kuota ini ditunjukan khusus untuk youtube. Jika sinyal di daerah anda lemah maka tidak jadi masalah karena youtube go bisa memutar video walaupun kualitas jaringannya lemah.

Youtube go menyediakan resolusi sebelum anda menonton youtube. Jadi, anda bisa kondisikan kuota anda untuk menonton video youtube. Disarankan anda download saja lalu menonton karena streaming bisa memakan kuota lebih banyak dibandingkan download ke video offline.

5. Fitur video offline youtube

Cara ini untuk anda yang suka nonton youtube lewat ponsel berkali - kali. Jika ada video yang anda ingin tonton dalam jangka panjang anda bisa download dahulu. Caranya dengan menekan titik tiga horizontal kemudian pilih download ( ada beberapa video youtube yang tidak bisa di dowmload).

Baca juga : cara mengatasi hp mati saat baterai 30%

Jika anda ingin membuka video yang tersimpan maka anda harus login pada video yang sudah anda download sebelumnya. Mudah bukan !

Demikian yang bisa saya sampaikan semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.

Get notifications from this blog

2 komentar