√ 9 Cara Mengatasi game PUBG Mobile Force Close Saat Bermain - Magersena
Diberdayakan oleh Blogger.

17 Okt 2019

9 Cara Mengatasi game PUBG Mobile Force Close Saat Bermain

game PUBG Mobile lag


Magersena.blogspot.com - Apakah anda pernah mengalami force close atau lag saat bermain PUBG Mobile ? Kalau smartphone anda kentang pasti anda pernah mengalaminya.

Game PUBG Mobile adalah game yang sedang banyak dimainkan pengguna smartphone saat ini kecuali bagi anda pemakai hp kentang.

Untuk smartphone yang spek nya pas - pasan untuk bermain PUBG Mobile pasti anda pernah mengalami lag atau game berhenti sendiri karena kinerja smartphone yang lambat.

Disini saya akan membahas tuntas bagaimana cara mengatasi game PUBG Mobile force close saat bermain. Sebelum membahas caranya, sebaiknya kita mengetahui beberapa penyebab game PUBG Mobile force close.

Penyebab game PUBG Mobile force close 

1. Smartphone yang tidak support

Setiap game pasti memiliki batas spesifikasi smartphone agar bisa memainkannya dengan lancar tanpa gangguan.

Untuk memainkan PUBG Mobile di android harus memiliki versi android 5.1 ke atas dan ram minimal 2 GB. Sedangkan di iphone harus memiliki versi OS 9 dan ram minimal 2 GB.

2. Smartphone yang OverHeat 

Smartphone Overheat adalah keadaan dimana smartphone terasa panas dan lama kelamaan bisa restart sendiri.

Pada saat anda bermain PUBG Mobile dan beberapa saat smartphone overheat tapi anda lanjut bermain game. Pasti game anda akan force close dan parahnya mungkin smartphone anda restart sendiri.

3. Banyak aplikasi latar belakang

Jika anda sering membuka aplikasi lalu meninggalkannya begitu saja tanpa menghentikannya terlebih dahulu maka anda telah membuat kinerja smartphone menjadi berat.

Pada saat aplikasi di latar belakang banyak menumpuk lalu anda bermaingame berat seperti PUBG Mobile maka kemungkinan akan force close karena kinerja smartphone yang sudah tidak kuat lagi.

4. RAM smartphone penuh

Sebuah game yang mempunyai size besar biasanya membutuhkan kapasitas ram yang besar juga. Game PUBG Mobile adalah game yang mempunyai size besar.
Jika ram anda terkuras habis untuk aplikasi lain maka saat anda bermain PUBG Mobile jangan heran jika dalam game selalu patah - patah.

5. Koneksi internet yang terputus

Sebuah game online seperti mobile legends, free fire, call of duty mobile pasti membutuhkan koneksi yang mantap agar permainan berjalan lancar.

Baca juga : 4 cara mengganti icon dan nama aplikasi android

Termasuk juga PUBG Mobile, sebaiknya anda perbaiki koneksi internet anda dengan mengganti kartu SIM yang mempunyai jaringan kuat di daerah anda.

Cara mengatasi game PUBG mobile force close

Sekarang kita akan membahas caranya. Untuk cara mengatasinya tidak terlalu rumit hanya membutuhkan beberapa langka untuk penyempurnaan atau atur ulang game PUBG Mobile.

1. Restart smartphone anda

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah restart smartphone anda. Hal ini dilakukan agar kinerja smartphone mengulang kembali dari awal sehingga terbebas dari beban aplikasi lain. 

Sesudah di restart, anda langsung saja bermain PUBG Mobile tanpa membuka aplikasi lain terlebih dahulu.

2. Update aplikasi PUBG Mobile 

Developer game melakukan update setiap saat untuk mengatasi berbagai masalah dalam game. Seperti force close, bug saat bermain, patah - patah, jaringan tiba - tiba down dan lainnya.

Dengan alasan itu, anda mau tidak mau harus update game di playstore demi mengatasi berbagai masalah saat anda bermain PUBG Mobile.

3. Install ulang aplikasi PUBG Mobile 

Tidak ada salahnya sih jika anda install 
ulang aplikasi PUBG Mobile. Mungkin saat anda menginstall aplikasi terjadi berbagai masalah yang bisa mengganggu game saat bermain.

Cara install ulang aplikasi anda bisa cadangkan aplikasi PUBG Mobile dengan aplikasi backup dan jangan lupa pindahkan data game ke folder lain supaya tidak terhapus saat uninstall aplikasi.

Setelah itu anda bisa menginstall kembali aplikasi dan pindahkan data game ke tempat semula dan mainkan gamenya.

4. Hapus data aplikasi PUBG Mobile

Cara lain yang bisa anda lakukan adalah menghapus data dalam game, kenapa ? Untuk memulai game dari awal lagi supaya lebih efisien dalam bermain game.

Dan akun game anda juga akan terhapus sehingga anda harus login ulang saat masuk ke aplikasi PUBG Mobile. Cara menghapus data sama seperti menghapus cache. Masuk ke pengaturan > aplikasi > cari game PUBG Mobile > hapus data.

5. Hapus cache aplikasi PUBG Mobile 

Setiap aplikasi pasti mempunyai cache jika sering dipakai, begitu juga game PUBG Mobile. Kenapa harus menghapus cache ? Supaya bisa membebaskan beberapa ruang untuk penyimpanan android dan memperlancar saat bermain game.

Cara menghapus cache, anda bisa masuk ke pengaturan smartphone > aplikasi > cari aplikasi PUBG Mobile > hapus cache.

6. Cari koneksi internet yang bagus 

Koneksi internet menjadi masalah besar dalam game PUBG Mobile. Sebentar saja koneksi jelek saat bermain game pasti akan berakibat fatal.

Oleh karena itu, anda harus mencari koneksi internet yang bagus di daerah anda. Anda bisa pindah ke rumah saudara, pasang wifi di rumah, ganti kartu sim yang lebih bagus jaringannya di rumah anda.

7. Bersihkan sampah penyimpanan smartphone

Jika anda bermain game PUBG Mobile dalam keadaan penyimpanan smartphone yang sekarat. Jangan heran kalau saat bermain game sering force close.

Baca juga : 10 cara sinkronisasi gmail di android dengan mudah

Karena penyimpanan android sangat berpengaruh saat anda bermain game. Untuk mengatasinya anda bisa memakai aplikasi pembersih di playstore seperti nox cleaner, 360 security, clean master, du speed booster dan lainnya.

8. Hapus aplikasi yang tidak penting

Hal ini berkaitan dengan ram yang penuh. Ram bisa penuh dikarenakan banyaknya aplikasi yang di install di smartphone anda sehingga membebani kinerja smartphone.

Semua orang pasti tahu, jika bermain game online dalam keadaan ram yang sekarat pasti akan patah - patah saat bermain game.

Cara mengatasinya anda hanya menghapus aplikasi yang jarang di pakai sehingga akan membebaskan sebagian ram smartphone dan anda bisa bermain PUBG Mobile dengan lancar.

9. Reset ulang smartphone anda

Jika anda sudah mencoba cara 1 - 8 dan ternyata tidak berhasil dan anda bingung mau melakukan cara apa lagi. Jawabannya anda harus reset ulang smartphone ke semula supaya bisa memperbaiki segala jenis masalah yang ada di smartphone anda.

Cara reset smartphone adalah masuk ke pengaturan > buat cadangan & setel ulang > kembalikan ke setelan pabrik > setel ulang telepon.

Setelah di reset, langsung install PUBG Mobile di playstore dan mainkan. Dijamin deh lancar saat bermain. 

Demikian yang bisa saya jelaskan mulai dari penyebab sampai cara untuk mengatasi game PUBG Mobile force close. Semoga bisa bermanfaat untuk anda dan keluarga.       

Get notifications from this blog